Tanah Toraja - Andalan Wisata Sulawesi Selatan

Tana Toraja, merupakan salah satu lokasi obyek wisata di tanah air yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Kabupaten yang terletak sekitar 350 km sebelah Utara Makassar ini sangat terkenal dengan bentuk bangunan rumah adatnya. Rumah adat ini bernama TONGKONAN. Atapnya terbuat dari bambu yang dibelah dan disusun bertumpuk, namun saat ini banyak juga yang menggunakan sirap dan seng. Tongkonan ini juga memiliki strata sesuai derajat kebangsawanan masyarakat seperti strata emas, perunggu, besi dan kuningan.

tongkonan - rumah adat orang toraja
Rumah Adat TORAJA (TONGKONAN)
Saking begitu melekatnya image Tanah Toraja dengan bangunan rumah adatnya ini, sebagai bentuk promosi pariwisata dan untuk menggaet turis Jepang ke daerah ini, maka rumah adat pun dibangun di negeri “matahari terbit” itu. Bangunannya dikerjakan oleh orang Toraja sendiri dan diboyong pengusaha pariwisata ke negari sakura. Sekarang di Jepang, sudah ada dua Tongkonan yang sangat mirip dengan Tongkonan yang asli. Kehadiran Tongkonan selalu membuat kagum masyarakat negeri tersebut karena bentuknya yang unik. Perbedaannya dengan yang ada di Tanah Toraja hanya terletak di atapnya yang menggunakan bambu.

Masih banyak lagi daya tarik dari Tanah Toraja selain upacara adat rambu solo (pemakaman) yang sudah kesohor selama ini. Sebutlah kuburan bayi di atas pohon tarra di Kampung Kambira, Kecamatan Sangalla, sekitar 20 kilometer dari Rantepao, yang disiapkan bagi jenazah bayi berusia 0 - 7 tahun.

kuburan pohon di tanah toraja
Kuburan Bayi di Pohon


Meski mengubur bayi di atas pohon tarra itu sudah tidak dilaksanakan lagi sejak puluhan tahun terakhir, tetapi pohon tempat “mengubur” mayat bayi itu masih tetap tegak dan banyak dikunjungi wisatawan. Di atas pohon tarra yang buahnya mirip buah sukun yang biasa dijadikan sayur oleh penduduk setempat itu dengan lingkaran batang pohon sekitar 3,5 meter, tersimpan puluhan jenazah bayi.

Sebelum jenazah dimasukkan ke batang pohon, terlebih dahulu pohon itu dilubangi kemudian mayat bayi diletakkan ke dalam kemudian ditutupi dengan serat pohon kelapa berwarna hitam. Setelah puluhan tahun, jenazah bayi itu akan menyatu dengan pohon tersebut. Ini suatu daya tarik bagi para pelancong dan untuk masyarakat Tanah Toraja tetap menganggap tempat tersebut suci seperti anak yang baru lahir.

Penempatan jenazah bayi di pohon ini juga disesuaikan dengan strata sosial masyarakat. Makin tinggi derajat sosial keluarga itu maka makin tinggi pula tempat bayi yang dikuburkan di batang pohon Tarra tersebut. Bahkan, bayi yang meninggal dunia diletakkan sesuai arah tempat tinggal keluarga yang berduka. Kalau rumahnya ada di bagian barat pohon, maka jenazah anak akan diletakkan di sebelah barat.

kuburan batu londa di tanah toraja
Kuburan Batu, salah satu bentuk kuburan Orang Toraja

Untuk menuju Tanah Toraja yang mengagumkan ini terdapat jalur penerbangan domestik Makassar - Tanah Toraja yang saat ini hanya sekali seminggu dan memakai pesawat kecil berpenumpang delapan orang, yang memakan waktu 45 menit dari Bandara Hasanuddin Makassar. Jika lewat darat, perjalanan yang cukup melelahkan ini membutuhkan waktu selama tujuh hingga sepuluh jam.

Event menarik di kawasan wisata ini yaitu adanya upacara pemakaman jenazah (rambu solo) dan rambu tuka (pesta syukuran) yang merupakan kalender tetap tiap tahun. Selain event tersebut, para pengunjung bisa melihat dari dekat obyek wisata budaya menarik lainnya seperti penyimpanan jenazah di penampungan mayat berbentuk “kontainer” ukuran raksasa dengan lebar 3 meter dan tinggi 10 meter serta tongkonan yang sudah berusia 600 tahun di Londa, Rantepao.

pesta rambu solo' di tanah toraja
pesta rambu solo' orang toraja
Pesta Rambu Solo’ atau pesta/ritual acara penguburan

Ini adalah sebagian kecil dari sekian banyak pesona wisata yang ditawarkan oleh tana toraja sebagai daerah tujuan wisata andalan sulawesi selatan.

Bagaimana?

Tertarik melihat keunikan wisata budaya Tana Toraja?



KOMENTAR

64 komentar:

  1. Indonesia memang kaya akan budaya. Seharusnya transportasi udara ke tanah Toraja diperbanyak.

    BalasHapus
  2. To: Website Gratis
    Masalah transportasi udara ini sebenarnya sudah lama diagendakan oleh pemerintah daerah untuk di perluas (dipugar), tapi entah kenapa sampai sekarang belum juga ada perubahan yang dilakukan. Mungkin dana untuk pemugarannya sudah habis dimakan oleh para koruptor (pencuri uang rakyat) yang tak berprikemanusiaan itu.

    BalasHapus
  3. tertarik sekali...
    hehe...
    ya semua harus turut andil dalam memajukan pariwisata di indonesia.
    kita harus bangga dengan budaya kita sendiri.
    qt gak boleh hanya jadi bangsa tiruan, kita pny identitas keindonesiaan sendiri..

    salam damai indonesia

    BalasHapus
  4. wow...jadi pengen ke tanah toraja nie...pengen tau lebih jauh lgi ttg kebudayaan di sana...well,mgkn nti jika Q dewasa...tapi artikel ini cukup membawaku pergi ke tanah toraja hanya dalam hitungan menit...
    terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di
    www.multimediasmknegeri8semarang.blogspot.com
    'n selamat atas kemenanganya di lomba blog starOne...

    BalasHapus
  5. tadi pagi baru saja melihat di catatan 3 wanita
    memang keren tapi seram kuburannya
    byme

    BalasHapus
  6. Tana Toraja termasuk salah satu obyek kunjungan yg aku incer buat aku datengin. Sayangnya aku ga tau kapan bisa kesana...hiks... :(

    BalasHapus
  7. To: Muhlis
    Setuju sekali, negeri kita adalah negeri yang sangat kaya dgn potensi wisata. Oleh karena itu kita harus bangga dan bisa memanfaatkan potensi tersebut untuk menarik wisatawan sebanyak2nya.

    To: Komunitas MULTIMEDIA SMK NEGERI 8 SEMARANG
    Silahkan berkun jung ke Toraja, pokoknya dijamin tidak akan rugi deh...! :D

    To: Byme
    Sudah gak seram lagi koq, khan udah jadi objek wisata, jadi hantu2nya udah bersahabat dgn manusia. :))

    To: Brandal Surga
    Kalau mau ke toraja paling bagus pada akhir dan awal tahu. Karena biasanya banyak pesta rambu solo' yang diadakan. Biarpun hanya kabupaten kecil tapi di Toraja banyak hotel berbintang loh! :)

    BalasHapus
  8. kapan yah bisa kesana, tapi serem ga sih?

    BalasHapus
  9. Bos, untuk orang dewasanya sendiri pengubarannya di mana

    BalasHapus
  10. Budaya yang unik. Tiada duanya di dunia... Indonesia memang kaya dengan budaya.

    BalasHapus
  11. To: Masisman
    Gak seram lagi koq! hantu2nya sudah bersahabat dgn para wisatawan. :D

    To: Anton
    Penguburan untuk orang dewasa biasanya menggunakan kuburan batu (seperti pada gambar di atas) atau ditaruh dalam sebuah patane (berbentuk rumah kecil) biasanya untuk kuburan keluarga. Ada juga yang di kubur dalam tanah seperti kuburan pada umumnya.

    To: Maskuncoro
    Indonesia tidak hanya kaya dengan sumber daya alam, tapi juga kaya akan budaya yang beraneka ragam.

    BalasHapus
  12. o, unik juga. I like indonesia.. :D

    Kaya akan keanekaragaman soalnya...

    BalasHapus
  13. kalo ngomongin Toraja pasti tau arti nama aku ini.. hehehe.. ayo yang toraya mana neh... huhuu

    BalasHapus
  14. Memang sungguh cantik Tanah Toraja itu... :X Moga kelestariannya terus terjaga..

    BalasHapus
  15. To: Anton
    I Love Indonesia too. :x Indonesia is beutyful country. :)

    To: Malapu
    Malapu kalau gak salah artinya ganteng/cakep, tapi harusnya sih pake koma atas jadinya Malapu'. Saya juga malapu' :D

    To: mamas86
    Toraja memang salah satu tujuan wisata yang sangat unik, sayang sepertinya masih kurang promosi sehingga belum banyak dikenal oleh para wisatawan.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. oh ya sekarang dah ada pesawat yang kesana ya .
    dulu kita kesana lewat darat lho .
    emang lama , tapi sepanjang jalan view nya keren kok . moga ke-asri-an nya tetap terjaga .

    BalasHapus
  18. To: blog-w.co.cc
    Pesawat ke toraja sebenarnya sudah lama bgt ada, cuman jarang sekali penerbangan, makanya transportasi darat lebih banyak digunakan.

    BalasHapus
  19. pengennya pake ' . tapi ga isa... hehehe

    BalasHapus
  20. menarik yah..wisata kesana..kami mau info jetpulsa agen pengisian pulsa dengan harga yg menarik,dengan system canggih,Satu chip untuk semua produk,buruan daftar yah...info lengkap hub nining tlp 021-65301828 catat penting kode promosi ini untuk pendaftaran(JPNI200409085)

    BalasHapus
  21. Jadi pengen ke toraja lagi... tapi sayangnya rumah makan halal agak susah disana

    BalasHapus
  22. Rencananya bulan November 2009 nanti, akan berkunjung ke Tana Toraja, moga2 ada upacara rambu solo pada saat itu. tks buat info artikelnya

    BalasHapus
  23. hai temen2 klu ada wktu luang datanglah ketoraja untuk menikmtati keindahan alam di toraja,klu kalian beruntg, kalian akan menyaksikan acr pemakamn orang mati di tana toraja yang dirangkaikan dengan adu kerbau!!!!!!!!!!!! yang tidak ada duanya di dunia............??????
    da'mi tang male rekke toraya le.................................!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  24. ke indahan alam tana toraja emank g' ada bandinganx.
    saba' tarRuK meLLonK tu ada'na toRaya,da'mi menaSSan ke TAE'mi maleH RekKe toraya??????????? tu tOnDOK DIPILEi LaNGSa' dItOnNO' bUa KaYu TaNa LepoNGan buLAN!!!!!!!!!!!!!!!!
    ToRaJA MemAnk tOP...................!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  25. Toraja I'm cominggggg, bentar lagi suami tugas disana, mugo2 wae aku betah.....Mmm..banyak org maboknya gak yach...? ngeri ach...
    Bagi-bagi info nich, bagi para back packer/pelancong yg kebetulan transit diMKS menuju TORAJA. Ada Wisma murah di Makassar dgn fasilitas lumayan (AC, TV 14 inch, furniture lkp )harga antara 90.000 - 125.000 utk VIPnya. Namanya 'Wisma Kemala' jl.Bontolempangan no.44. Wismanya Polri sich tapi org umum bisa transit disitu aku pernah disitu.
    Tapi jgn banyak tingkah ya...krn yg ada disitu kebanyakan yg menginap anggt POLRI,so...selama wajar2 aja pasti gak dicurigai...he...he....wasalam

    BalasHapus
  26. Bagi para pelancong yg akan keTator th 2009 ini, hati2 ya saat ini ada perbaikan jalan, soo...bersiap2 aja Pecah ban mobil 3 kali kayak yg aku alami.
    Karna lobangnya gedhe2 bo...bikin gak nyaman, jadi siap2 aja pantat pegel selama 8 Jam. Ok selamat menikmati perjalanan ha...3x. Serius ga boong..

    BalasHapus
  27. what toraja..........toraja kurang enak lagi dipandang,,tidak murni lg,,tidak asli lagi,,uda banyak campuran desain luar,,tapi saya tetap bangga jd salh satu ORTOR,,,yu marri

    BalasHapus
  28. toraja keren bangat,,yang buuat aku senang ketoraja minum tuaknya(ballo')ha3x,,,tyus masyrkatnya ramah,,wes jangn kegran ya,,,,

    BalasHapus
  29. Memang Tanah Toraja Tanah yang Subur,Indah,Sejuk dengan Pemandangan sangat Indah. Masyarakatnya yang Ramah... Pokoknya Tanah ToraJa Wilayah yang Menyimpan Rahasia Alam yang Perlu Di budayakan... Toraja Kerennn Theee..!! I LOVE TANAH TORAJA

    BalasHapus
  30. bAgi saipa saja Yng mw Ke toraja Pkokke Nda Akan Mnyesal The... Klw Nda Percaya Hubungi aja A\q ke no tlp 081259131163... toraja menjanjikan dengan kepuasan yang tiada taranya.....an/ AMANTANSUMA LATOLE/ POSO / SUL-TENG

    BalasHapus
  31. Ayo Liburan Ke Toraja, Kayaknya Ashik Thuuuuu!!!!!

    BalasHapus
  32. toraja emang keren.....walopun dah lama gw ga kesana..tp gw masih ingt...

    gw perna ke salah satu kuburan batu (goa) disana....serem....masa ada tengkorak berambut....????/

    BalasHapus
  33. woww...menarik sekali ...apa lagi orang yang sudah pernah kesana...pasti ingin coba lagi...melihat keunikan budaya tanah toraja.....suatu khasah budaya bangsa yang tak di dapati di belahan dunia lain kecuali tanah toraja..sulsel..
    by alsyah ....meulaboh..

    BalasHapus
  34. pengen bgt ke torajaaaa... 8-}

    BalasHapus
  35. Saya pernah ke toraja..
    puas banget deh..

    BalasHapus
  36. welcome to toraja karena toraja sangat indah

    BalasHapus
  37. kalau lihat toraja, rasanya pengen plang aja. kangen ma kmpung halaman.

    BalasHapus
  38. Dear Admin,

    Kontes Foto dan Penulisan artikel Wisata SUlawesi...

    Ayo ikutan... majukan wisata Sulawesi...

    Salam..

    BalasHapus
  39. enak tuh jaln2 buat liburan,,,bayarnya brp seh???

    BalasHapus
  40. Bukan cuma Sulawesi Selatan, tapi Indonesia pada umumnya, Toraja merupakan primadona Culture Tourist Indonesia, keep update

    BalasHapus
  41. Tana Toraja............q pikir kamu terlalu berlebihan ketika bilang "TANAH TORAJA - ANDALAN WISATA SULAWESI SELATAN"............banyak sebenernya potensi yang bisa menarik wisatawan ke Toraja....tapi potensi itu ga di berdayakan dan di pelihara dengan baik...baik oleh masyarakatnya sendiri ataupun oleh pemerintahnya....Orang Toraja cenderung "Hidup Untuk Mati..." okelah bicara atas nama budaya....tapi menurutq itu kurang realistis...Contohnya di Ketek Kesu....coba Rumah Tongkonan yang disana di rawat...diperbarui catnya biar menarik dan terlihat di rawat...tapi nyatanya nggak...., Terus jalan akses yang menuju ke tempat wisata ga di perbaiki....mengurangi kenyamanan wisatawan......
    Baik pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar seperti acuh ga acuh sama potensi wisata daerahnya....
    Kemudian sikap warga disana...khususnya para penjual...customer service di Hotel...aq bilang NGGA' RAMAH SAMA SEKALI,muka ga ada yang tersenyum ramah..jawab pertanyaan sekenanya..NOT WELL!!!!! mereka bener2 nggak memperhatikan istilah "kepuasan pelanggan/pengunjung" belum lagi org2 pribumi yang terkesan nggak bersih....tolong dong itu kandang babi nya ditertibkan...diposisikan di belakang rumah, dijaga kebersihannya...jadi baunya ngga' mengganggu para pengguna jalan...ini q tulis bukan untuk menghacurkan citra tana toraja, tapi berharapa akan adanya perbaikan di tana toraja...

    BalasHapus
  42. @traveler
    Berlebihan...??? saya kira, tidak! Nyatanya sebagian besar wisatawan (terutama wisatawan asing) yang ke sul-sel, tujuan utamanya adalah Tanah-Toraja. Memang.. saya akui, masyarakat dan pemerintah daerah Tanah-Toraja kurang mengoptimalkan potensi wisata yang dimilikinya.

    Anda mengatakan Orang Toraja cenderung "Hidup Untuk Mati", saya Anda yang terlalu berlebihan. Toh setiap manusia pasti mati, khan?! Saya tahu maksud Anda, ingin menyindir soal pesta Rambu Solo' (pesta orang mati) yang cenderung menghambur-hamburkan duit, tapi itulah budaya atau cara Orang Toraja memberikan penghormatan terakhir kepada Orang Tua atau leluhurnya serta bentuk gotong-royong (kekeluargaan) Masyarakat Toraja. Dan itu harus dihargai, karena saya yakin, setiap orang punya budaya lengkap dengan plus-minus nya masing2 (no body perfect).

    Dan Asal tahu, Rambu Solo' adalah salah satu magnet bagi wisatawan asing datang ke Toraja. Karena Rambu Solo' tidak hanya sekedar Acara Penguburan Orang Mati saja, tapi itu juga bisa dikategorikan sebagai pagelaran seni budaya Tana-Toraja.

    Kemudian masalah warga atau penjual serta customer service Hotel, yang Anda bilang "Nggak Ramah sama Sekali". Saya kira gak bijak juga kalau disamaratakan. Karena toh, banyak juga yang mengungkapkan/menulis rasa puasnya ketika liburan di Toraja. Jadi intinya, sikap jelek satu dua orang tidak mewakili sikap semua orang pada suatu daerah.

    Tapi sebagai Orang Toraja, saya sangat berterimah kasih sekali, atas kritikan dan masukannya. Kalau pujian terus, kita gak akan maju2, khan?! Kritikan (kritikan membangun) lah yang membuat orang berbenah diri untuk lebih maju. :)

    Sekali lagi, thanks atas kritikan, masukan, dan kunjungannya. Salam kenal. :)

    BalasHapus
  43. wooouuw,penasaran dgn tanah toraja........... pengen bnget k sana.

    BalasHapus
  44. kalau di suruh pilih antara bali dan tanah toraja,saya pilih tanah toraja krn saya lihat wisata di sana masih asli,,oy mau nanya habis berapa cie ongkos kalau kita ke tanah toraja,,I LIKE TANAH TORAJA.

    BalasHapus
  45. toraja emang surga dunia tp sayang anak-anak muda di toraja sudah nyedot gaya barat........gk ada jati dirinya..mrek€a tida€k b€angga€ jdi anak toraja lihat aj man ada anak toraja yang mau blajar tntang budayanya...pda hal byak orang dri luar terpesona dngan toraja

    BalasHapus
  46. saya belum pernah ke tanah toraja sebelumnya,kalau dari postingan mas yunus pasti mengasyikan

    BalasHapus
  47. tanah toraja pasti sangat mengasyikan dan menyenangkan sekali bila bisa mengunjungi tempat ini

    BalasHapus
  48. kiky pato kusoy24 Juni 2011 00.05

    wow amazing place,,...tanah toraja merupakan tmpt yg bgtu indah dgn ragam budaya n panorama alam n tntunya tmpt wisata2 nya,,..setelah holiday ke tator bbrpa tahun yg lalu,,,rasanya kepengen kembali menjejakan kaki di darah yg di kenal dgmn mkanan khas kue2 khas campatori,,dendeng tedongnya,,bulunangko,,he..he..pengen rasa lgi,,,..satu hari nnti psti kmbli holiday di tanah toraja..tanah yg menitipkan kenangan indah,,..salam utk toraja people,,..yg di sa"adan balusu,,...ada sungai jernih pooke ok punya dah TANAH TORAJA...

    BalasHapus
  49. acnez st setia lisda23 Juli 2011 08.59

    tar lg ke toraja,,typa xg mw ikut??

    BalasHapus
  50. Kangen kampung halamanku Tana Toraja. Taon depan target ruz pulang deh ... Love Tanah Toraja...!

    Fer, OL posisi dimana? aku mao belajar optimasi blog beh ma adsense ... Dibalas kunjungannya yaahh Salama' bongi'

    BalasHapus
  51. mau nanya nih, aku mau kesana januari 2012 ini, kalo yg namaanya berkunjung ke tana toraja itu mesti berkunjung kemana lokasi wisatanya. Dan kalo ada hotel yg rekomended dgn harga yg sedang2 saja. thanks

    BalasHapus
  52. Tanah toraja, memang sangat indah. dari photonya saja sudah tergambar keindahan dan culturenya.

    BalasHapus
  53. aku bangga jadi orang toraja hehe..

    BalasHapus
  54. Hotel apa yang cukup bersih dan tidak terlalu mahal? ada rekomendasi?
    Dari makassar naik bus apa yang bersih dan bisa tepat waktu? thx

    BalasHapus
  55. APAKAH penulis ini orng toraja asli

    BalasHapus
  56. kebudayaan toraja emang keren .... perjalanan daratnya juga keren dimana mengelilingi gunung yang indah

    BalasHapus
  57. toraja memang sangat indah lohhhh

    BalasHapus
  58. toraja is the best............

    BalasHapus
  59. indah sekali kebudayaan di toraja.

    BalasHapus
  60. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata di Sulawesi,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

    BalasHapus