XL Rp 25/Menit atau AS Telkomsel Rp 20/Menit, Siapa Yang Paling Murah?

Persaingan antara XL Rp 25/menit dengan AS Rp 20/menit memang sedanng gencar-gencarnya. Saking gencarnya, persaingan keduanya terlihat  sedikit memanas, sampai berujung pada perang iklan yang tidak sehat. Keduanya saling ngejek dan saling nyindir melalui iklan iklan-iklan yang mereka buat. Perang tarif dan perang iklan tidak sehat seperti ini, sebenarnya sudah lama terjadi, tidak hanya XL vs AS Telkomsel, tapi melibatkan hampir semua operator seluler. Cuman, sekarang yang lagi hot adalah XL axiata vs AS Telkomsel.

Kembali ke judul. XL 25/Menit atau AS Telkomsel 20/Menit, siapa yang paling murah? Dua-duanya mengklaim sebagai yang termurah, namun secara kasat mata, dengan mudah kita bisa melihat bahwa AS Telkomsel lebih murah 5 rupiah dari XL. Tapi kalau kita lihat syarat dan ketentuannya, maka kita butuh sedikit memutar otak untuk bisa membandingkan mana sebenarnya yang lebih murah, karena syarat dan ketentuannya cukup banyak. Mulai dari waktu berlakunya, batas atau limid pulsa, sampai pada perbedaan tarif pada setiap kota. Anda bisa lihat syarat dan ketentuan masing-masing kartu di website/situs resminya.

XL 25 vs AS 20 XL Rp 25/menit vs AS Rp 20/menit

Untuk kartu AS, tarif berbeda hanya terjadi di kota Maluku dan Papua, selain kedua kota tersebut, tarif berlaku sama, yaitu: tarif bicara Rp.20/menit berulang kali ke sesama telkomsel, sampai batas akumulasi mencapai 30 menit (Rp. 600). Setelah 30 menit akumulasi tercapai, maka akan berlaku tarif Rp 1000/menit. Sedangkan tariff panggilan ke operator lain, Rp 600/menit, berlaku secara nasional. Untuk SMS, AS memberikan 5000 sms gratis ke semua operator untuk satu kali pengiriman sms berbayar (Rp150/sms) dalam sehari (ada syarat dan ketentuan-nya, silahkan baca di situs resminya).

Untuk XL, tarif murah Rp 25/menit, berlalu dari pukul 00.00 – 17.00 ke sesama XL. Pukul 17.00 – 00.00 tarif yang berlaku, Rp 25/detik sampai 3 menit pertama, setelah itu kembali berlaku tarif Rp 25/menit. Perbedaan yang terjadi hampir disetiap kota adalah interval waktu perpindahan tarif (pukul 17:00) dari Rp25/detik ke Rp25/menit. Contohnya, untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, perpindahan tarif dari Rp25/detik ke Rp25/menit, berkalu setelah menit ke 2,5. Sedangkan untuk wilayah Sukabumi, Kerawang, Pandeglang, Rangkasbitung, perpindahan tarif tersebut terjadi setelah 80 detik. Untuk tarif nelpon ke operator lain, lokal Rp 480/menit, dan interlokal Rp 800/menit. Untuk sms gratis, syarat dan ketentuan setiap kota, juga berbeda, silahkan lihat langsung di situs resminya XL.

Nah, dengan melihat dan memahami syarat dan ketentuan masing-masing operator, menurut Anda, siapa sebenarnya yang paling murah?  XL Rp25/menit atau AS Rp20/menit? atau malah Flexi Irit Mingguan?  Kalau saya sih, masih setia sama simPATI Talkmania. :D



KOMENTAR

15 komentar:

  1. yup kliatan bnget
    sjak sule kluar dari xl ntue kayagna :D

    BalasHapus
  2. wahhh klo Xl sich Udh ane buktiin klo 25 itu hanya ILusi. masa bru pake 1 menit udh abis 700 perak bro. parah!!!!!!!!!klo as sich ane blm coba

    BalasHapus
  3. sya msih tetap setia sama kartu AS
    yang lain gak deh

    BalasHapus
  4. Saya udah kapok dibohongi anak kecil

    BalasHapus
  5. @andinoeng: hahahaha ada-ada aja

    BalasHapus
  6. yang namanya iklan gak ada yang jujur 100%........

    BalasHapus
  7. lama lama, baim sama sule bisa berantem beneran ki, he he

    BalasHapus
  8. Wah Keduanya emng lagi bersaing ketat nich... hehehehe
    mending plih yg tengah2 saja... hehehehe

    BalasHapus
  9. hehehe, makin lucu aja persaingannya

    BalasHapus
  10. Iya tuh. Anak kecil diadu sama orang besar. yan menang yang besar lah ...

    BalasHapus
  11. Wah informasi yang sangat bermanfaat....
    nice post kawan....

    BalasHapus
  12. Promo2 gitu sering menyesatkan, hanya permainan kata2 di iklan saja.

    BalasHapus