Twitter – Cara Mengetahui Teman/Followers Yang Tidak Follow Back (Unfollow)

Twitter adalah jejaring sosial yang unik. Sangat berbeda dengan facebook yang juga merupakan jejaring sosial. Kalau saya bilang, twitter adalah jejaring sosial yang sangat minimalis namun sangat powerfull. Dengan batasan 140 karakter sekali ngetweet, twitter adalah tempat yang paling asik ngobrol serta berbagi informasi ringan dengan teman atau followers kita. Nah, ngomong2 soal follower, di twitter tidak mengenal yang namanya request friend confirm atau menyetujui permintaan pertemanan seperti di facebook. Jadi, kita bisa mem-follow seseorang atau sebaliknya, tanpa orang tersebut harus memfollow balik. Biasanya yang punya follower banyak adalah kaum selebritis atau orang-orang yang sering ngasih info-info bermanfaat.

Namun tak jarang juga yang ingin memperbanyak followers-nya dengan cara melakukan permintaan langsung ke pemilik akun twitter untuk saling follow2an. “Follow Back” atau “Follback” adalah kata yang sering dipake dalam usaha untuk menambah followers di twitter. Hashtag #OpenFollow dan #JFB (JFB=Janji Follow Back) juga sering dipakai untuk menandakan kalau orang tersebut mau diajak untuk follow2an (saling follow). Bahkan ada juga yang langsung menulis di profile twitter-nya ajakan untuk saling saling follow.

Nah, yang sering jadi masalah adalah, kadang banyak juga yang tidak follow balik, padahal udah dimention. Dan yang lebih parah lagi, dia sudah follow back, tapi beberapa hari kemudian dia unfollow kembali. Repotnya, kita susah mengetahui siapa saja yang telah meng-unfollow atau belum mem-follow balik. Kalau following dan follower kita masih puluhan sih gak terlalu masalah, karena masih bisa kita kontrol dengan mudah. Tapi bagaimana kalau following dan follower sudah ratusan bahkan ribuan? tentu akan sangat sulit untuk mengetahui kalau ada teman atau follower yang meng-unfollow, bukan? 

Cara Mengetahui Teman/Followers Yang Tidak Follow Back (Unfollow)

Untuk mengetahui siapa saja teman/follower yang tidak follow back dan yang meng-unfollow, kita bisa gunakan layanan pihak ketiga. Salah satunya seperti yang saat ini saya pakai yaitu Manage Filter.

Manage Flitter
Cara pengunaanya sangat mudah! Kita tinggal buka situs ManageFlitter.com kemudian klik Start, nanti kita akan diminta untuk connect ke twitter dengan login ke Akun twitter. Tapi kalau sebelumnya kita sudah dalam keadaan login di twitter, biasanya secara automaticly setelah kita klik Start, akun twitter kita akan terhubung (connect) dengan Manage Flitter. Kalau berhasil connect maka kita akan menemui halaman seperti di bawah ini.

Twitter Account Management

Di sub menu “Not Following Back”  kita bisa melihat siapa saja orang yang sudah kita follow tapi tidak follow back (follback). Kalau kita mau unfollow orang2 yang not follow back tersebut, caranya gampang banget! Tinggal pilih/centang aja kotak kecil yang ada di samping profile orang-orang tersebut. Kalau sudah, tinggal klik tombol Unfollow. Mudah khan?! :)

Selain bisa mengetahui dengan mudah orang2 yang tidak follow back, kita juga bisa mengetahui siapa saja following/teman kita yang paling aktif ngetweet maupun yang paling jarang ngetweet, bahkan yang sudah tidak pernah ngetweet lagi selama sebulan terakhir. Kalau saya, kalau ada teman yang sudah tidak pernah ngetweet selama setahun (apalagi lebih), langsung saya unfollow.

Ada satu lagi layanan pemberitahu unfollower yang lebih simple, namanya QWITTER. Layanan ini akan memberitahu kita via email setiap ada teman atau followers yang meng-unfollow. Jadi layanan ini hanya khusus pemberi tahu unfollower. Tidak seperti ManageFlitter yang menyediakan banyak feature. 

Qwitter - Unfollower Telling 

Untuk menggunakan layanan QWITTER, kita hanya butuh input email dan nama akun twitter di useqwitter.com, seperti pada gambar di atas. Setelah itu klik tonbol Join Qwitter. Jangan lupa check email yang di daftartarkan tadi, karena Qwitter akan langsung mengirim email konfirmasi. Klik link konfirmasi yang ada di dalam email dari Qwitter.  Selesai! Tinggal tunggu, kalau ada teman/followers yang meng-unfollow maka Qwitter akan mengirim email pemberitahuan.

Tips buat teman2 blogger yang ingin banyak follower, sebaiknya pasang widget twitter di blog kalian. Itu bisa menambah follower kalian secara natural. Apalagi kalau contents blog kalian menarik dan bermanfaat, biasanya orang yang mengunjungi blog kita akan dengan sukarela memfollow twitter kita tanpa meminta follow back. Dan untuk semua pengguna twitter, bertwitter juga punya etika. So, tetap jaga Etika dalam ber-twitter! Satu lagi yang paling penting, follow twitter saya @feriyunus  yaa…!!  :))

Ada pertanyaan? Silahkan tanya pada orang terdekat Anda.  :D *kidding* Maksud saya tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar. :)



KOMENTAR

54 komentar:

  1. Penting banget ne gan . .buat pencari follower :Wwwkwk

    BalasHapus
  2. saya sudah coba yg qwitter.. tp masih sedikit bingung

    BalasHapus
  3. baru tau mas, ntar ku coba dulu dah. @andre_etrox , nitip promosi ya hahaha...

    BalasHapus
  4. kalau saya pake unfollowed.me brow,, lebih simpel menurut saya sih

    BalasHapus
  5. Sepertinya gua harus ke twitter dan mengeceknya..makasih sob..

    BalasHapus
  6. saya jarang aktif main di twitter lebih sering ke FB

    BalasHapus
  7. pengen masuk ke twitter lagi tapi sayang nggak sempat

    BalasHapus
  8. oke om ane follow ente kalo ente ga follback ane unfollow lagi loooo hahahahahahah...

    BalasHapus
  9. Terimakasih banyak,,

    aku mo cobain qwitter dulu :) :)

    BalasHapus
  10. ternyata nggak susah mengetahui teman twitter yang tidak follow back

    BalasHapus
  11. makasih banyaknya atas infonya,,
    beguna banget ni bwt saya yang baru menggunakan twitter

    BalasHapus
  12. Makasih nih infonya,,
    beemanfaat bgt nih bg saya...

    BalasHapus
  13. thanknya atas infonya,
    berguna banget bwt saya yang baru bikin twitter,

    folloy saya ya di acep_suwandi

    BalasHapus
  14. terimakasih ya atas informasinya ...
    salam kenal semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  15. kklo twitter bisa chatingan gg sih mas?kalo cara chating di twitter gmna mas?

    BalasHapus
  16. dicoba dulu,Kayanya banyak yang elum follow balik nih

    BalasHapus
  17. Info yang berguna langsung dicoba

    BalasHapus
  18. terima kasih. visit: http://storegadget.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. Agan-agan follow saya yaaw ;) Yang follow nanti saya follow back .okesip :) @melisaagnes

    BalasHapus
  20. thanks banget gan info bergunanya :D

    BalasHapus
  21. iseng2 tanya mbah gugel ttg cara mengetahui sp yg unfoll ee... nemu blog nya sodara sendiri. tongkonanku... nuwun nggih

    BalasHapus
  22. wah sangat bermanfaat bagi aku,terimakasih by www.jurnaldunia.com

    BalasHapus
  23. aku dah coba keren!!,thx yaa

    **~Cucus dulu~**
    Wow aku g nyangka Selena Gomez follow aku?.Padalah aku g terlalu suka sm kak Selena.Hmm tp kak Justinnya pelit g Follback!,q unfollow aja kali ya?

    BalasHapus
  24. ijin coba ya mas brow, matur suwun

    BalasHapus
  25. FOLLME @febristar
    (tenang aja... AUTO follback kok :D)

    BalasHapus
  26. infonya oke gan sangta bermanfaat gan
    follow back ya gan

    BalasHapus
  27. infonya membantu sekali karna saya browsing di hape jadi tidak perlu ke warnet untuk menggunakan tweepi :D follow saya @dhex_149 pasti difollback :)

    BalasHapus
  28. follow me @AnitaaFitriani :) mention for follback

    BalasHapus
  29. kak. twit gue ko kta tman tman gue ga bisa d follow ya? apa karna email gue yg blm d konfirmasi? tlong ya kak solusinya

    BalasHapus
  30. sudah di coba :d nice article (y)
    @ratihkumalaa mention If I haven't followed you back !!!

    BalasHapus
  31. Follow Saya @OFCAnisaChristy

    BalasHapus
  32. di foolow sob ..
    @ilham_tawakal (ilham tawakal)

    BalasHapus
  33. di follow ya @fifitervita ..;)

    BalasHapus
  34. Makasih Info nya gan, follow blog ama twit ane gan
    tipsandtrick-chipunk.blogspot.com
    @chipunk_alesana

    BalasHapus
  35. thanks, infonya bermanfaat :)

    BalasHapus
  36. Makasi bgt ya infonya membantu bgt:)

    BalasHapus
  37. kurre sumanga' buda panggawa. apana tae' di issanni paningoi tu twitter, ma' facebook manna ku tandai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peladai sangmane.. twitter lebih marawa daripada facebook. (yg nggak ngerti bahasanya, tanya sama teman Anda orang Toraja) :)

      Hapus
  38. gan akun qu kalo di follback to ktanya di tolak truz kalo mention org gag masuk to kenapa ya gan

    BalasHapus
  39. thanks sangat membantu!!!!!!!!!1

    BalasHapus
  40. makasih sharenya sobat.. :)

    BalasHapus