Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Walaupun sama-sama web browser untuk mobilephone, tapi ternyata Opera Mini dengan Opera Mobile itu, berbeda ya?! Dulu saya kira Opera Mobile sama dengan Opera Mini. Saya tahunya dari  salah seorang yang komentar di postingan saya yang berjudul Opera Mini Untuk PC. Ternyata yang saya maksud Opera Mini itu adalah Opera Mobile. Hehe.. jadi malu, karena salah ngasih informasi. :D

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Biar tidak salah lagi, maka untuk kali ini saya kopi paste aja deh, dari situs opera-nya (www.opera-id.com) langsung. :)  Check it out!


Opera Mini 
Opera Mini, ketika suatu halaman website dibuka sesungguhnya halaman website tersebut tidak langsung diunduh ke ponsel Anda. Tetapi halaman website tersebut diunduh dahulu oleh server Opera Mini yang berada di Norwegia dan Amerika, kemudian dimampatkan atau dikompres hingga 90% (atau lebih) baru kemudian dikirim ke ponsel Anda dalam format OPML yang hanya bisa dibaca oleh Opera Mini. 
Setelah masuk ke ponsel, baru kemudian website tersebut ditampilkan di layar ponsel Anda dengan tampilan yang sama persis (atau mendekati) tampilan website ketika diakses menggunakan browser di komputer (PC/laptop). 
Dengan demikian aksesnya akan cukup cepat dan jika Anda menggunakan koneksi internet berdasar kuota (perhitungan tarif koneksi internet sesuai dengan  dengan besarnya data yang dikirim/diterima) maka Opera Mini akan sangat menghemat pulsa Anda.
Opera Mobile 
Opera Mobile adalah browser Opera yang bisa diinstal di ponsel dengan sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Opera Mobile ini mempunyai kinerja serta fungsi yang sama persis dengan browser Opera di komputer sehingga browser ini bisa menjalankan JavaScript dan bisa menampilkan website yang menggunakan AJAX dengan baik. 
Ketika suatu halaman website dibuka menggunakan Opera Mobile, konten dari website tersebut  akan langsung masuk ke ponsel seperti halnya ketika kita membuka website menggunakan browser di komputer –tanpa dikompres dahulu. 
Opera Mobile support dengan widget sehingga Anda bisa menginstal widget di ponsel untuk berbagai keperluan seperti RSS feed, Twitter, ramalan cuaca dan lain-lain. Setelah diinstal, Anda bisa menggunakan widget tersebut tanpa harus membuka Opera Mobile terlebih dahulu.

Nah, sekarang sudah jelas khan, perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih yang mana? Saya yakin banyak yang memilih Opera mini, karena lebih ringan dan hemat kuota bandwidth. Saya belum pernah pake Opera Mobile di ponsel, tapi kalau di PC, sudah pernah! Karena Opera Mobile bisa di gunakan pada PC. Sama seperti opera browser untuk PC, Opera Mobile juga punya fitur turbo, loh!

Oke deh, silahkan coba dan rasakan sendiri perbedaannya. :)


22 komentar:

  1. Keduanya jelas beda target. Jadi kalau suruh milih ya milih sesuai kebutuhan. Jika cuman browsing dan baca2 memang mending make opmin tapi untuk adaptasi web dengan make client side tetap mending make opera mobile.uruh milih ya milih sesuai kebutuhan. Jika cuman browsing dan baca2 memang mending make opmin tapi untuk adaptasi web dengan make client side tetap mending make opera mobile.

    BalasHapus
  2. ternyata kedua opera tersebut memiliki perbedaan,awalnya saya kira sama

    BalasHapus
  3. Biarpun ada perbedaan tapi mempunyai kelebihan masing-masing, thanks for information.
    Salam PERSAHABATAN dan sukseok

    BalasHapus
  4. opera Mobile lebih enak kalo buat buka web lebih rapi tapi ya itu mas boros pulsa & ram hehehe :D

    BalasHapus
  5. Tergantung kita punya gadget yang mana mas. Kalo saya sendiri sih pake opera mini, soalnya gagdet saya cuma LG GW300. Itupun pake operator 3 dan sudah dioprek Opmin 4.2 yang bisa free. Kalo gadget-nya mahal, masa ga langganan internet yang unlimited? Kan malu sama gadgetnya. Hahaha.

    BalasHapus
  6. hm.. saya cuma taunya sih opera mini.. boleh jadi saya juga berpendapat opera mobile dan opera mini adalah sama !
    hehe.. thanks atas penjelasannya..

    dan gambarnya (illustrasi) keren tuh.. ada chuck norris :p

    BalasHapus
  7. saya kira keduanya sama ternyata nggak sama

    BalasHapus
  8. terimakasih atas informasinya,,,

    BalasHapus
  9. sama sama enaknya yang penting happy, hehe

    BalasHapus
  10. 1 lagi. Opera mobile bisa nampilin gambar .gif yang bergerak :D

    http://kenarok.heck.in

    BalasHapus
  11. ak pake kedua nya Gan.
    Bahkan utk opera mini ak pake 2 skaligus.
    Shg bs buka bbrp 2 email d y**** tp kudu sign out tiap slesai.
    (dg buka bookmark bs lgsng masuk).
    NB:
    mksh infonya Gan.
    :-)

    BalasHapus
  12. kalau guna internet yg percuma bley ajar kan..sy dri malaysia internet mahal .......lau ada pusat akses yang boleh percuma kongsi ya info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk... awak tak cakap bahasa malaysia. :D

      Hapus
  13. malesia suruh pake opera van java ae

    BalasHapus
  14. awalnya aku kira juga sama jd begitu instal pilih opera mobile krn sekalian ingin tau eh ternyata konek lebih lambat & pulsa jg cepet habis

    BalasHapus
  15. Lbh bagus opera mini dech, ccok buat org indonesia... :D
    Tpi buat yg sring ngoprek'' JavaScript & kantong lumayan opera mobile lbih ccok tuch..

    BalasHapus
  16. kalau aku dua2nya ku install, awalnya pakek ucweb, karena butuh multi clipboard di symbian, ternyata ada aplikasinya, jadi dihapus saja beres, hahaha... dan akhirnya pakek opera. Karena opera tampilan web'nya bagus, cuman mini kalah cepat kalau buka web di hp, wkwkw.. Menang uc kalau cepet2an, tapi kalau untuk penggunaan web yang baik, mini dan mobile yang terbaek!

    BalasHapus
  17. opera mobile untuk java ada ng sob..

    BalasHapus
  18. Terus yg ktanya opera mobile itu gmana, bsa buat Pc? Bedanya sama opera web browser apa?

    BalasHapus
  19. Oalahhh pantes aku pake opmin di bb, kok gambar yg gif ga kliatan bergerak. Emng dikompres sampe 90% toh...

    BalasHapus
  20. o gitu ya, kalau untuk hp java crosku ngak bisa instal opera mobil ya sob, eh mampir ya sob :-)

    BalasHapus