Cara Mengecek Tagihan Listrik Secara Online

Pembayaran tagihan listrik dimulai dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya. Ini merupakan kewajiban dari setiap pelanggan atau pengguna listrik PLN yang harus di penuhi kalau tidak ingin sambungan listriknya di putus sementara sampai pada pemutusan permanen.

Kebanyakan orang sebelum membayar tagihan listrik, mereka terlebih dahulu mengecek berapa jumlah tagihan listrik yang akan mereka bayar. Ini dilakukan karena seringnya terjadi kasus lonjakan tagihan listrik secara drastis, padahal pelanggan hanya melakukan pemakaian listrik biasa saja. Ada juga yang untuk mengantisipasi kurangnya uang yang dibawa saat membayar tagihan listrik.

Dahulu, untuk mengecek tagihan listrik harus datang langsung ke loket pembayaran listrik, namun sekarang kita bisa mengecek tagihan listrik secara online (melalui internet). Bahkan tidak hanya mengecek, tapi juga langsung membayar tagihan listrik Anda tersebut secara online melalui internet banking.

Oke, untuk mengetahui/mengecek berapa tagihan listrik yang harus Anda bayar silahkan klik di sini, atau buka halaman web ini http://202.162.217.251/info_billing/index.php maka akan muncul tampilan halaman web tersebut seperti di bawah ini.

PLN_01 
Masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan juga sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. kalau berhasil, maka akan muncul halaman web seperti di bawah ini, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus anda bayar.

PLN_02 
Anda juga bisa melihat atau mengecek jumlah tagihan listrik rumah Anda pada bulan2 sebelumnya, dengan memilih bulan yang Anda kehendaki. Jika sudah, silahkan klik logout pada pojok atas untuk keluar.

Biasanya PLN disetiap daerah memiliki website lokal sendiri2 yang juga menyediakan form atau halaman khusus untuk informasi rekening dan pengecekan tagihan listrik. Seperti http://www.plnjateng.co.id/ untuk wilayah jawa tengah dan http://www.plnjaya.co.id untuk wilayah jakarta. Untuk alamat website PLN wilayah lainnya bisa Anda cari sendiri di mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dan dll. Tapi jika tidak ingin repot2 mencari, gunakan saja alamat web yang pertama di atas, karena itu berlaku secara nasional.

Hemat listrik, hemat energi = hemat duit

UPDATE

Link atau alamat webpage untuk mengecek tagihan listrik secara online di atas, sudah tidak up to date lagi. Sebagai gantinya, silahkan langsung menuju ke situs resminya PLN yang beralamat di www.pln.co.id

Cek biaya pemakaian listrik secara online

Untuk mengecek tagihan listrik rumah Anda, sama seperti sebelumnya, tinggal masukkan 12 digit ID pelanggan Anda (rekening listrik) di bagian “Informasi Rekening” (seperti pada gambar di atas). Kalau sudah, klik tombol “Cek Tagihan”, kalau berhasil maka halaman seperti di bawah ini akan muncul (itu tagihan kost kami untuk bulan Oktober 2011).

Cek tagihan listrik secara online 
Oke, itu saja yang bisa saya tambahkan untuk postingan ini. Kalau ada perubahan lagi, postingan ini akan saya update lagi. :)

UPDATE

Selama ini saya kalau bayar listrik selalu di kantor pos, tapi kemarin karena banyaknya orang yang antri bayar listrik di kantor pos tempat saya biasa bayar listrik, jadi coba bayar tagihan listrik lewat ATM, dan ternyata berhasil. Caranya sangat mudah, tapi ada biaya administrasi sebesar 3000 rupiah. Tapi nggak apa2.. saya anggp itu biaya parkir, daripada lama-lama antri di kantor pos, kaki bisa pegal. :-)



KOMENTAR