Apa itu Tablet PC?

Akhir-akhir ini, kita banyak mendengar tentang Tablet PC. Apa itu Tablet PC? Sama seperti notebook dan netbook, Tablet PC juga merupakan komputer portable. Jika dibandingkan dengan notebook, Tablet PC ukurannya jauh lebih kecil, hampir sama dengan ukuran netbook. Namun, ciri utama Tablet PC yang paling membedakannya dengan notebook dan netbook adalah: Tablet PC menggunakan teknologi  layar sentuh (touchscreen) dengan kemampuan writing cognition, yaitu kemampuan menulis langsung pada layar, menggunakan sebuah alat khusus berbentuk pulpen bernama, stylus. Walaupun sudah memiliki keyboard didalam layar (keyboard touchscreen), Tablet PC juga bisa menggunakan keyboard biasa dan mouse usb.

Tablet PC Bentuk Tablet PC

Namun menurut kabar yang saya dengar, sebenarnya jauh sebelum Steve Jobs (pemilik Apple) memperkenalkan iPad, sudah ada beberapa vendor yang jualan Tablet PC, tapi jualannya tidak sesukses iPad. Karena itu, banyak yang beranggapan kalau Tablet PC adalah buatan Aplle. Kalau yang mempopulerkan, saya kira semua orang setuju, Steve Jobs lah orangnya, melalui Tablet PC-nya yang diberi nama iPad.

Kesuksesan Apple dengan Tablet PC nya (iPad) telah mendorong vendor lain ikut berlomba-lomba membuat Tablet PC. Kabarnya, penantang terkuat iPad, datang dari dua pabrikan handphone ternama, yaitu: RIM dengan “Blackberry Playbook” nya dan Samsung dengan “Galaxy Tab” nya. Namun itu tidak mutlak, karena vendor-vendor komputer dan handphone ternama lainnya, satu persatu sudah mulai membuat prototype Tablet PC nya masing-masing.

Banyak orang mengatakan, kalau Tablet PC lebih cocok digunakan untuk membaca buku dan majalah digital, nonton, main game, browsing internet, presentasi, sosial media/jejaring sosial, serta memeriksa dan mengirim email. Kalau masalah ini, saya nggak bisa berkomentar banyak, karena jujur, saya belum pernah menggunakannya. :D

Bagi yang sudah pernah menggunakan Tablet PC, apa pendapat Anda?



KOMENTAR