CDMA - Solusi Komunikasi Murah

Selain memiliki keamanan yang lebih baik dari teknologi GSM, teknologi CDMA juga tarifnya lebih hemat karena biaya investasinya sangat murah. Tak heran jika sejak tahun 1993 teknologi CDMA dijadikan standar seluler digital di Amerika Serikat. (Baca: Sejarah dan Keunggulan Teknologi CDMA)

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh teknologi CDMA bila dibandingkan dengan teknologi GSM, maka sangat layak jika CDMA menjadi pilihan/solusi bagi komunikasi murah. Apalagi Indonesia dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar serta tingkat perekonomian masyarakatnya yang rata2 masih menengah ke bawah, sangat membutuhkan komunikasi yang murah dan hemat.

Saat ini sudah banyak operator seluler di Indonesia yang menyediakan layanan komunikasi berbasis CDMA. Saya sendiri menggunakan kedua teknologi tersebut (GSM dan CDMA). Dan untuk CDMA saya menggunakan StarOne, karena selain murah jaringannya juga lebih luas. Selain untuk komunikasi, saya juga menggunakan StarOne untuk Internetan. Kebetulan saya suka banget berselancar di dunia maya.

Bagaimana dengan Anda? apakah Anda juga pengguna teknologi CDMA? jika iya, kartu CDMA apa yang Anda gunakan saat ini? Mungkin anda bisa jelaskan sedikit kenapa memilih kartu tersebut!



KOMENTAR