Pulau Weh, Sabang - Pusat Wisata Bahari Andalan Aceh

Sabang adalah kota kecil yang terletak di pulau Weh, pulau di ujung paling barat Indonesia. Jaraknya sekitar 14 mil atau 22,5 Km dari Banda Aceh yang dapat ditempuh kurang lebih selama 2 jam dengan kapal Fery, dan 45 menit dengan kapal cepat. Kota Sabang merupakan andalan wisata Aceh, untuk kategori wisata bahari. Keindahan taman lautnya sangat terkenal, tidak kalah dengan taman laut Bunaken, di sulawesi utara. Tak salah jika pemerintah, melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, menetapkan Sabang (pulau Weh) sebagai destinasi wisata nasional.

Taman-Wisata-Alam-Laut-Pulau-Weh-Sabang

Pulau Weh

Keindahan pantai dan taman lautnya yang masih alami begitu mempesona, menjadi magnet dan surga bagi wisatawan asing maupun domestik yang hobi menyelam (diving). Menurut teman saya yang asli orang Sabang, setidaknya ada 26 titik potensial tujuan wisata yang bisa dikunjungi di kota Sabang. Namun yang paling populer adalah Pantai Gapang, Pantai Rubiah, dan Pantai Iboih, yang terkenal dengan keindahan Garden Under Water-nya.

sabang-terumbu-karang-rubiah

Hewan laut seperti pari manta, hiu, paus, lumba-lumba, penyu dan hewan-hewan laut cantik lainnya, dengan mudah bisa ditemui di sekitar perairan kota sabang. Penyelam berpengalaman dan instruktur selam siap memandu para wisatawan menikmati keindahan taman-taman laut yang ada di sana. Menurut orang-orang yang pernah ke Sabang, untuk sekali menyelam kita harus merogoh kocek kurang lebih 300rb rupiah. Tapi kalau cuma pengen snorkeling aja, cukup bayar biaya sewa alat snorkeling sebesar kurang lebih 45rb rupiah.

Akomodasi seperti penginapan, cafe dan restoran sudah tersedia, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Taman Wisata Culiner di Gampong Kuta Barat, lokasi terbaik bagi yang ingin mencici kuliner Aceh, khusus kuliner khas kota sabang. Terus yang hobi mancing, perairan laut di sekitar pulau Rondo, adalah lokasi yang tepat.

 Peta Sabang 2

Di ujung pulau Weh, terdapat sebuah monumen atau tugu, yaitu Tugu Kilometer Nol. Tugu ini merupakan titik awal perhitungan luas wilayah Indonesia dari Sabang sampai Meuroke. Jarak dari pusat kota sabang, kurang lebih 15 km, dengan perjalanan darat. Dalam perjalanan menuju ke Tugu Kilometer Nol, kita akan melewati Pantai Gapang, pantai Iboih dan pantai atau pulau Rubiah.

Di pulau Weh, juga terdapat gunung berapi. Menurut sejarah Aceh, pulau Weh, dulunya tersambung dengan daratan pulau sumatra. Namun terpisah akibat letusan gunung berapai pada zaman pleistosen. Di bawah kedalaman 9 meter dekat kota sabang, para wisatawan berani menyelam bisa menyaksikan gunung berapi bawah laut.

Aceh sebenarnya memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tapi sepertinya kurang promosi, sehingga belum banyak orang yang tahu potensi wisata Aceh. Karena itu, mulai tahun 2011 pemerintah daerah propinsi Naggroe Aceh Darussalam, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, mencanangkan Visit Banda Aceh 2011, untuk memperkenalkan Aceh Tourism ke level Nasional dan Internasional.

IT’S TIME TO VISIT BANDA ACEH!

Sumber gambar:

http://indonesia.travel | http://triptourism.com | http://piyoh.blogspot.com



KOMENTAR