Rumah Impian-ku is My Dream House

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Oleh karena itu, setiap orang pasti memiliki rumah impiannya (dream house) masing-masing, atau setidaknya keinginan untuk memiliki rumah.

Berimajinasi tentang rumah impian, tidak harus dimiliki ketika sudah berkeluarga atau akan segera berkeluarga. Tapi akan lebih baik bila rumah impian itu dimiliki sejak dini (usia muda). Karena itu bisa menjadi motivasi tersendiri dalam perjalanan studi, karir atau pekerjaan kita nantinya.

OLeh karena itu, walaupun status saya sebagai seorang mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri, namun jauh-jauh hari saya sudah memotivasi diri dengan sebuah dream house (rumah impian). Maklum, rumah atau property bukan barang murah, jadi akan lebih baik kalau dipikirkan dan dipersiapkan sejak dini.

Mau tahu seperti rumah impian saya? Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Rumah bergaya minimalis

Ruang Tamu Minimalis

Melihat gambar di atas, Anda pasti sudah bisa langsung menangkap seperti apa rumah idaman saya. Ya, kurang lebih seperti pada gambar di atas lah rumah impian saya. Rumah bergaya minimalis yang dipadukan dengan konsep green house atau green design (green architecture). Saya tidak sedang ikutan-ikutan trend rumah minimalis atau green architecture loh…!. Pemilihan ini benar-benar murni didasarkan pada karakter dan prinsip hidup saya.

Rumah adalah sebuah karya seni. Oleh karena itu, rumah saya nantinya harus memiliki nilai estetika tinggi, yang mampu mengekspresikan karakter saya sebagai penghuninya. Tentunya dengan tetap mengutamakan/menomorsatukan fungsi (form follow function).

Bagi saya, rumah bukan hanya sebatas tempat perlindungan, istirahat, atau berkumpul bersama keluarga saja, tetapi juga sebagai tempat rekreasi/hiburan, bekerja (kantor), education (pendidikan) dan olah raga. Sehingga rumah impian saya harus memenuhi fungsi-fungsi tersebut.

Untuk fungsi rekreasi dan hiburan, saya menginginkan sebuah taman/ruang hijau yang luas (nggak harus seluas disneyland) lengkap dengan kolam renang dan kolam ikan. Untuk fungsi hiburan di dalam rumah saya menginginkan sebuah home theater, jadi saya bisa nonton santai bersama bersama keluarga atau teman-teman.

Ruang perpustakaan dan Home Theater

Untuk menghadirkan fungsi pendidikan di dalam rumah, saya menghendaki sebuah ruang perpustakaan yang berhubugan langsung dengan ruang belajar anak. Ruang perpustakaan ini nantinya bisa diakses oleh siapapun, termasuk pembantu.

Karena saya seorang blogger dan bercita-cita jadi internet marketer, maka kehadiran ruang kerja yang lengkap dengan segala fasilitas penunjangnya sangat saya butuhkan. Fasilitas penunjang tersebut seperti, komputer, printer, koneksi internet, dan lain-lain. Sedangkan untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran tubuh, saya butuh sebuah ruang olah raga, baik outdoor maupun indoor, lengkap dengan alat-alat fitnes-nya.

Ruang Kerja di Rumah

R. kerja yang nantinya akan menjadi ruang favorite saya

Untuk urusan material atau bahan bagunan, saya paling suka dengan material alami (kayu, batu alam), namun bukan berarti saya anti dengan material modern (aluminium, baja, dll). Jadi saya ingin rumah saya nanti didominasi oleh bahan-bahan dengan unsur alami, seperti kayu dan batu alam.

Dan yang terakhir adalah mengenai lokasi (site). Saya tidak suka site yang terlalu dekat dengan jalan besar (jalan raya), karena selain bising oleh kendaraan bermotor juga karena kualitas udaranya sudah jelek (volusi udara). Jadi saya akan memilih lokasi site yang agak jauh dari jalan besar yang memiliki kualitas udara yang masih baik. Karena kebetulan saya tinggal di Jogja, maka contoh lokasi site yang paling saya suka adalah di daerah kaliurang. Selain udaranya sejuk dan bersih, juga karena akses ke kota Jogja dekat (accessibility).

Itu lah sekilas gambaran tentang rumah impian atau rumah idaman saya. Walaupun baru sebatas impian, tapi setidaknya ini bisa memotivasi saya untuk memiliki etos kerja yang tinggi demi terwujudnya rumah impian saya tersebut.

Bagaimana dengan Anda? sudah kah memiliki rumah impian? Selama bermimpi itu masih gratis, maka jangan pernah ragu untuk bermimpi, karena semuanya berawal dari mimpi. Tapi ingat, jangan hanya jadi pemimpi, tapi berusahalah untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu.


Bagi para teman-teman blogger, kalian bisa share imajinasi tentang rumah impian kalian melalui PropertyKita.com Blogging Competition ‘09. Silahkan mengunjungi halaman microsite lombanya untuk info lebih lanjut.



KOMENTAR