Solusi Saat Koneksi Internet Lagi Lemot atau Lambat

Koneksi atau jaringan internet di Indonesia harus kita diakui belum sebaik atau secepat koneksi internet di negara2 maju seperti di Eropa, jepang, korea-selatan, dll. Oleh karena itu pengguna internet di Indonesia akrab dengan istilah koneksi internet lemot  (koneksi internet lambat). Kejadian ini sering dialami terutama pada jam2 sibuk, dimana banyak orang yang sedang online. Dan yang paling sering mengalaminya adalah pengguna internet broadband (nirkabel).

Salah satu cara yang sering saya lakukan ketika koneksi internet saya lagi lemot adalah: mematikan fasilitas Load Images/picture, Sound, dan animation pada browser yang saya gunakan. Tampilan website/blog yang kita buka memang tidak akan menarik karena yang tampak hanya text tanpa image atau gambar sama sekali. Namun bagi yang cuman pengen baca2 artikel atau berita dalam bentuk text, tips ini akan sangat membantu untuk mempercepat loading halaman (loading page) suatu website. Cara ini memang sudah lama, namun sering dilupakan.

Untuk menonaktifkan/disable load image/picture pada browser, silakan pilih menu “Options” pada browser yang Anda gunakan, kemudian masuk ke menu “Content Setting”. Selanjutnya, Anda tinggal nonaktifkan contents yang tidak ingin browser Anda baca atau tampilkan, seperti: Image, sound, video, animasi, dll. Khusus untuk Internet Explorer, pada halaman internet options, pilih tab Advanced, kemudian scroll kebawah untuk mencari bagian Multimedia, seperti pada gambar 2.

google-chrome-content-setting 
Gmbr. 1
Tampilan halaman Content Setting pada browser Google Chrome

Multimedia-setting-internet-explorer
Gmbr. 2
Tampilan halaman Internet Options Setting
pada browser Internet Explorer

Mozilla-firefox-content-setting
Gmbr. 3
Tampilan halaman Content Setting pada browser Mozilla Firefox

Jika ingin loadingPage-nya lebih ringan lagi, Anda juga bisa mematikan atau menonaktifkan JavaScript-nya. Konsekuensinya, menu2 atau widget2 yang menggunakan JavaScript pada web/blog yang akan Anda buka tidak akan muncul.

Cara lain mengatasi koneksi internet yang lambat adalah dengan mengunakan sistem kompresi. Sistem kerjanya yaitu mengkompress ukuran image/picture pada suatu halaman web yang kita kunjungi, supaya loading Page-nya lebih ringan. Fitur seperti ini bisa kita jumpai pada browser Opera 10 Turbo. Atau bisa juga dengan menggunakan software/aplikasi pengompress seperti toonel, nitro, onspeed, dll.

Semoga bermanfaat. :-)



KOMENTAR