Harga iPhone 4S - iPhone versi Harga Murah

Pada postingan sebelumnya – Blackberry vs Android – saya sempat mengatakan kalau iPhone kurang bersahabat dengan kantong kebanyakan orang Indonesia. Yup, iPhone selama ini memang terkenal sebagai ponsel mahal. Harga termurahnya tidak ada yang di bawah 5 juta rupiah. Kecuali iPhone bekas (2nd), mungkin ada. Smartphone besutan Apple ini, memang keren! jadi wajar kalau mahal. Seperti kata pepatah, “harga mengikuti kualitas”. Siapa yang meragukan kualitas produk-produk Apple? Saya yakin semua sepakat mengakui kalau iPhone adalah smartphone premium terbaik saat ini.

Image mahal yang melekat pada produk-produk Apple, khususnya iPhone, sepertinya tidak lama lagi akan luntur. Kenapa? Karena Apple rencananya akan mengeluarkan iPhone versi murah. Dari kabar yang beredar di berbagia media  iPhone harga murah ini akan diberi nama iPhone 4S dan akan dibanderol dengan harga dikisaran 200 dollar. “S” nya itu mengingatkan saya pada Samsung Galaxy  S, yang merupakan pesaing dekat iPhone, saat ini. Kabarnya lagi nih.. iPhone 4S akan dilaunching bersamaan dengan iPhone 5.

iPhone 4 iPhone 4 (bukan iPhone 4S)

Menurut yang saya baca di salah satu situs berita online, bakal dirilisnya iPhone 4S (iPhone harga murah) ini merupakan upaya Apple masuk ke segmen pasar smartphone menengah ke bawah, yang saat ini dikuasai oleh, Nokia, Blackberry, dan ponsel2 ber-OS Android. Tak terkalahkan di segmen pasar high-end, Iphone sepertinya juga ingin menguasai segmen pasar low-end. Wah, Nokia, Blackberry, dan Ponsel Android, mesti waspada nih..!  :)

Menurut Anda, bisakah Apple dengan iPhone murah-nya (iPhone 4S) menggoyangkan dominasi nokia, blackberry, dan Android, di segmen pasar smartphone low-end?

UPDATE (6 Oktober 2011)

Akhirnya iPhone 4S secara resmi dilaunching pada hari selasa (4/10/2011) di California, AS. Secara fisik iPhone 4S sama saja dengan iPhone 4, tidak ada perubahan ukuran, baik layar maupun ketebalan-nya. Perurubahan yang terjadi hanya pada penambahan sejumlah aplikasi baru dan peningkatan kecepatan prosesor serta kartu grafis (dual core A5) . Kameranya juga mengalalami peningkatan, dari 5MP menjadi 8MP. iPhone 4S menggunakan iOS versi terbaru, yaitu iOS 5 yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru.

“Voice Recognition” adalah salah satu fitur baru unggulan iPhone 4S yang diberi nama “Siri”. Dengan fitur ini, pengguna dapat memainkan musik, mengakses navigasi GPS, pencarian kontak, dan lain-lain, melalui suara. Kabarnya iPhone 4S merupakan smartphone pertama yang menggunakan fitur ini.

iPhone 4S - Apple

Kalau melihat spesifikasinya, masak sih..  iPhone 4S versi murahnya iPhone, seperti kabar yang beredar sebelumnya? Untuk versi 16 GB (32GB=US$299, 64GB=US$399), harganya memang cuma US$199, kalau dirupiahkan kurang lebih 1,8 juta rupiah, tapi itu di amrik, dan itu merupakan harga untuk pembelian dengan kontrak langganan paket data selama 2 tahun. Jadi kalau tanpa kontrak langganan paket data, harganya berapa ya? Yang pasti haragnya lebih mahal dari iPhone 4, karena spesifikasi iPhone 4S, lebih tinggi.

Kesimpulannya, iPhone 4S bukan iPhone versi murah!

UPDATE

iPhone 4S rencananya akan masuk pasar Indonesia pada akhir tahun 2011. Tapi walaupun secara resmi belum masuk pasar indonesia, namun sebenarnya iPhone 4S sudah bisa ditemukan dipasar lokal, yang masuk melalui pasar gelap (black market). Menurut yang saya baca di tabloid pulsa, harga iPhone 4S yang masuk ke Indonesia melalui jalur tidak resmi tersebut, berkisar 10,8 juta untuk yang 32GB, dan 12 jutaan untuk yang 64GB. Wouw… mahal euy….!!!

Apakah harga resmi iPhone 4S di Indonesia, nantinya akan semahal itu? kita tunggu saja kabarnya akhir tahun ini.

UPDATE (Harga iPhone 4S di Indonesia)

Mulai tanggal 27 januari 2012, iPhone 4S telah resmi beredar di pasar Indonesia. Dari harga yang saya lihat di beberapa toko online, iPhone 4S 16GB dijual dengan harga 8 juta rupiah, untuk yang 32GB seharga 9,2 juta rupiah, dan untuk yang 64GB harganya 10,4 juta rupiah.

Harganya keren ya, sekeren ponselnya. :D

UPDATE (22 Juli, 2012)

Sampai saat ini, Apple belum mengeluarkan iPhone versi murah, seperti yang banyak dinanti-nantikan banyak orang berkantong pas2an seperti saya. Hehe.. Tapi ada sedikit kabar gembira, karena iPhone lawas kini harganya makin turun. Contohnya iPhone 3GS (iPhone generasi ketiga) yang saat update ini saya buat, harganya sekitar tiga juta rupiah. Ulasan lengkap tentang turunnya harga iPhone lawas khususnya iPhone 3GS, sudah saya tulis dalam postingan dengan judul: iPhone 3GS Kini Jadi iPhone Murah. Silahkan dibaca yaa... :) 



KOMENTAR

17 komentar:

  1. Itu nanti fitur-nya sama gak dengan iPhone 4 yang sekarang?

    BalasHapus
  2. La di allian nenekkna tallu iphone ke tassu'mi tu iphone maraa

    BalasHapus
  3. gadget satu ni yang saya tunggu gan .. produk apple yang murmer .. tapi masih ragu juga, kalopun murah dari sononya biasanya masuk indo harganya jadi berlipat-lipat .. negara ini kebanyakan pajak gak jelas, kita tunggu aja kemunculannya

    BalasHapus
  4. kalau harganya murah seperti ini pasti banyak yang beli nantinya.

    BalasHapus
  5. terima kasih atas infonya mas fery yunus

    BalasHapus
  6. gak sabar nunggu IPhone 4S

    BalasHapus
  7. kata hoaxnya si harga bakal 3-4 jutaan + di luar mah lebih mahal gaan ,mereka bisa murah soalnya pake sistem kontrak (kayak nyicil),kalo indo mainanya permanen(lu beli yauda sekarang tu milik lu)

    BalasHapus
  8. wwkwkwkw....... gw baru dapat kiriman email dari iphone.
    iphone 4s itu iphone yang lebih canggih dari iphone 4.
    so harganya pasti lebih mahal. prosesor nya aja dual dari iphone 4. kwkwkwkwkwkwkwww

    BalasHapus
  9. kiriman email dari apple maksud gw

    BalasHapus
  10. gan itu maah harga contract nya bukan harga asli nya _-_ ,cek aja di http://store.apple.com/us/browse/home/shop_iphone/family/iphone/iphone4s?mco=MjU5MTk4NzE (pencet contract free)

    BalasHapus
  11. itu mah akal2 an orang amrik yang mau bangkrut, pengen untung banyak, bilang pengen jual murah, hahaha nonsens : yang Iphone 3 gs masih beredar dengan harga > 4 juta

    BalasHapus
  12. dilihat secara spesifikasi yg memang lebih unggul dibanding iPhone 4, tentunya mustahil jika harganya dibawah iphone 4. yang ada juga iPhone 4 jdi turun harga o_O. We'll See!

    BalasHapus
  13. kalau di kuwait harganya sekitar 8juta,tapi itupun harus ikut paket selama 2 tahun,paket internetnya sendiri perbulan mesti bayar 300ribu..

    BalasHapus
  14. terbukti hoaz....:p

    BalasHapus
  15. iPhone memang harganya mahal, namun itu sebanding dengan fitur yang di usung smartphone tersebut

    BalasHapus
  16. Mudah2an segera kebeli hp ini :D

    BalasHapus
  17. world in your hand .. harga ga boong kok, apalagi yang suka traveling, bisnis trip .. iphone ok bgt!

    BalasHapus