Tips Mencari Tiket Pesawat Murah (Promo)

Tiket Pesawat Murah Tiket pesawat murah atau yang biasa disebut tiket pesawat promo menjadi incaran banyak orang yang ingin bepergian dengan pesawat terbang. Namun biasanya tiket promo ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas, sementara peminatnya banyak banget. Tak heran jika tiketnya cepat habis, karena menjadi rebutan. Bahkan jauh sebelum hari keberangkatan, tiket murah atau tiket promo ini sudah habis dibooking para calon penumpang. Memesan jauh sebelum hari keberangkatan memang salah satu tips untuk bisa kebagian tiket pesawat murah (promo) ini.

Tapi perlu diketahui, tiket pesawat promo tidak dapat dipindah tangankan dan tidak bisa pindah tanggal dan jam kebarangkatan. Jadi, pemegang tiket promo harus berangkat sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat yang tertera ditiket yang telah dibeli (kecuali pesawatnya delay). Kalau tidak, maka uang kita akan hangus. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat promo, sebaiknya pastikan (fixed) dulu tanggal dan jam keberangkatan Anda.

Biasanya akan sulit untuk mendapatkan tiket pesawat murah pada akhir pekan dan hari senin, karena di hari-hari tersebut banyak orang yang melakukan perjalanan. Apalagi kalau pas hari-hari libur, seperti: libur lebaran, libur natal, dan libur-libur nasional lainnya. Jadi kalau Anda menginginkan tiket pesawat murah, maka jangan jadwalkan perjalanan Anda pada hari-hari (waktu) tersebut. Kecuali kalau memang urusannya mendesak, ya apa boleh buat, terpaksa Anda harus relah merogoh kocek lebih dalam untuk membeli tiket pesawat yang harganya lebih mahal.

Dimana mencari tiket pesawat murah/promo? Anda bisa kunjungi agent-agent penjualan tiket pesawat terdekat di kota Anda, dan tanyakan, apa masih ada tiket promo ke daerah yang akan Anda tuju. Karena setiap maskapai memberikan harga promo yang berbeda-beda, jadi tanyakan juga maskapai apa yang tiket promo-nya paling murah. Tapi kalau jarak tempat tinggal Anda tidak terlalu jauh dari bandara, sebaiknya Anda datang langsung ke bandara. Masalahnya kalau kita beli tiket di agent (apalagi agent yg tidak resmi), tentu harganya akan lebih mahal. Kalau gak salah, agent biasanya mengambil untung antara 30 s/d 50 ribu.

Selain melalui Agent dan datang langsung ke bandara, kita juga bisa berburu tiket pesawat murah atau tiket pesawat promo melalui internet. Caranya? Ya kita kunjungi situs maskapai pesawat yang ada, terutama yang memiliki rute ke kota yang akan kita tuju. Cara ini yang paling sering saya lakukan. Kebetulan saya sering banget dimintai tolong saudara/keluarga dan teman untuk mencarikan tiket pesawat promo. Sayangnya untuk membeli tiket pesawat secara online, kebanyakan masih menggunakan kartu kredit, sedangkan saya gak punya kartu kredit. :) Dan kalau gak salah, jika kita beli pake kartu kredit, tiketnya hanya berlaku untuk pemegang kartu kredit tersebut. Jadi kita tidak bisa beli tiket pesawat secara online buat orang lain, pake kartu kredit kita.

Seminggu yang lalu, saat mencari tiket pesawat murah untuk adik saya yang hendak pulang kampung dari Balikpapan ke Makassar, saya menemukan sebuah situs yang mampu mencari dan menampilkan tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Dengan situs ini, kita tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi satu per satu situs maskapai penerbangan untuk mencari tiket promo. Cukup dengan membuka satu situs saja, kita sudah bisa mengetahui dan membandingkan harga tiket promo dari setiap maskapai. Dan kalau kita setuju untuk membeli tiket promo tersebut, kita bisa langsung beli pada situs ini. Pembayarannya tidak lagi pake kartu kredit, tapi dengan sistem transfer antar rekening bank (bisa melalui ATM). Tapi karena situs ini merupakan agent tiket pesawat online, jadi mereka mengambil untung (biaya pemesanan) sekitar 30 s/d 50 ribu/tiket. Alamat situsnya tiket2.com

Tiket Pesawat Promo
Tiket Pesawat Promo (screenshot diambil 12 july 2011)

Karena tempat tinggal saya tidak jauh dari bandara (tidak sampai 10 menit perjalanan) maka situs pencari tiket pesawat promo ini, saya manfaatkan hanya untuk mencari tiket murah saja. Setelah tahu maskapai mana yang tiket promo-nya paling murah, saya langsung meluncur ke bandara, dan beli langsung di maskapainya. Lumayan bisa hemat 30 s/d 50 ribu/tiket. :D Tapi kalau tempat tinggal Anda jauh dari bandara, maka agent tiket pesawat online ini, bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda membeli tiket.

Ada yang punya tips atau pengalaman lain dalam mencari tiket pesawat murah (promo)?

UPDATE

Sekarang, hampir semua maskapai penerbangan sudah mendukung pembayaran lewat ATM. Jadi bagi yang gak punya kartu kredit, udah nggak perlu lagi beli tiket lewat agen atau jauh-jauh ke bandara untuk beli tiket pesawat. Tinggal buka aja situs maskapai-nya, booking tiketnya lalu bayar tiketnya melalaui ATM.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan baca postingan terbaru saya, Cara Booking dan Bayar Tiket Pesawat Lewat ATM




KOMENTAR

53 komentar:

  1. Tips mencari tiket pesawat murahnya sangat membantu mas. Thanks!

    BalasHapus
  2. Wah tips menarik nih siapa tahu kapan2 mau beli dah tahu infonya hehehe... ::)

    BalasHapus
  3. wowW..
    mantab jaya boosss..
    lanjutkan..

    BalasHapus
  4. Makasih infonya kawan,, kapan2 saya coba pesan tiket online ah,,,

    BalasHapus
  5. tips yang menarik nih sob, langsung meluncur lihat2, salam

    BalasHapus
  6. @For All
    Makasih atas kunjuungan dan apresiasi kalian semua. Semoga tips mencari tiket pesawat murah/promo ini bisa bermanfaat juga bagi yg lain. :)

    BalasHapus
  7. wah boleh juga dapat tiket promo nih.

    BalasHapus
  8. Saya lagi nyari2 tiket pesawat murah (promo) untuk mudik lebaran, tapi sepertinya udah gak ada lagi. Yg ada tinggal yg mahal2. :(

    BalasHapus
  9. thank for your information

    BalasHapus
  10. great info....hatur nuhun sanget, yak!

    BalasHapus
  11. bagus sekali post nya, semoga aku juga bisa memanfaatkan.

    BalasHapus
  12. makasih tips yang diberikan mas.sangat membantu kami.

    BalasHapus
  13. thank for infonya gan
    cocok banget nih kalo bwt lebaran,,hahahaha

    BalasHapus
  14. trima kasih mas atas infonya. bisa membantu nich

    BalasHapus
  15. kurre sumang te info na pangwa..Puang umpassakei komi....

    BalasHapus
  16. top markotop!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  17. kalo aku sih seringnya pesan tiket di facebooknya agen evan.soalnya pasti ditawarin harga termurah yg update n cara pembayarannya simple bgt.lagian juga aku gk ada kartu kredit buat reservasi online.kalo mau pake kartu kreditnya mbakku,takut kena kasus gagal reservasi.kartunya sudah terdebet tapi proses bookingnya gagal.soalnya banyak kasus kayak gitu kalo web lagi ramai kunjungan pas promo.

    BalasHapus
  18. wah makasssih makasssih infonnya

    BalasHapus
  19. mantaps tipsnya, kpn2 beli tiket ama ane blh jg tuh hehehehe

    BalasHapus
  20. trim"s very much abang.tipsnya mmbantu banget,,,,,,

    BalasHapus
  21. mas, cara cari tiket promo lgs masuk k goole ya??? makasih

    BalasHapus
  22. @Hani
    Langsung masuk ke sini aja. http://www.tiket2.com/indonesia/tiket-pesawat-promo.html

    BalasHapus
  23. Saya sudah beli tiket pesawat, tapi gak jadi saya pakai. Bisa gak tiket itu di jual? Kalo bisa dijual dimana ya?

    BalasHapus
  24. @Anonim
    Wah, kayaknya tiket pesawat yg sudah dibeli, nggak bisa dijual ke orang lain. Soalnya nama di tiket harus sesuai dengan KTP.

    BalasHapus
  25. website yang direkomendasikan menjual tiket dengan harga lebih mahal dari website resmi maskapai. Ada uang bagasi, dan biaya pemesanan?? itu apaan ya?
    Mendingan langsung ke website resmi maskapai, langsung pesen disitu, lebih murah, lebih pasti.

    BalasHapus
  26. waduuuuhhh....mantap banget infonya.....suwun yoooo

    BalasHapus
  27. info yg sangat membantu, thanks yaaaaaa.......

    BalasHapus
  28. bermanfaat sekali informasinya. Apalagi bagi yang kampung halamannya nan jauh di mata yang hanya bisa dijangkau pesawat. thanks.

    BalasHapus
  29. kalau website tiket online yang paling aman dan terpercaya apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling aman ya website/situs maskapai itu sendiri. :)

      Hapus
  30. klo cari tiket promo keluar negri dmn y?

    BalasHapus
  31. Kalau pesan tiket lebih murah di travel agent, kalau diwebsite maskapai nya harga bisa lebih mahal karena ada pajak dan biaya admin, sebagai contoh tiket sriwijaya harga tertera di jadwal 630.000, tapi setelah di klik next/selanjutnya harga menjadi 645.000 karena ada biaya asuransi wajib dan biaya admin. untun info tiket pesawat promo, bisa cek di http://tiketpromo.maheswaritravel.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak sih.. harga di agent lebih murah dari harga yg terteta di website maskapai-nya langsung? Apa tidak terbalik tuh?? :D

      Hapus
  32. ngga lah mas, harga yang tertera di maskapai resminya itulah harga aslinya, mau ngga mau anda dan saya sebagai penjual tiket online harus mengambil margin laba dari situ, perlu diketahui biaya admin dan VAT itu wajib dibayar, kalo asuransi itu sunnah, keuntungan kita sebagai agen tiket adalah pembeli ngga harus punya kartu kredit, karena mereka bisa bayar melalui perantara kita, buat temen2 kalo pengen tau tiket dari agen travel itu murah apa ngga ya tingga cek di maskapai resmi trus liat selisihnya, nilai selisih itu yang menjadi margin laba kita. hub 0856 495 96330, anda bisa cek sendiri murahnya

    BalasHapus
  33. sipsip..good info

    BalasHapus
  34. hmmm... tahu gini aku bisa lebih ngirit. Thank BANGET infonya.

    BalasHapus
  35. makasih mas brow.... atas tips nya. smga bermanfaat bagi smuanya.

    slm hormat dari saya....

    BalasHapus
  36. saaaaaaaaaaangat membantu makasi mas
    lagi nyari tiket murah untuk mudik satu keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip! semoga dapat tiket murah dan acara mudiknya lancar. :)

      Hapus
  37. Makasiiih infonya Om,,

    Cek Tekapeee dulu ^_^

    BalasHapus
  38. baru tau ada yang beginian kapan-kapan boleh nih dicoba

    BalasHapus
  39. trims mas mantabbb infonya

    BalasHapus
  40. coba kunjungi www.tiketditangan.com Kalau gak mau repot pesen tiket pesawat bisa via sms/telpon. saya biasa beli tiket disini tanpa harus keluar rumah,soal harga dijamin lebih murah dari harga di website resmi maskapai karena ini agen resmi yang katanya udah dapet special price gitu. terbukti pas saya cek ke website maskapai dengan flight/pesawat yg sama masih lebih murah,gampang lagi.

    BalasHapus
  41. ijin meluncur ke TKP.. pas bgt nh saya mo nyari buat akhir tahun.. hehhe

    BalasHapus
  42. makasih infonya, pas banget buat yang hobi backpackeran

    BalasHapus
  43. Nice info...sangat bermanfaat. Ditunggu informasi dan tips selanjutnya. Salam. Junianto di Jogja

    BalasHapus