Makna Peringatan Hari Kemerdekaan

64 Tahun Kemerdekaan Indonesia
Kemarin, 17 Agustus 2009, Bangsa Indonesia kembali memperingati hari kemerdekaannya yang ke-64. Setiap tahun kita menyambut peringatan hari kemerdekaan tersebut dengan meriah. Namun, apakah kita (rakyat Indonesia) semua tahu makna dari peringatan hari kemerdekaan tersebut? Merdeka berarti lepas dari segala macam bentuk penjajahan dan menjadi sebuah negara yang berdaulat tanpa intervensi asing. Namun pertanyaannya, Apakah negara kita sudah benar-benar merdeka? Ternyata tidak.

Berbagai sendi kehidupan di negeri kita tercinta ini masih dijajah oleh bangsa lain. Dalam segi ekonomi, kekuasaan asing masih sangat kuat. Banyak sumber kekayaan alam kita yang seharusnya digunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, justru dikuasai pengelolaanya oleh bangsa lain. Kemudian dari segi politik, kebijakan-kebijakan politik kita seringkali didikte oleh asing. Bangsa kita sering tidak berdaya melawan tekanan asing.

Kemerdekaan yang kita peringati setiap 17 Agustus merupakan momen atau waktu yang tepat untuk memupuk semangat nesioalisme, persatuan dan semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan prestasi.

Semangat nasionalisme dan persatuan
Memupuk rasa nasionalisme dan persatuan

Melalui peringatan hari kemerdekaan, kita juga diajak untuk mengingat kembali akan jasa-jasa para pahlawan bangsa kita. Karena atas pengorbanan mereka lah negara kita Republik Indonesia bisa meraih kemerdekaannya. Negara yang maju adalah negara yang tidak melupakan jasa-jasa para pahlawannya.

Usia 64 tahun bukanlah usia yang muda lagi bagi sebuah negara merdeka dalam mengisi kemerdekaannya tersebut. Namun apa yang telah bangsa kita capai di usia kemerdekaannya yang ke 64 tahun, masih jauh dari harapan. Kemiskinan, kebodohan, dan ketidak adilan masih menjadi PR besar bangsa kita.

Namun kita harus tetap optimis untuk membangun bangsa Indoensia menjadi bangsa dan negara yang besar dan disegani. Dengan semangat persatuan (gotong royong) dan kerja keras, kita pasti bisa mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan cerdas, sesuai amanat pembukaan UUD 45. Bangsa kita harus terlepas dari berbagai macam bentuk tekanan asing.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 64. Majulah bangsaku majulah Indonesiaku.

Merdekaaa…!



KOMENTAR

28 komentar:

  1. Dirgahayu negeriku
    Jayalah bangsaku

    Merdeka..
    Merdeka...
    Merdeka....

    BalasHapus
  2. ya.. sudah 64 tahun memang bukan usia yang muda lagi...tapi masalah disana-sini masih menanti penyelesaian
    semoga bangsa ini kedepan lebih maju adil dan makmur

    BalasHapus
  3. Semoga menang yah mas :)

    btw Thank u untuk ucapan selamatnya di blog saya yah :)

    salam,
    EKA

    BalasHapus
  4. gud lak sob.. sukses slalu.. Merdeka!!

    BalasHapus
  5. Ya, kita harus optimis bahwa bangsa kita pasti bisa menjadi bangsa yang maju dan disegani. Dengan semangat persatuan dan gotong royong Indonesia pasti bisa.

    MERDEKAAA.....!!!

    BalasHapus
  6. Dari dasar laut sampai ke puncak gunung.....


    MERDEKAAAAA!!!! :D

    BalasHapus
  7. Tunjukan pada dunia bahwa kita bangsa yang merdeka, bahwa negeri kita adalah negeri yang damai...


    Salam Blogger,
    Mencari Blogpreneur Sejati

    BalasHapus
  8. Merdeka selalu dan jaya negeri impianQ indonesiaQ yang tanpa teroris.. :)

    BalasHapus
  9. Benar banget tuh..! banyak yang sudah lupa sama makna peringatan hari kemerdekaan, termasuk saya. :D

    BalasHapus
  10. MEREDEKAAAAAAAAAAAAAAAAA!!! :D

    eh ngomong2 pic thumbails-nya keren, dape darimana? hehehe...

    BalasHapus
  11. Semoga di tahun ini Indonesia lebih maju dari tahun sebelumnya

    Merdeka.....

    BalasHapus
  12. semoga Indonesia bisa lebih baik lagi 5 thn ke depan

    BalasHapus
  13. semoga pemerintahan yang baru terbentuk lebih baik daripada yang kemarin

    BalasHapus
  14. merdeka....
    selamat menjalankan ibadah puasa

    BalasHapus
  15. Merdeka adalah terbebas dari kemiskinan

    BalasHapus
  16. Merdeka atau Mati... gak pernah merdeka sampai mati...
    Mungkin ada di antara kita, tetangga dan sekeliling kita yang benar-benar belum merasakan apa itu hakikat, makna dan berkah kemerdekaan... so bantu mereka entaskan dari kemiskinan; itu bagian dari sikap orang yang sudah merasakan kemerdekaan.

    BalasHapus
  17. Maaf, ndouble:
    semoga ikutan lombanya mendapatkan nominasi menjadi pemenang.

    BalasHapus
  18. Kita merdeka dari satu bangsa dan kembali dijajah lagi oleh berbagai bangsa di dalam tangan bangsa sendiri.
    Salam. 8-)

    BalasHapus
  19. Kita memang harus dengan bangga menancapkan rasa nasionalisme dalam dada,kita harus bangga terhadap negeri ini walau dengan segala keterbatasannya..karena siapa lagi kalau bukan ..karena kita adalah INDONESIA !!!
    Merdeka !!!
    Kunjungan balik sobat

    BalasHapus
  20. Semoga bukan cuman slogan dan kata-kata yang hampa: MERDEKA SEJATI!! (apa seeh? :P)
    http://pengamencinta.blogdetik.com/2009/08/11/filosofi-demokrasi-pemilu-indonesia/

    BalasHapus
  21. Merdeka Juga !!!
    fer, sy mau bikin studio arsitektur online nih..
    mau ikutan jadi tim ngga? add ym nya ok.
    fe_gumilar@yahoo.com

    BalasHapus
  22. smoga indo bisa lbh maju :)) biarpun tua saat ini kkita masih muda rakytnya

    BalasHapus
  23. memang benar sih Indonesia belum merdeka amat, tapi yang penting kita bersyukur diberikan sedikit kemerdekaan di Indonesia ini.

    BalasHapus
  24. MERDEKA UNTUK RAKYAK INDONESIA

    nice artikel mas,

    selamat hari kemerdekaan yang ke 66

    BalasHapus