Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab 2 (10,1 inchi)

Kemunculan iPad 2 ternyata sudah diantisipasi oleh pesaing terdekatnya saat ini, yaitu Samsung Galaxy Tab. Bahkan sebelum iPad 2 resmi dirilis awal bulan maret ini (2011), samsung sudah terlebih dahulu memperkenalkan tablet generasi keduanya yang akan menjadi pesaing iPad 2, di ajang Mobile World Congress 2011, di Barcelona, Spayol, bulan februari lalu.

Samsung Galaxy Tab 2 yang diproyeksikan untuk menjadi pesaing iPad 2, memiliki ukuran layar (display) 10,1 inchi (1280 x 800 pixel). Lebih besar dari Galaxy Tab generasi pertama yang hanya berukuran 7 inchi (1024 x 600 pixel). Bahkan lebih besar dari layar iPad 2 yang tetap konsisten dengan ukuran layarnya 9,7 inchi (1024 x 764 pixel).

Samsung Galaxy Tab 10,1"
Awal diperkenalkannya Samsung Galaxy Tab 2 atau Samsung Galaxy Tab 10,1, tebalnya 10mm, dengan berat 599 gram. Namun setelah iPad 2 dirilis dan mendapati kenyataan kalau iPad 2 ternyata lebih tipis dan lebih ringan, maka samsung pun langsung mendesain ulang tablet generasi keduanya tersebut. Dan hasilnya, kini samsung galaxy tab 2 memiliki tebal 8,6 mm dan berat 595 gram. Itu artinya Galaxy Tab 2 kini lebih tipis namun tidak lebih ringan dari iPad 2 yang memiliki ketebalan 8,8 mm dan berat 1,3 pon atau 590 gram.

Generasi kedua Samsung Galaxy Tab ini menggunakan prosesor dual core 1GHz, sehingga kecepatannya dua kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Untuk sistem operasi, Galaxy Tab 2 menggunakan Android Honeycomb, yang merupakan sistem operasi terbaru yang kabarnya dirancang khusus untuk PC Tablet.

Untuk kamera depan dan kamera belakang ikut mengalami kenaikan resolusi. Dan yang paling signifikan kenaikannya adalah kamera belakang, yaitu dari 3 mega pixel menjadi 8 mega pixel. Sedangkan kamera depan untuk video call, dari 1.3 mega pixel, naik menjadi 2 mega pixel.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 10,1 Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 10,1 saat pertama kali diperkenalkan

Samsung Galaxy Tab 10,1 rencananya akan diluncurkan pada 8 Juni 2011, dengan harga $499 untuk storage 16GB, dan $599 untuk 32GB. Kabarnya, samsung juga telah menyiapkan varian lain dari tablet generasi keduanya ini, dengan ukuran layar yang lebih kecil, yaitu 8,9 inchi. Sedangkan untuk prosesor dan operating sistem, tetap menggunakan dual core  dan Android Honeycomb. Untuk Galaxy Tab 8,9 ini, dibanderol dgn harga $469 untuk storage 16GB, dan $569 untuk storage 32GB.

Harga terbaru (up to date) samsung galaxy tab 2, bisa Anda lihat di sini



UPDATE (3 Juli 2011)

Rencana samsung untuk merilis Samsung Galaxy Tab 10.1 di Indonesia pada 8 Juni 2011, ternyata baru terlaksana pada taggal 2 juli 2011. Bertempat di Pasifik Place, Jakarta, pihak Samsung Electronics Indonesia secara resmi melepas Samsung Galaxy Tab 10.1 ke pasar Indonesia.

Launching Samsung Galaxy Tab 10.1 Antrian calon pembeli Samsung Galaxy Tab 10.1 (Photo: kompas.com)

Dalam acara launching tersebut, 1200 unit samsung galaxy tab 10.1 ludes terjual. Itupun penjualan dihentikan karena stoknya memang sudah habis. Padahal katanya masih banyak pengantri yang belum kebagian. Mereka pun hanya bisa gigit jari. :D

Ngomong2, iPad 2 koq telat masuk Indonesia ya? Padahal khan iPad 2 lebih dulu rilis dari Samsung Galaxy Tab 10.1. Sepertinya pasar Indonesia kurang dilirik iPad, ya? Bagaimana menurut Anda?

UPDATE (21 Juli 2011)


Tanggal 23 Juli 2011, samsung kembali akan melepas secara resmi generasi kedua dari smartphone unggulannya, yaitu Samsung Galaxy S II. Bagi Anda penggemar gadget samsung, segeralah mencari no antrian, agar Anda tidak kehabisan seperti Samsung Galaxy Tab 10.1 dimana banyak pengantri yang tidak kebagian.

UPDATE (25 Juli 2011)


Berhubung di kolom komentar banyak yang bertanya, “Apa samsung galaxy tab 10.1 bisa untuk telepon apa nggak?”  Jawabannya adalah BISA IYA BISA TIDAK. Bingung? Begini, pada prinsipnya semua jenis PC, baik laptop/notebook, netbook, maupun PC Desktop, bisa digunakan untuk nelpon bila ada perangkat pendukungnya, seperti: Modem yg support Audio Call, headphone/headset untuk input dan output suara.

Khusus untuk Tablet PC seperti samsung galaxy tab, iPad, dll, memang tidak dirancang sebagai alat komunikasi audio seperti ponsel. Tablet PC dibuat untuk keperluan browsing di internet, baca2 berita/informasi di situs berita online, berjejaring sosial dan baca e-book (ebook reader). Jangankan untuk nelpon, video call bahkan video confrence saja bisa koq. Tapi tentu akan aneh dan repot jika tablet PC yang ukurannya lebih dari 7” – 10”, Anda gunakan sebagai alat komunikasi utama Anda sehari-hari. Iya, nggak? :)

Video di bawah ini menunjukkan kalau tablet pc, khususnya samsung galaxy tab, bisa digunakan untuk menelpon.


Menurut saya, orang yang beli Tablet PC adalah orang yang punya uang lebih dan gadget addict. Kalau orang yang punya budget terbatas seperti saya, akan lebih mengutamakan beli laptop/notebook seperti Samsung Series 9.  Atau kalau memang Anda mencari alat komunikasi yang canggih (bisa browsing, nelpon, main game, musik, video, dll) usul saya, beli aja Smartphone seperti Samsung Galaxy S II, toh harganya hampir sama aja dengan tablet PC. Nanti kalau sudah punya uang lebih, baru deh beli Samsung Galaxy Tab, iPad, Playbook, Acer Iconia, MSI Tablet atau tablet merek lain yang kini sudah banyak beredar di pasaran. Kalau udah kebelet pengen punya tablet PC, beli aja yang murah, seperti Tabulet.

Semoga jawaban saya yang panjang lebar ini, bisa memuaskan teman-teman yang bertanya tentang Apakah samsung galaxy tab 10.1 bisa buat nelpon atau tidak. Kalau ada yang salah dari jawaban saya di atas, mohon bagi teman-teman yang lebih tahu untuk mengkoreksinya. Thanks!  :)



KOMENTAR