Cara Mengecek Tagihan Listrik Secara Online

Pembayaran tagihan listrik dimulai dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya. Ini merupakan kewajiban dari setiap pelanggan atau pengguna listrik PLN yang harus di penuhi kalau tidak ingin sambungan listriknya di putus sementara sampai pada pemutusan permanen.

Kebanyakan orang sebelum membayar tagihan listrik, mereka terlebih dahulu mengecek berapa jumlah tagihan listrik yang akan mereka bayar. Ini dilakukan karena seringnya terjadi kasus lonjakan tagihan listrik secara drastis, padahal pelanggan hanya melakukan pemakaian listrik biasa saja. Ada juga yang untuk mengantisipasi kurangnya uang yang dibawa saat membayar tagihan listrik.

Dahulu, untuk mengecek tagihan listrik harus datang langsung ke loket pembayaran listrik, namun sekarang kita bisa mengecek tagihan listrik secara online (melalui internet). Bahkan tidak hanya mengecek, tapi juga langsung membayar tagihan listrik Anda tersebut secara online melalui internet banking.

Oke, untuk mengetahui/mengecek berapa tagihan listrik yang harus Anda bayar silahkan klik di sini, atau buka halaman web ini http://202.162.217.251/info_billing/index.php maka akan muncul tampilan halaman web tersebut seperti di bawah ini.

PLN_01 
Masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan juga sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. kalau berhasil, maka akan muncul halaman web seperti di bawah ini, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus anda bayar.

PLN_02 
Anda juga bisa melihat atau mengecek jumlah tagihan listrik rumah Anda pada bulan2 sebelumnya, dengan memilih bulan yang Anda kehendaki. Jika sudah, silahkan klik logout pada pojok atas untuk keluar.

Biasanya PLN disetiap daerah memiliki website lokal sendiri2 yang juga menyediakan form atau halaman khusus untuk informasi rekening dan pengecekan tagihan listrik. Seperti http://www.plnjateng.co.id/ untuk wilayah jawa tengah dan http://www.plnjaya.co.id untuk wilayah jakarta. Untuk alamat website PLN wilayah lainnya bisa Anda cari sendiri di mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dan dll. Tapi jika tidak ingin repot2 mencari, gunakan saja alamat web yang pertama di atas, karena itu berlaku secara nasional.

Hemat listrik, hemat energi = hemat duit

UPDATE

Link atau alamat webpage untuk mengecek tagihan listrik secara online di atas, sudah tidak up to date lagi. Sebagai gantinya, silahkan langsung menuju ke situs resminya PLN yang beralamat di www.pln.co.id

Cek biaya pemakaian listrik secara online

Untuk mengecek tagihan listrik rumah Anda, sama seperti sebelumnya, tinggal masukkan 12 digit ID pelanggan Anda (rekening listrik) di bagian “Informasi Rekening” (seperti pada gambar di atas). Kalau sudah, klik tombol “Cek Tagihan”, kalau berhasil maka halaman seperti di bawah ini akan muncul (itu tagihan kost kami untuk bulan Oktober 2011).

Cek tagihan listrik secara online 
Oke, itu saja yang bisa saya tambahkan untuk postingan ini. Kalau ada perubahan lagi, postingan ini akan saya update lagi. :)

UPDATE

Selama ini saya kalau bayar listrik selalu di kantor pos, tapi kemarin karena banyaknya orang yang antri bayar listrik di kantor pos tempat saya biasa bayar listrik, jadi coba bayar tagihan listrik lewat ATM, dan ternyata berhasil. Caranya sangat mudah, tapi ada biaya administrasi sebesar 3000 rupiah. Tapi nggak apa2.. saya anggp itu biaya parkir, daripada lama-lama antri di kantor pos, kaki bisa pegal. :-)



KOMENTAR

94 komentar:

  1. hoh? baru tau soal ini... makasih ^^

    BalasHapus
  2. cara praktis nih, lumayan untuk mencegah uang yang dibawa kurang.

    saya bingung bagaimana bisa alamat websitenya angka semua?

    BalasHapus
  3. iya
    saya sudah mencoba layanan ini
    sebagai alat ukur ajah he
    nice post sobbb

    BalasHapus
  4. Hehehehe... saya masih ngekos, jadi nggak mikirin bayar tagihan listrik. Dah langsung bayar setahun :))

    BalasHapus
  5. wah bisa juga ya :D
    hebat! nice info sob!

    BalasHapus
  6. mantap sekali neh triknya... info yang berharga sobat

    http://neni-negeriads.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. He he..thank bgt ...lagi bingung bayar listrik duit cukup pa gk..?smntara mau telpon call centernta gk ada pulsa..ee inget ada Tongkonan punya caranya...langsung dipraktekin....

    BalasHapus
  8. Wah info yang bermanfaat, thanks bro ^_^

    BalasHapus
  9. wah sekarang emang jaman udah serba digital ya mas,
    di tunggu postingan lainnya

    BalasHapus
  10. hallo apa kabar kawan salam kenal

    BalasHapus
  11. wah boleh juga nih,
    jadi bisa tau harga yang harus dibayarkan
    ,mantep dahhh

    BalasHapus
  12. Mataf... Sekarang Jaman Digital.. But Otakku Masih Analog.. wkwkwkwkw

    BalasHapus
  13. id pelanggan nya yg mana seyh boss?

    BalasHapus
  14. ah ternyata bohong!!!! saya dah coba tapi ternyata gk bisa,apa harus waktu jam kerja PLN ngeceknya? mbok yang benar kasih info teh

    BalasHapus
  15. @Anonim: ID Pelanggannya terdiri dari 12 angka. carai aja di kartu pelanggan PLN (kalau udah punya), atau di struk pembayaran PLN Anda.

    @Tommy: Gak bisa apanya bos? yg lain bisa koq.. ini sy baru aja ngecek tagihan bulan ini (september) dan bisa tuh! Coba lagi deh...! masak sy tega ngasih info yg gak benar sih?! :)

    BalasHapus
  16. wow... mau ah cara ini... sip.. thanks

    BalasHapus
  17. Makasih infonya... Saya bapak kost yang tiap bulan harus nagihin anak-anak mahasiswa bayar listrik, dengan info tagihan listrik sedini mungkin sangat membantu saya nagihin anak-anak. Biasanya saya pake plnjateng.co.id namun sampai tanggal 15 september ini tagihan bulan berjalan belum ada, masih bulan agustus (ndak up to date....payah). tapi kalo alamat yang ini udah update.... sekali lagi makasih...

    Suryo --> Kos Brotoseno 3 "Pogung Dalangan RT 10 no 277B"http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/1.gif

    BalasHapus
  18. ini dia infonya... biar gk mundar mandir kalo byr listrik

    BalasHapus
  19. ok,klo gitu jd gak capek2 deh,,thanks infonya yah.

    BalasHapus
  20. lumayan bisa cek tagihan ortu yang jauh di mata, juga tagihan kantor. jadi ndak usah mengira-ira mau bawa uang berapa pas mau membayar listrik.
    singgah di website saya:
    http://www.profit-mandiri.com

    BalasHapus
  21. saya coba masukkan id pelanggan saya yang terdiri dari 12 digit, dan saya sering lakukan pembayaran melalui atm tetapi mengapa tidak bisa dicek ya tagihannya. disitu tertulis tidak terdaftar. mohon usulan dan sarannya saya harus mendaftarkan online bagaimana supaya bisa cek tagihan dengan id pelanggan saya?

    BalasHapus
  22. trimakasih banyak,dgn info ini jadi bisa th berapa jumblah uang yang akan d byarkan.thank's

    BalasHapus
  23. kok saya g bisa bener2 ol g yaa nich...

    BalasHapus
  24. saya mo nanya sama pemosting lintasberita.com
    masalah pengecekan tagihan listrik..
    kok gk bisa ngecek tagihan bulan yg belum di bayar sih ? malah yg keluar cuman tagihan2 bulan kebelakang jah... klo bulan kebelakang kan otomatis kita juga dah tau tagihannya... saya minta cara mengecek tagihan listrik yg belum di bayar..

    BalasHapus
  25. wah kebetulan ni, di tempat ane kadang suka di lebih2in sedikit2 tagihannya.
    mungkin bulan depan sebelum bayar ane mending cek dulu melalui online

    thnx infonya gan

    BalasHapus
  26. wah ini info bagus. Baru tahu sekarang ini.Thanks dech langsung ke tkp untuk cek

    BalasHapus
  27. kalo pake web itu, dah lama ngga diupdate.

    sekarang bisa cek tagihan rekening listrik lewat sms, sekalian langsung dibayar juga bisa.

    caranya lihat disini > http://bayar-listrik-pln-online.blogspot.com/2010/01/cara-melihat-tagihan-rekening-listrik.html

    BalasHapus
  28. terimaksh infonya,baru tahu ternyata bisa cek tagihan listrik,,,

    BalasHapus
  29. ndak ngerti aku.,,..
    id apa yang harus dimasukin sandi apa??

    BalasHapus
  30. wah bagus juga nih bisa cek secara online

    BalasHapus
  31. jaman sekarang sudah serba canggih bisa cek tagihan dari internet

    BalasHapus
  32. pusing juga...
    blok cek tagihan listrik, bisa masuk gx bisa keluar..

    BalasHapus
  33. Saya mengucapkan ribuan terimakasih atas blog ini yang telah men-sharing info billing listrik ini, krn sangat berguna sekali bagi kita semua.

    Sukses sukses selalu buat tongkonanku !!!!
    Elim

    BalasHapus
  34. gimana cara mengecek info rekening listrik kalau no id tidak tahu dan gak ada di kotak meteran listrik? thx

    BalasHapus
  35. mas bro tadi saya caba mau ngecek tagihan listrik saya,
    tp ko saya nga bisa keluar ya, dan saya mau ngecek untuk ngecek tagihan listrik yang lain ko malah nga bisa ya ..
    ada apa ni mas bro ..
    tolong infonya..
    tnx

    BalasHapus
  36. Wah info bagus nih...klo mau usaha yg ada sangkut pautnya sama cek en ricek tagihan, berkunjung ke http://www.fastpaybersama.com aja agan2...

    BalasHapus
  37. cek tagihan listrik yg blum dibayar...! bohong,kgak akan bisa keluar berapa yg akan dbayar.tp Klau sudah dbayar baru bisa kluar nominal yg sdah dbyar sma ajakan bohong itu namanya.klau mosting yg doonk....jangan asal dngar2 lngsung psting

    BalasHapus
  38. @Anonim
    "cek tagihan listrik yg blum dibayar...! bohong,kgak akan bisa keluar berapa yg akan dbayar.tp Klau sudah dbayar baru bisa kluar nominal yg sdah dbyar sma ajakan bohong itu namanya.klau mosting yg doonk....jangan asal dngar2 lngsung psting"

    Hehe.. ketauan nih orang gak pernah bayar listrik. :D Masak bayar dulu baru keluar nominalnya? Ya jelas sudah ada nominalnya dulu donk..! Dari mana tahunya harus bayar berapa, kalau nominalnya belum ada. :))

    BalasHapus
  39. thank's bngt bos infonya, dg ini sy ud bisa ngecek tagihan listrik d rumah kontrakan sy, walaupun cuma online via HP,

    BalasHapus
  40. Thank's ye info nya...bermanfaat buangeettt,,,,tp tobol logout nya mana yach...koq g keliatan, btw thank's...

    BalasHapus
  41. Saya sudah cek ternyata bisa di lihat,,, tapi yang bikin saya bingung knp tagihan yg Online tarifnya tagihan saya untuk bullan april tidak sama.,.,.,

    BalasHapus
  42. maaf, situs tagihan pln nya kok gk bisa di access ya?

    BalasHapus
  43. @sary_im
    Nggak perlu dilogout, cukup close aja tab atau browsernya, itu sudah otomatis logout sendiri.

    @Anonim
    Bedanya jauh gak? kalau bedanya cuman 2000 atau 3000, itu biasanya karena ditambah biaya "Admin Pos" (kalau bayarnya di kantor pos.

    @Anonim
    Mungkin situs lagi down aja bos.. silahkan tunggu beberapa menit atau jam, lalu coba lagi. :)

    BalasHapus
  44. saya lokasi di bangka, ada datanya, cuma nggk keluar jumlah tagihannya...

    BalasHapus
  45. Bro.. apakah kalau kalian cek tagihan listrik, tagihannya cuma sampai bulan Februari 2011 ? tagihan bulan berikutnya tidak ada kan sob ? memang update-an PLN yang error kan ?

    BalasHapus
  46. admin IT PLN mulai malas melakukan update terhadap database tagihan listriknya. Ane cek tagihan listrik utk bulan maret dan seterusnya, malah tidak tersedia. yang ada cuma sampai bulan Feb 2011

    BalasHapus
  47. makasih atas infonya,jadi gg usah cape jalan,,

    tpi lebih baik lagi kalo PLNnya gg bayar,alias gratis

    BalasHapus
  48. yoyoy,,enak klo di gratisin mh,jdi gg ada yg gg kebagian listrik,,

    BalasHapus
  49. ternyata cara ngecek tagihan listrik secara online mudah juga dan tidak susah

    BalasHapus
  50. Dengan pelayanan PLN yang semakin baik, mendekatkan PLN sebagai salahsatu BUMN yang makin berkualitas dan berpihak kepada masyarakat.

    terimakasih infonya,
    Jabat erat

    BalasHapus
  51. jika situs yang dibahas diatas sering error maka langsung aja ke : http://www.pln.co.id/

    pasti bisa!

    BalasHapus
  52. setelah saya masukin IDPel kok dibilanganya belum terdaftar knp ya??
    bls ASAP y??soalny saya dah telat byr nih..trus klo dah telat msh bisa via atm g byrnya??

    tq b4...

    BalasHapus
  53. ALAMAT DI ATAS ITU BOHONG,...AWAS PENIPUAN,...!!! saranku klw bisa di hapus dan di ganti yg bener, kasian bagi yg masih awam, krna w cek berulang kali slalu error, bagi para konsumen listrik yg ingin mengetahui jumlah tagihannya anda bisa langsung ke http://www.pln.co.id/pro00/rekening.html

    BalasHapus
  54. @ann
    Alamat di atas (yg lama) memang sudah tidak berfungsi lagi, mas. Sory, saya jarang ngecek, jadi telat update alamat pengecekan tagihan listrik yg baru. Untuk masalah bisa atau tidak pembayaran dilakukan via ATM, kalau sudah telat, saya kurang tahu. Bayar listrik via ATM aja, belum pernah. :D

    @Sonny
    Alamat lama di atas bukan penipuan, mas. Sebelumnya alamat tersebut lancar2 aja untuk mengecek tagihan listrik. Cuma sekarang, halaman tersebut sudah tidak up to date lagi. Btw, thanks atas koreksinya, saya jadi tahu kalau alamat tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Saya juga sudah menggantinya ke alamat situs resmi PLN. :)

    BalasHapus
  55. kok tagihan saya nggak sesuai dengan amper...???
    padahal amper saya baru jalan 815km....

    BalasHapus
  56. Baru tau ada yang beginian. hihihi

    @Alet: sepertinya itu baru penafsiran plm aja sampe minimal jatuh tempo, tapi biar lebih jelas siakan tanyakan ke plbnya langsung, barang kali ada kesalahan manusia (salah mencatat)

    BalasHapus
  57. KO BUAT LOGOUT NYA GA ADA bos...????

    BalasHapus
  58. makasih ya infonya sangat membantu,biasanya aku kebingungan mau tanya tagihan listrik apalagi kalau pulsa habis,tapi sekarang gampang sekali tinggal buka lap top tau deh ........

    BalasHapus
  59. kalau mau print struk pembayaran Yang telah dibayar 2 bulan kemarin gimana?

    BalasHapus
  60. @alex guciano
    kalau urusan tagihan yg nggak sesuai dgn amper, saya nggak tahu tuh, gan. Tapi yg jelas kejadian seperti itu sering terjadi. Biasanya sih kesalahan pada petugas PLN yg memcatat amper.

    @arif
    Tombol logout-nya memang nggak ada, gan. Otomotis ter-logout, setelah beberapa menit, atau setelah browser diclose.

    @Anonim
    Untuk fasilitas print struk, kayaknya memang belum ada. Tapi kalausekedar melihat jumlah pembayaran bulan sebelumnya, bisa.

    BalasHapus
  61. kenapa untuk daerah kalimantan ... gak bisa cek yach thx yach gan

    BalasHapus
  62. saya mau membayar tagihan listrik punya ibu saya didaerah sambong-blora sana,posisi saya sekarang di sidoarjo jatim,bs gak ya?thanks

    BalasHapus
  63. @Anonim
    Di kalimantan nggak bisa ngecek ya? Hmm... sy juga kurang tahu tuh, kenapa. Mungkin saja pelanggan PLN yg di kalimantan belum dimasukkan ke database online PLN.

    @wulan
    Disitus PLN kita hanya bisa ngecek tagihan, belum bisa untuk bayar langsung. Tapi kalau melalui internet banking, atau ATM, itu baru bisa.

    BalasHapus
  64. sudah di masukkan IDPElnya kok error gan ? sudah gak bisa lagi ya? atau ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa koq... mungkin no ID pelanggan yang anda masukkan ada yg salah.

      Hapus
  65. knpa ya di lampung kox listri mati" terus sie..........
    pdhal kn dh byar............
    apa mnta di demo nie PLN..............

    BalasHapus
  66. Makasih infonya,tapi antara info di web dengan yang kita bayar di gerai tagihan listrik koq beda mas ? Bisa di jelaskan . ? . . ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya banyak nggak? Kalau saya bedanya cuma Rp 1.900,- dan itu adalah biaya "Admin POS", karena saya bayar via kantor pos. Coba cek aja di tanda bukti pembayaran, biasanya disitu lengkap tertulis biaya2 tambahan.

      Hapus
  67. knapa ya tdi sya byr di tempat pembyaran rkng pln bisa keluar,giliran sya cek di rumh januari 2012 ,belum tersedia kta intrnet sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... kenapa ya?? Kalau rekening listrik saya sudah ada tuh.. transip jumlah pemakaiannya.

      Hapus
  68. Izin menambahkan gan, bisa juga dicek dan sekalian bayar di web ane www.opulsa.com

    Cara cek:
    1. Bukan www.opulsa.com
    2. Klik menu Beli/Order
    3. Pilih produk "Pembayaran Tagihan PLN/Telkom/Speedy"
    4. Terakhir klik tombol beli

    Nanti akan muncul tagihannya, kalau mau sekalian bayar tinggal transfer aja ke rekening yang muncul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini beneran Sob,.....???
      jadi aku harus transfer ke rek.an. wahyu hidayat yaa sesuai tagihan nya

      Hapus
    2. Mas Ridwan tanya langsung aja di situs Opulsa.com. Soalnya saya pernah punya pengalaman bayar lewat situs itu. Paling sering saya bayar lewat ATM.

      Hapus
  69. ada di menu apa nich, koq web nya susah di akses ya,,,help thx

    BalasHapus
  70. klo mau ngecek, tagihan listrik dah terbayar apa blm, gmn?

    BalasHapus
  71. Betul bos sekarang bayar listrik dah bisa online

    BalasHapus
  72. wadew,, teknologi makin canggih aja ya bro ,,

    sampe bisa bayar listrik via online,, makin maju nih indonesia

    BalasHapus
  73. emang dunia maya ga da matiny ,,,,,,,,?
    Jadi sekarang q tau kalau mau byr listrik ,,,,,ga perkiraan lagi ,,,,,,,??
    Makasih ,,,,,,,gan posting artikel ini ,,,,

    BalasHapus
  74. ah rusak mulu tuh fiturnya amit2 dah pemerintah g ad yg beres

    BalasHapus
  75. kok sulit mengecek pembayarannya,apa ada cara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma masukin nomor ID pelanggan, koq sulit??

      Hapus
  76. Wah bagus juga ni, Trims

    BalasHapus
  77. Kok keluarnya ini pas dimasukin ID? "Mohon maaf layanan info billing via website untuk sementara tidak dapat digunakan karena sedang dalam perbaikan, bila memerlukan layanan tersebut dapat menghubungi Call Center 123"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khan pesannya udah jelas, "sedang dalam perbaikan". Ditunggu aja sampai perbaikan selesai. Kapan selesai-nya? tanya ke PLN. :)

      Hapus
  78. iya, klo 1 rekening gak apa2. lha sy bayar 3 rekening, jadnya mahal box

    BalasHapus
  79. saya kok baru tahu kalau di internet kita bisa mengecel tagihan listrik melalui web, wah.. makin mudah ya..
    terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya kalo ngenet sekali2 cari info yng bermanfaat jgn cuma untuk cari XXX.. biar gak gaptek..xixixi.

      Hapus
  80. Terima kasih banyak mass informasinya

    BalasHapus