Mencairkan Kiriman Uang via Western Union di Kantor Pos

Western Union - Money Transfer Tadi siang saya ke Kantor Pos untuk menguangkan/mencairkan kiriman uang yang dikirim melalui Western Union dari USA. Ini adalah pengalaman pertama saya menguangkan kiriman uang via Western Union di Kantor Pos. Sebelum ke Kantor Pos, sebenarnya saya ke BCA dulu, tapi ternyata Bank BCA tidak support pengiriman maupun penerimaan uang via Western Union. Sebelumnya, saya selalu mencairkan kiriman uang via Western Union melalui Bank Danamon, karena kebetulan saya juga punya rekening di Bank tersebut, cuma karena jarak bank-nya lumayan jauh dari tempat tinggal saya, jadi saya coba ke Kantor Pos, yang jaraknya lebih dekat.

Dari pengalaman mencairkan uang yang dikirim melalui Western Union di Kantor Pos, ternyata prosesnya lebih mudah dan lebih cepat, dibanding kalau mencairkannya di bank. Cuma.. enaknya kalau di bank, uang-nya bisa langsung kita masukin ke rekening. Sebenarnya Kantor Pos juga punya program tabungan sih.. tapi saya yakin tidak banyak orang yang nabung di Kantor Pos.

Cara mengambil uang yang dikirim via Western union di Kantor Pos, sangat mudah. Dari pengalaman saya, kita cukup membawa identitas asli (KTP) beserta foto copy-nya satu lembar. Setelah itu kita isi blanko sesuai data yang diminta, seperti: nama dan alamat pengirim/penerima, dan yang paling penting adalah nomor pembayaran atau Payment Number. Setelah semua data yang diminta terisi dengan benar,  maka langkah terakhir adalah membubuhkan tanda-tangan. Dalam hitungan detik, uangnya sudah saya terima. Tapi tergantung besar uangnya juga sih… Kalau duitnya puluhan juta, mungkin akan lebih lama, karena pasti butuh waktu untuk menghitung duit-nya. Kalau saya sih cuma dalam hitungan detik, duitnya sudah jatuh ke tangan saya. Maklum lah… duitnya cuma dikit. :D

Walaupun prosesnya lebih mudah dan lebih cepat di Kantor Pos, tapi ujung-ujungnya saya harus ke bank juga. Soalnya kalau nggak buru-buru ditabung, tanpa terasa duit itu bisa menguap dengan cepat, jika disimpan di dompet. :)



KOMENTAR

25 komentar:

  1. Mksh infonya sob,Mksh infonya sob,

    BalasHapus
  2. ternyata proses mencairkan uangnya tidak susah juga ya

    BalasHapus
  3. sip sip sip,,,,
    lebih mudah sekarang ya,,,

    BalasHapus
  4. hasil dari adsense kah? senangnya sudah gajian :)

    BalasHapus
  5. ada berapa ribu dollar om yang dicairkan? ihi.kayaknya penghasilan dari adsense nih...

    BalasHapus
  6. wiiiiiiiiih
    bang ferdy gila udah berapa lama y w kgk kontak u lagi
    tiba2 udah dapet penghasilan z dr mbah google

    selamat y bang

    btw masih inget ga ama w bang?
    yg punya meizoel.com itu loh bang

    BalasHapus
  7. ternyata mencairkan uang via western union mudah juga

    BalasHapus
  8. seiring kemajuan jaman kiriman uang pun jadi lebih mudah
    alhamdulillah

    BalasHapus
  9. Ijin CoPas tulisannya kesini http://kirimuang.com tuerimakuasih.

    Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, asal sumbernya dicantumkan.

      Hapus
  10. terima kasih ka info ini sangatlah membantu......

    BalasHapus
  11. Kebetulan saya sudah beberapa kali ambil kiriman uang melalui Western Union di kantor pos dekat kampus saya (UNNES), dan yang dibutuhkan pada saat itu memang hanya fotokopi KTP dan isi formulir pengambilan. Namun bulan Januari 2012 kemarin, ketika saya akan ambil uang lagi pakai Western Union, petugasnya menyuruh saya untuk buka rekening Bank BTN dulu supaya dapat ambil uangnya. Ada apa gerangan ini, kok tiba-tiba caranya berubah. Sampai saat ini saya belum buka rekening di bank tersebut, karena terlalu merepotkan. Bukankah salah satu keunggulan Western Union adalah tidak memerlukan rekening bank untuk bertransaksi? Adakah yang memiliki pengalaman seperti saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, mungkin petugas kantor post-nya aja kali tuh.. yang kerjasama sama bank BTN buat nyari nasabah. Februari kemarin saya juga nyairin uang lagi via Western Union di kantor pos, tapi nggak disuruh buka rekening bank BTN.

      Hapus
    2. cairin di western union yang lain aja

      Hapus
  12. ini dia info yang aku cari, terima kasih mas atas infonya, soalnya aku mau ambil uang kiriman dari malaysia

    BalasHapus
  13. bagaimana cara mengirim uang dari uk (inggris) dengan dana sebesar 500.000 pounds ke indonesia ( kota bitung sulawesi utara )... mohon petunjuknya..

    BalasHapus
  14. wah info bermanfaat banget gan, ane juga mo pertama kali nyairin dri wu

    BalasHapus
  15. kalo uang dari transfer WUnya dikit sih via Indomart atau pegadaian juga bisa mas, klo indomart lebih banyak dan ada dimana-mana :D

    klo di bank, harus muter-muter dulu cari bank yang ada logo WUnya yang warna kuning-kuning ...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat pegadaian juga bisa, to? Hmm.. baru tahu, saya. Tapi nggak semua pegadaian, khan?

      Hapus
  16. gan mau nanya nih. kalo ada org yg ngirim uang lewat WU, dia itu ngirim uangnya kemana?apakah ke rekening bank atau kemana gitu?krn kalo perlu rekening bank berarti ane gak bisa ngambil dong krn belom buka rekening. thanks gan (ˆ⌣ˆ)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak salah uangnya itu dikirim ke rekeningnya Western Unition. Nah, uang kiriman tersebut bisa diambil di instansi mana saja yg sudah yang sudah bekerjasama dgn WU, seperti: kantor pos, bank, dan indomaret.

      Misalnya pengambilan atau pencairan duitnya dilakukan di kantor post, maka duit di rekening WU tersebut akan dikirim ke rekening kantor post.

      Kurang lebih seperti itu lah proses pengiriman uang via Western union yg saya ketahui.

      Untuk mengambil atau mencairkan uang yg dikirim lewat WU, gak perlu buka rekening. Ambil cash aja kalau memang gak punya rekening di bank tempat agan mencairkan kiriman duit tersebut.

      Hapus
  17. Untuk biaya pencairan uang dari western union tersebut kira2 lebih murah mana mas antara lewat kantor pos dengan bank ?
    nice share

    BalasHapus
  18. Prosedur kantor pos sekarang sudah berubah ya mas? Soalnya selama saya membaca persyaratan penerimaan uang WU lewat kantor pos, tidak pernah sekalipun saya baca tempat pencairan uang [sebut saja; kota] harus sesuai dengan KTP penerima. Di website WU pun tidak menyebutkan demikian. Saya baru saja ke kantor pos, namun petugasnya menolak melayani dikarenakan saya tidak memenuhi persyaratan yg diajukan pihak WU [kata petugasnya ada peraturan WU terbaru per tahun 2013 sekitar bulan Desember]. Kata petugasnya, kalau KTP tidak sesuai kota tempat saya mencairkan uang, saya diharuskan membawa satu lagi identitas pendamping KTP (entah itu passport atau SIM). Saya SIM aja tidak punya karena memang tidak mengemudi, apalagi passport. Sebelum ke kantor pos pun saya sudah ke Indomaret berlogo WU, namun seperti pengalaman temen2 yg saya baca di blog, kendala yg dialami mencairkan dana di Indomaret sangat persis seperti yg saya alami, akhirnya saya menyerah pada 3 indomaret. Ketika saya ceritakan kepada petugas kantor pos, Indomaret memang tidak seketat peraturan kantor pos, alasan-alasan yg dibuat Indomaret demikian memang sebetulnya adalah karena ada kemungkinan pihak WU telah mencabut izin di Indomaret karena tidak memenuhi persyaratan [seperti yg dilakukan pihak kantor pos]. Saya sendiri tidak mencoba ke bank karena saya yakin persyaratan mereka jauh lebih rumit daripada kantor pos apalagi Indomaret. Ngomong2, apakah benar peraturan kantor pos sekarang demikian? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya satu lagi, dan bagaimana seandainya uang yg sudah dikirim namun diajukan permintaan perubahan identitas penerima? Apakah ada layanan seperti itu di WU? atau paling tidak dibatalkan karena uang memang benar2 belum diterima pihak penerima. Tks

      Hapus