Tips Mencari Tiket Pesawat Murah (Promo)

Tiket Pesawat Murah Tiket pesawat murah atau yang biasa disebut tiket pesawat promo menjadi incaran banyak orang yang ingin bepergian dengan pesawat terbang. Namun biasanya tiket promo ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas, sementara peminatnya banyak banget. Tak heran jika tiketnya cepat habis, karena menjadi rebutan. Bahkan jauh sebelum hari keberangkatan, tiket murah atau tiket promo ini sudah habis dibooking para calon penumpang. Memesan jauh sebelum hari keberangkatan memang salah satu tips untuk bisa kebagian tiket pesawat murah (promo) ini.

Tapi perlu diketahui, tiket pesawat promo tidak dapat dipindah tangankan dan tidak bisa pindah tanggal dan jam kebarangkatan. Jadi, pemegang tiket promo harus berangkat sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat yang tertera ditiket yang telah dibeli (kecuali pesawatnya delay). Kalau tidak, maka uang kita akan hangus. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat promo, sebaiknya pastikan (fixed) dulu tanggal dan jam keberangkatan Anda.

Biasanya akan sulit untuk mendapatkan tiket pesawat murah pada akhir pekan dan hari senin, karena di hari-hari tersebut banyak orang yang melakukan perjalanan. Apalagi kalau pas hari-hari libur, seperti: libur lebaran, libur natal, dan libur-libur nasional lainnya. Jadi kalau Anda menginginkan tiket pesawat murah, maka jangan jadwalkan perjalanan Anda pada hari-hari (waktu) tersebut. Kecuali kalau memang urusannya mendesak, ya apa boleh buat, terpaksa Anda harus relah merogoh kocek lebih dalam untuk membeli tiket pesawat yang harganya lebih mahal.

Dimana mencari tiket pesawat murah/promo? Anda bisa kunjungi agent-agent penjualan tiket pesawat terdekat di kota Anda, dan tanyakan, apa masih ada tiket promo ke daerah yang akan Anda tuju. Karena setiap maskapai memberikan harga promo yang berbeda-beda, jadi tanyakan juga maskapai apa yang tiket promo-nya paling murah. Tapi kalau jarak tempat tinggal Anda tidak terlalu jauh dari bandara, sebaiknya Anda datang langsung ke bandara. Masalahnya kalau kita beli tiket di agent (apalagi agent yg tidak resmi), tentu harganya akan lebih mahal. Kalau gak salah, agent biasanya mengambil untung antara 30 s/d 50 ribu.

Selain melalui Agent dan datang langsung ke bandara, kita juga bisa berburu tiket pesawat murah atau tiket pesawat promo melalui internet. Caranya? Ya kita kunjungi situs maskapai pesawat yang ada, terutama yang memiliki rute ke kota yang akan kita tuju. Cara ini yang paling sering saya lakukan. Kebetulan saya sering banget dimintai tolong saudara/keluarga dan teman untuk mencarikan tiket pesawat promo. Sayangnya untuk membeli tiket pesawat secara online, kebanyakan masih menggunakan kartu kredit, sedangkan saya gak punya kartu kredit. :) Dan kalau gak salah, jika kita beli pake kartu kredit, tiketnya hanya berlaku untuk pemegang kartu kredit tersebut. Jadi kita tidak bisa beli tiket pesawat secara online buat orang lain, pake kartu kredit kita.

Seminggu yang lalu, saat mencari tiket pesawat murah untuk adik saya yang hendak pulang kampung dari Balikpapan ke Makassar, saya menemukan sebuah situs yang mampu mencari dan menampilkan tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Dengan situs ini, kita tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi satu per satu situs maskapai penerbangan untuk mencari tiket promo. Cukup dengan membuka satu situs saja, kita sudah bisa mengetahui dan membandingkan harga tiket promo dari setiap maskapai. Dan kalau kita setuju untuk membeli tiket promo tersebut, kita bisa langsung beli pada situs ini. Pembayarannya tidak lagi pake kartu kredit, tapi dengan sistem transfer antar rekening bank (bisa melalui ATM). Tapi karena situs ini merupakan agent tiket pesawat online, jadi mereka mengambil untung (biaya pemesanan) sekitar 30 s/d 50 ribu/tiket. Alamat situsnya tiket2.com

Tiket Pesawat Promo
Tiket Pesawat Promo (screenshot diambil 12 july 2011)

Karena tempat tinggal saya tidak jauh dari bandara (tidak sampai 10 menit perjalanan) maka situs pencari tiket pesawat promo ini, saya manfaatkan hanya untuk mencari tiket murah saja. Setelah tahu maskapai mana yang tiket promo-nya paling murah, saya langsung meluncur ke bandara, dan beli langsung di maskapainya. Lumayan bisa hemat 30 s/d 50 ribu/tiket. :D Tapi kalau tempat tinggal Anda jauh dari bandara, maka agent tiket pesawat online ini, bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda membeli tiket.

Ada yang punya tips atau pengalaman lain dalam mencari tiket pesawat murah (promo)?

UPDATE

Sekarang, hampir semua maskapai penerbangan sudah mendukung pembayaran lewat ATM. Jadi bagi yang gak punya kartu kredit, udah nggak perlu lagi beli tiket lewat agen atau jauh-jauh ke bandara untuk beli tiket pesawat. Tinggal buka aja situs maskapai-nya, booking tiketnya lalu bayar tiketnya melalaui ATM.

Untuk informasi lengkapnya, silahkan baca postingan terbaru saya, Cara Booking dan Bayar Tiket Pesawat Lewat ATM




KOMENTAR