Mencairkan Kiriman Uang via Western Union di Kantor Pos

Western Union - Money Transfer Tadi siang saya ke Kantor Pos untuk menguangkan/mencairkan kiriman uang yang dikirim melalui Western Union dari USA. Ini adalah pengalaman pertama saya menguangkan kiriman uang via Western Union di Kantor Pos. Sebelum ke Kantor Pos, sebenarnya saya ke BCA dulu, tapi ternyata Bank BCA tidak support pengiriman maupun penerimaan uang via Western Union. Sebelumnya, saya selalu mencairkan kiriman uang via Western Union melalui Bank Danamon, karena kebetulan saya juga punya rekening di Bank tersebut, cuma karena jarak bank-nya lumayan jauh dari tempat tinggal saya, jadi saya coba ke Kantor Pos, yang jaraknya lebih dekat.

Dari pengalaman mencairkan uang yang dikirim melalui Western Union di Kantor Pos, ternyata prosesnya lebih mudah dan lebih cepat, dibanding kalau mencairkannya di bank. Cuma.. enaknya kalau di bank, uang-nya bisa langsung kita masukin ke rekening. Sebenarnya Kantor Pos juga punya program tabungan sih.. tapi saya yakin tidak banyak orang yang nabung di Kantor Pos.

Cara mengambil uang yang dikirim via Western union di Kantor Pos, sangat mudah. Dari pengalaman saya, kita cukup membawa identitas asli (KTP) beserta foto copy-nya satu lembar. Setelah itu kita isi blanko sesuai data yang diminta, seperti: nama dan alamat pengirim/penerima, dan yang paling penting adalah nomor pembayaran atau Payment Number. Setelah semua data yang diminta terisi dengan benar,  maka langkah terakhir adalah membubuhkan tanda-tangan. Dalam hitungan detik, uangnya sudah saya terima. Tapi tergantung besar uangnya juga sih… Kalau duitnya puluhan juta, mungkin akan lebih lama, karena pasti butuh waktu untuk menghitung duit-nya. Kalau saya sih cuma dalam hitungan detik, duitnya sudah jatuh ke tangan saya. Maklum lah… duitnya cuma dikit. :D

Walaupun prosesnya lebih mudah dan lebih cepat di Kantor Pos, tapi ujung-ujungnya saya harus ke bank juga. Soalnya kalau nggak buru-buru ditabung, tanpa terasa duit itu bisa menguap dengan cepat, jika disimpan di dompet. :)



KOMENTAR