Pulau Weh, Sabang - Pusat Wisata Bahari Andalan Aceh

Sabang adalah kota kecil yang terletak di pulau Weh, pulau di ujung paling barat Indonesia. Jaraknya sekitar 14 mil atau 22,5 Km dari Banda Aceh yang dapat ditempuh kurang lebih selama 2 jam dengan kapal Fery, dan 45 menit dengan kapal cepat. Kota Sabang merupakan andalan wisata Aceh, untuk kategori wisata bahari. Keindahan taman lautnya sangat terkenal, tidak kalah dengan taman laut Bunaken, di sulawesi utara. Tak salah jika pemerintah, melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, menetapkan Sabang (pulau Weh) sebagai destinasi wisata nasional.

Taman-Wisata-Alam-Laut-Pulau-Weh-Sabang

Pulau Weh

Keindahan pantai dan taman lautnya yang masih alami begitu mempesona, menjadi magnet dan surga bagi wisatawan asing maupun domestik yang hobi menyelam (diving). Menurut teman saya yang asli orang Sabang, setidaknya ada 26 titik potensial tujuan wisata yang bisa dikunjungi di kota Sabang. Namun yang paling populer adalah Pantai Gapang, Pantai Rubiah, dan Pantai Iboih, yang terkenal dengan keindahan Garden Under Water-nya.

sabang-terumbu-karang-rubiah

Hewan laut seperti pari manta, hiu, paus, lumba-lumba, penyu dan hewan-hewan laut cantik lainnya, dengan mudah bisa ditemui di sekitar perairan kota sabang. Penyelam berpengalaman dan instruktur selam siap memandu para wisatawan menikmati keindahan taman-taman laut yang ada di sana. Menurut orang-orang yang pernah ke Sabang, untuk sekali menyelam kita harus merogoh kocek kurang lebih 300rb rupiah. Tapi kalau cuma pengen snorkeling aja, cukup bayar biaya sewa alat snorkeling sebesar kurang lebih 45rb rupiah.

Akomodasi seperti penginapan, cafe dan restoran sudah tersedia, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Taman Wisata Culiner di Gampong Kuta Barat, lokasi terbaik bagi yang ingin mencici kuliner Aceh, khusus kuliner khas kota sabang. Terus yang hobi mancing, perairan laut di sekitar pulau Rondo, adalah lokasi yang tepat.

 Peta Sabang 2

Di ujung pulau Weh, terdapat sebuah monumen atau tugu, yaitu Tugu Kilometer Nol. Tugu ini merupakan titik awal perhitungan luas wilayah Indonesia dari Sabang sampai Meuroke. Jarak dari pusat kota sabang, kurang lebih 15 km, dengan perjalanan darat. Dalam perjalanan menuju ke Tugu Kilometer Nol, kita akan melewati Pantai Gapang, pantai Iboih dan pantai atau pulau Rubiah.

Di pulau Weh, juga terdapat gunung berapi. Menurut sejarah Aceh, pulau Weh, dulunya tersambung dengan daratan pulau sumatra. Namun terpisah akibat letusan gunung berapai pada zaman pleistosen. Di bawah kedalaman 9 meter dekat kota sabang, para wisatawan berani menyelam bisa menyaksikan gunung berapi bawah laut.

Aceh sebenarnya memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tapi sepertinya kurang promosi, sehingga belum banyak orang yang tahu potensi wisata Aceh. Karena itu, mulai tahun 2011 pemerintah daerah propinsi Naggroe Aceh Darussalam, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, mencanangkan Visit Banda Aceh 2011, untuk memperkenalkan Aceh Tourism ke level Nasional dan Internasional.

IT’S TIME TO VISIT BANDA ACEH!

Sumber gambar:

http://indonesia.travel | http://triptourism.com | http://piyoh.blogspot.com



KOMENTAR

22 komentar:

  1. kira-kira ada nggak ya tour ke arah sana

    BalasHapus
  2. @lowongan pekerjaan
    Sama2.. Punya planning berlibur ke Sabang? :)

    @Perawatan Wajah
    Tour ke Sbang? Pasti ada donk..!!!

    BalasHapus
  3. jadi pengen ke pulau weh.sayang sekali nggak bisa karena masih sibuk.btw mas yunus asli tinggal dimana ya saat ini

    BalasHapus
  4. @bali seo
    Saya aslinya dari TORAJA, Sul-sel. Saat ini saya berdomisili di Jogja.

    BalasHapus
  5. pantai sumur tiga juga sangat recomended buat dinikmati..

    BalasHapus
  6. Very Interesting Indonesia tourism information.
    Visit my website www.piknikyu.com - informasi wisata

    BalasHapus
  7. Dear Mas Feri Yunus Madao,
    salam kenal saya gita dari jakarta..
    saat ini saya sedang membuat itinerary untuk ke pulau Weh, bisa bantu saya meng update rute, moda transprtasi dan harga untuk mengunjungi tempat2 yg ada di Sabang Tourism map anda?? thx alot..
    kalo bisa nanti kita tukeran id YM ya.. supaya gampang discuss'a..
    Thx

    BalasHapus
  8. @Anonim
    salam kenal juga Gita.. :) Saya aslinya bukan orang Aceh, dan belum pernah ke Aceh apalagi ke Sabang, Pulau Weh. Semua informasi yang saya tulis di atas, saya ambil dari berbagai sumber. Kalau Gita memang GIta sedang merencanakan perjalanan ke Pulau Weh, saya sarankan Gita menghubungi pemilik blog http://piyoh.blogspot.com kalau gak salah dia adalah Duta Wisata Sabang Aceh.

    Semoga membantu. :)

    BalasHapus
  9. Banyak dan menarik ya tempat wisata alam dan bersejarah di aceh ini. Indah sekali pesona terumbu karangnya.

    BalasHapus
  10. infonya bagus gan...aku sedang mencari artikel2 tentang wisata indonesia..jika diperkenan izin sharring gan..trimkasih...salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja, yang penting harus kasih link ke sumber aslinya.

      Hapus
  11. Balasan
    1. saya br 2 hari yang lalu balik dari sabang dan ini merupakan kunjungan yang ke 6 cuma kata " ku kan kembali" yang ada dibenak ini sabang dengan sejuta pesonanya.......

      Hapus
  12. wajib datang hari habis lebaran ambil cuty kayaknya

    BalasHapus
  13. wooww tercengang menikmati keindahan pulau weh, nyebrang naik 'pulo rondo'sampai ke pulau weh, mengelilingi kota sabang sampai di tugu 'titik nol' menyelusuri pantainya yg indah, diving melihat pemandangan laut, kereen banget, I love Indonesia

    BalasHapus
  14. yang ingin berlibur ke Pulau Weh.... add aja akun FB; Ayo Ke Pulau Weh
    bisa chating ama adminnya ttg segala hal mengenai pulau paling barat indonesia itu.

    BalasHapus
  15. yang ingin berlibur ke Pulau Weh.... add aja akun FB; Ayo Ke Pulau Weh
    bisa chating ama adminnya ttg segala hal mengenai pulau paling barat indonesia itu.

    BalasHapus
  16. salah satu kesan paling assik berlibur di pulau weh adalah memancing......
    jigging..., trolling ataupun apapun gaya memancing anda pasti dapet....pemula ataupun profesional pasti dapet ikannya....Pulau Weh surganya para pemancing...

    BalasHapus
  17. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

    BalasHapus