Alat Pengubah Suara Menjadi Teks

Sebuah terobosan baru dalam dunia tulis menulis telah tercipta. Sebuah alat yang mampu mengubah suara menjadi teks akan segera diluncurkan ke pasar pada bulan mei 2010 ini. Ini merupakan terobosan baru dalam tradisi tulis menulis. Dengan terobosan ini maka kini urusan tulis menulis tidak hanya bisa dilakukan dengan tangan, tetapi bisa juga bisa dilakukan dengan mulut atau suara.

Alat pengubah suara menjadi teks ini merupakan hasil rekayasa berbasis operasi komputer linux. Yang membanggakan adalah, peranti hasil rekayasa ini merupakan produk dalam negeri, atau buatan Indonesia. Yang dalam  hal ini dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan PT Industri TElekomunikasi Indonesia.

Katanya, alat ini mampu mengubah suara ke dalam teks secara seketika dengan tingkat keakurasian mencapai 85%. Dan itu masih bisa diupayakan mencapai 100% melalui perbaikan (editing) dari hasil rekaman yang diperoleh.

Teknologi ini sudah diuji coba untuk mengubah suara dari sebuah orasi ke dalam teks secara seketika. Dan telah diuji cobakan dibeberapa instansi2 pemerintah, seperti: Sekretariat Negara, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Pimpinan Daerah, dan Kementerian Keuangan. Alat ini memang sangat dibutuhkan oleh instansi2 pemerintah, yang nantinya akan menggantikan fungsi atau peran dari seorang notulis dalam sebuah sidang atau rapat.

Harga alat ini cukup mahal, bahkan boleh dibilang sangat mahal. Untuk sistem tunggal dijual dengan harga 200 juta per unit, sedangkan untuk sistem multi dijual dengan harga 500 juta per unit.  Wouw.. sangat mahal bukan?  Ada yang mau beli?  :D



KOMENTAR

13 komentar:

  1. Kalau yang bisa ngubah dari suara menjadi rupiah ada nggak ya?

    BalasHapus
  2. @Marsudiyanto
    Ada koq... tinggal baca mantera aja. Untuk manteranya silahkan Cari di dukun2 pesugihan terdekat. :))

    BalasHapus
  3. info menarik nih, tp kalau kata abang di atas, suara jd rupiah bisa belajar untuk mengalahkan para motivator ternama atau jd penyiar radio..hehehe

    BalasHapus
  4. wah teknologi mantaff nih, jd dak perlu capek2 ngetik, tinggal bicara sj langsung tertulis

    BalasHapus
  5. Menarik tapi harganya itu...wuihhh .

    Yang bahasa Inggris kayaknya udah ada lama dan nggak mahal2 banget... ;))

    BalasHapus
  6. iya.. gue denger ini udh ada lho...
    keren ya

    BalasHapus
  7. sebenarnya kebutuhan untuk itu juga dirasa perlu, tapi kalau melihat harganya, nggak dulu lah,,,

    BalasHapus
  8. mantap banget ini alat, tapi mengapa harus dibundel dengan hardware dan OS tersendiri? mengapa tidak dikeluarkan softwarenya saja, biar lebih murah.

    BalasHapus
  9. Mendingan ngasih gaji notulis aja....
    500 juta bisa untuk gaji notulis bertahun-tahun. Sekalian mengurangi pengangguran.

    BalasHapus
  10. kok ya masih pinteran hp cina murah bisa merubah teks menjadi suara

    BalasHapus
  11. iyah kan sekarang di hp cina juga sedah ada yang mempunyai spec seperti itu,,

    BalasHapus
  12. mahal banget<pake APP Keyboard Go di android Gratis......................

    BalasHapus