Blackberry vs Android - Kelebihan dan Kekurangan-nya

Blackberry dan Android adalah dua platform mobilephone yang bersaing ketat di pasar smartphone, saat ini. iPhone-nya Apple, gimana? Untuk pasar smartphone di Indonesia, iPhone kurang bisa bersaing. Bukan karena kualitas iPhone jelek (justru sebaliknya), tapi karena harga-nya yang menurut saya kurang bersahabat dengan kantong kebanyakan orang Indonesia. Harga paling murahnya saja di atas 5 juta rupiah. Sedangkan blackberry dan ponsel Android, walaupun ada juga yang harganya di atas 5 juta, tapi  yang di bawa 5 juta rupiah lebih banyak, bahkan ada yang di bawah 2 juta rupiah, seperti samsung galaxy young dan blackberry curve 9220.

Pada postingan kali ini saya tidak akan memaparkan kekurangan serta kelebihan blackberry dan ponsel android. Kenapa? karena saya belum pernah menggunakan keduanya. Kalau pinjam punya teman, iya, pernah! :D  Saya masih pake handphone sejuta umat, yang  ber-OS Symbian, itu loh..! :D Sempat kepikiran untuk mengupgrate-nya ke Nokia N8 dan Nokia E7, karena tergoda dengan kameranya yang beresolusi 12MP. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, sekalian blackberry atau android aja, ah! Bosen dengan brand itu2 terus. Pengen nyobain sesuatu yang baru. Lagi pula untuk pasar smartphone, nokia sudah kalah telak! (update: sekarang nokia punya senjata baru, yaitu: Nokia Lumia

Android vs blackberry - Kelebihan dan kekurangannya
Android vs Blackberry

Nah, masalahnya sekarang, saya bingung memilih antara blackberry dan android. Karena itu, saya ingin minta saran dari teman-teman semua, khususnya yang pernah menggunakan blackberry dan android, kira-kira menurut pengalaman kalian, apa kekurangan serta kelebihan dari blackberry dan android?

Kalau menurut salah seorang teman, katanya blackberry koneksi internet-nya bagus (stabil) serta hemat bandwidth. Sedangkan android, kebalikannya. Tapi android, selain pilihan ponsel-nya sangat beragam, fitur dan aplikasi pendukungnya juga lebih banyak. Itu kata teman saya sih… Makanya untuk lebih memastikan, saya butuh pendapat lain, khususnya dari orang-orang yang pernah menggunakan blackbery dan android. Eh, ada juga loh.. teman saya yang bilang kalau blackberry bagus buat selingkuh. :D  

Tolong dibantu yaa.. dibantu yaa…!! prok prok prok! :D  *Pak Tarno mode on*

UPDATE

Setelah menimbang, mengukur, menggali, dan menanam ( lhoo.. apaan tuh? :D ) Saya ulangi! Setelah menbaca dan mendengar dari berbagai sumber termasuk dari komentar-komentar di postingan ini, serta sempat juga mencoba sendiri (walaupun pinjaman) maka dengan ini saya nyatakan, saya pilih Ponsel ANDROID!

Thank you buat teman-teman yang telah sudih memberikan masukan dan pendapat-nya seputar android vs blackberry.  Sekarang saya sudah mantap memilih Android sebagai OS (Operating sistem) dari Gadget yang akan saya beli. Pengennya sih Samsung Galaxy S II, tapi masih bingung karena kabarnya Samsung Galaxy Note sebentar lagi akan diluncurkan (kemungkinan satu atau bulan ke depan). Sempat juga sih.. kepikiran Samsung Galaxy Mini, tapi saya pikir-pikir, ah tanggung! Sekalian aja beli kakak-nya yang spesifikasi-nya lebih tinggi. Mahal sedikit gak apa2.. yang penting puas! Iya, nggak? :-)



KOMENTAR