Pengen Beli Handycam SONY DCR-PJ5 Gara2 Royal Wedding Keraton Yogyakarta

Seharusnya postingan ini saya posting 4 minggu yang lalu, ketika masih hangat2nya berita pernikahan putri Sultan Keraton Yogyakarta. Tapi karena saya mengalami sedikit error (semacam amnesia gitu deh...), sehingga postingan ini nyangkut lama di bagian draft postingan. Namun seperti kata pepatah (yang benar kata pepatah atau kata bijak, ya?) “lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali”. Akhirnya postingan yg telat ini, saya putuskan untuk tetap dipublish. :)

Oke, jadi ceritanya begini...

Bulan lalu, tepatnya 18 oktober 2011, saya bersama beberapa teman pergi ke Malioboro untuk menyaksikan Royal Wedding Keraton Yogyakarta. Yang menikah adalah putri bungsu, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Suasananya crowded banget! Sepanjang jalan Malioboro penuh sesak dengan orang-orang yang ingin menyaksikan dari dekat arak-arakan (kirab) pengantin yang menaiki kereta kuda melewati jalan malioboro.  Anehnya, disitu saya justru tertarik memperhatikan berbagai macam gadget yang digunakan orang-orang  yang ada disitu untuk mengabadikan setiap momen-momen yang ada di acara kirab pengantin keraton yogyakarta tersebut. Mualai dari Ponsel, Kamera Digital, dan Handycam (camcorder). Tapi yang paling menarik perhatian saya adalah HandyCam, terutama hadycam merek SONY.

Royal Wedding Keraton Yogyakarta
Royal Wedding Putri Sri Sultan HB X, Keraton Yogyakarta
Kenapa Handycam Sony, menarik perhatian saya? Karena dari pengamatan dan hitungan saya, handycam merek sony lah yang paling banyak terlihat di situ. Sampai beberapa wisatawan asing yang kebetulan saya lihat ada di situ, juga menggunakan handycam sony. Ntah itu hanya factor kebetulan saja, atau kah handycam sony memang best seller (popular) di pasar CAMCORDER? Ntah lah, boleh percaya boleh tidak, yang jelas itu adalah pengalaman  dan pengamatan pribadi  saya.  Tapi kalau dilihat  dari “merek”, saya kira tidak ada yang meragukan kualitas produk-produk SONY. Jadi,  wajar kalau banyak orang yang memilih Handycam Sony. 

Handycam SONY
Penampakan Handycam SONY di acara kirab Royal Wedding Keraton Yogyakarta

Kebetulan sudah lama banget saya merencanakan untuk memiliki sebuah handycam (camcorder). Mungkin gara-gara itu juga, sampai-sampai saya justru tertarik memperhatikan camcorder para penonton kirab, ketimbang kirab itu sendiri. :D  Sejak itu, keinginan saya untuk memiliki handycam sony pun mulai tumbuh. Maka sehabis pulang dari kirab royal weedding putri raja keraton jogja, tersebut, saya langsung hidupin komputer dan mulai mencari-cari informasi di internet, seputar handycam buatan sony. Singkat cerita, dari  hasil pencarian tersebut, saya kepincut dengan SONY DCR-PJ5.

Saya tertarik dengan Sony DCR-PJ5, karena desainnya yang mungil dan ramping, jadi pastinya mudah dan ringan kalau dibawa kemana-mana. Kalau liat foto-nya, pas banget dalam genggaman tangan.

CAMCORDER SONY DCR-PJ5

Selain body-nya yg mungil dan ramping, DCR-PJ5 dilengkapi dengan proyektor built-in. Nah ini yang bikin saya tambah kepincut! Jadi, kita bisa langsung melihat/menonton hasil rekaman kapanpun, tanpa butuh komputer ataupun monitor televisi. Yang dibutuhkan hanya sebuah bidang datar vertical berwarna cerah, seperti dinding/tembok rumah (kalau ada screen projector, akan lebih baik lagi) kita sudah bisa melihat hasil rekaman gambar dalam ukuran layar lebar. Katanya proyektor built-in DCR-PJ5 mampu memproyeksikan gambar hingga sebesar 60 inci dalam jarak sekitar 3 meter.

Handycam SONY DCR-PJ5

Satu lagi yang bikin saya kepincut dengan Handycam DCR-PJ5 yaitu masalah harga. Hehe.. biasalah… orang yang punya budget terbatas seperti saya, pasti akan selalu memilih dan membeli barang sesuai dengan isi dompet. :D Dan saya bersyukur DCR-PJ5 masih terjangkau oleh isi dompet saya. Mau tahu harganya? Only Rp 3.499.000,00. Untuk camcorder sekelas DCR-PJ5, harga segitu saya rasa tidak lah mahal. Apalagi DCR-PJ5 ini termasuk camcomder keluaran terbaru SONY, yang secara resmi baru masuk pasar Indonesia, pada bulan Agustus 2011.

Mudah2an bulan depan tabungan saya udah cukup buat beli nih handycam. Atau ada yang mau minjamin saya uang? biar saya bisa beli sekarang juga. Hehe.. ngarep.com  :D  Atau mungkin Sony mau ngasih saya, gratis?  Wkwkw…. Ngimpi.com  :))

Aduh, makin gak sabar nih pengen segera punya Handycam SONY DCR-PJ5. Apalagi udah mau masuk libur akhir tahun, pastinya banyak moment menarik yg bakal bakal terjadi, dan akan sayang banget kalau tidak diabadikan dalam bentuk video.



KOMENTAR

43 komentar:

  1. moga cepat ke beli handy camnya mas,bagus gambarnya ,jelas bgt

    BalasHapus
  2. nah lo....aku jadi pengen beli juga kan..hehe, ngumpulin budget dulu ah, keren juga nih kayaknya :D

    BalasHapus
  3. Setuju sekali mas, memang gadget satu ini cukup handal dari segi kwalitas dan juga bentuknya yang mungil. Sikecil Tapi Tidak Kecil.

    BalasHapus
  4. ketika saya tahu kulitas video yg dihasilkan oleh DSLR camera begitu menakjubkan, langsung saya malah ngga ada minat mas, biat beli handycam/camcoder,, ngomong2 ini artikel berbayar ya mas?

    BalasHapus
  5. emang kerennnnn..... tapi sekarang saya mau fokus belu kamera DSLR dulu :D

    BalasHapus
  6. Kalau sudah jadi beli, saya daftar untuk pinjam ya, Mas. Kelihatannya memang powerful tuh handycamnya.

    BalasHapus
  7. @Semua ada Di Sini
    Fotonya bagus, karena pake kamera DSLR. Tapi pinjaman. :D

    @Adie
    Sama, gan. Budget saya juga belum cukup buat beli Handycam Sony DCR-P5. :D

    @Berita Gadget
    Kualitas produk Sony, memang sudah tidak diragukan lagi. :)

    @Century 21 Broker
    Kalau menurut saya, untuk handycam sekelas Sony DCR-PJ5, harga Rp 3.499.00 gak terlalu mahal (sangat kompetitif).

    @Yos Beda
    Iya sih.. hasil rekaman video kamera DSLR kualitasnya cukup bagus, tapi harganya juga lumayan signifikan bedanya (kamera DSLR, harganya lebih mahal). Lagi pula, Sony DCR-PJ5 dilengkapi dengan proyektor (built-in). Itu salah satu alasan saya memilih hadycam Sony DCR-PJ5.

    @andre
    Kalau saya, camcorder dulu, baru kamera DSLR. :)

    @kombor
    Biar balik modal, rencananya nanti mau saya sewain, mas. Jadi maaf, hanya boleh disewa, nggak boleh dipinjam. :))


    @

    BalasHapus
  8. Walah, kepincut cuma gara-gara baca spesifikasinya di internet?
    Yakin nih Kak?
    Untuk orang dengan anggaran sangat terbatas seperti saya, lebih baik uji langsung dulu, atau minta testimoni dari orang yang sudah pernah pakai, daripada nanti menyesal lho. Ingat, anggaran sangat terbatas.
    Lagipula, eh, foto yang penampakan itu bukan seri yang dibahas. Apa nggak mending beli seperti foto penampakan saja, hehehe.

    BalasHapus
  9. @HeruLS
    Penampakan handycam sony yg ada di foto kedua (dari atas) memang bukan seri DCR-PJ5. Itu hanya salah satu contoh penampakan handycam sony yg sempat tertangkap oleh kamera saya. :) Seperti yg saya bilang di atas, saya sih sudah tidak meragukan lagi kualitas produk sony. Saya juga sudah baca bebera reviewnya (testimoni) koq.. termasuk dari tabloid pulsa dan chip. Saya juga sudah liat hasil rekaman video-nya di youtube. Jadi saya tidak asal pilih karena cuma liat spesifikasi, khan? :)

    BalasHapus
  10. Edaaan, Only 3,9 duitnya dapat dari mana yah,? tapi kayanya lebih mantep Kamera LSR deh :P

    BalasHapus
  11. @Yusuf Fikri
    Harganya bukan 3,9 tapi 3,499 kalau dibulatkan jadi 3,5. Lebih mantap lagi kalau punya dua2nya (Handycam dan Kamera DSLR). :)

    BalasHapus
  12. sebenarnya keren juga klw punya handycam,, tapi klw saya, dengan uang segitu, mending aku tabung dulu untuk beli camera DSLR,, toh, yg harganya antar 4 - 5 juta ada kok,, DSLR juga uda ada fitur video recordingnya.. :)

    BalasHapus
  13. mantap juga nih, handycam, pengen beli, tapi lagi kanker (kantong kering), kwkkwwk

    BalasHapus
  14. Semoga bisa ada rezeki dapetin Sony fer ^_^

    BalasHapus
  15. @AC Mobil
    Walaupun kamera DSLR sudah ada fitur video recording-nya, tapi tetap aja untuk urusan video recording, handycam lebih unggul.

    @Mr Simpel
    Ya udah.. kalau lagi kanker (kantong kering), segera lah berobat (menabung) biar bisa beli handycam sony dcr-pj5. :D

    @Gaptek
    Amiiinn....!!! Makasih ya atas doanya. :)

    BalasHapus
  16. beli aja mas...nanti curhat bagaimana kalau make...and bisa buat ngedit kgk kameranya....ditunggu cerita selanjutnya....

    BalasHapus
  17. @ulfahm
    Rencananya memang mau beli koq, mas. Tapi tunggu duitnya cukup dulu. :D Tunggu aja review atau cerita selanjutnya. :)

    BalasHapus
  18. Memang mantabhhhh DCR-PJ5 ... aku dah beli , cuma yang membuat aku bertanya , Apa betul sih kalau membeli camcorder ( yang memakai memory card ) tidak termasuk dalam paketnya , alias kosong tidak ber memory . Sedangkan kalau beli memory yang 8GB sudah mencapai harga Rp. 280.000 ( merk sundisk ) ?

    BalasHapus
  19. kalau merk sony sdh terkenal, dan cukup bagus kwalitas
    ukuran handycam juga kecil. rencana juga mau beli. he...he....

    BalasHapus
  20. Share info: lebih baik pilih lensanya yang ada tulisan "G", biasanya harganya lebih mahal dan lebih bagus hasil recordingnya dari pada yang berlensa biasa.

    BalasHapus
  21. memory cardnya di jual terpisah atau satu paket dengan handycamnya?, bagi yang udh beli, bagi donk nformasinya!trims

    BalasHapus
  22. emang gak pake hardisk kah

    BalasHapus
  23. mas mau tanya klo harga HANDYCAM itu brapa mas harga barunya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga handycam yang mana nih, maksudnya? Kalau Sony DCR-PJ5, harganya sekitar 1,5 juta rupiah.

      Hapus
    2. maf tanya, di atas tadi handycam sony DCR PJ5 mz blg hragax 3,4.ko ini 1,5? mana yang benar?saya lihat brosur harganya 2,9.kira-kira mana yang benar?

      Hapus
    3. Sory, saya salah tulis. Harga yang benar 3,4 juta. Kalau benar 2,9 adalah harga Sony DCR PJ5 yang mas/mbak liat di brosur, berarti harganya sudah turun. Harga 3,9 juta, itu adalah harga awal saat pertama kali Sony DCR PJ5, keluar.

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khan ada toko online, gan. Beli aja via internet di online store seperti camera.co.id, bhinneka.com, rakuten.co.id, dll.

      Hapus
    2. sy kuatir klo ketipu gan...uang sudah sy transfer tp barangnya gak di kirim. klo jual beli sistem COD sy baru oke

      Hapus
    3. Situs toko online yang saya sebutkan di atas, saya jamin bukan situs penipu. Situs2 itu sangat kredibel dan bisa dipercaya.

      Hapus
    4. oke mas feri makasih atas infonya and salam kenal...!!!sy pilih toko camera,co,id

      Hapus
  25. mantap juga tu bro...jadi mau jg nich...ngepet dulu malam ni biar ketulusan buat bali handycam sony hahahahaha...

    BalasHapus
  26. pinjam duit dulu, buat beli handycam sony+kamera DSLR.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dipaksain beli kalau memang belum punya duit. Mending nabung dulu. :)

      Hapus
  27. koq pada bilang mending beli dslr..

    kalo gw sih mending handycam..

    lebih baik video daripada gambar.. lebih mengena momentnya..

    kalo gambar sulit berbicara.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebutuhan sih.. Walau DSLR juga bisa buat video record, tapi untuk mendapatkan kualitas video terbaik, menurut saya pilihan terbaik tetap handycam.

      Hapus
  28. udah FULL HD blom.... gak harus SONY juga kan.... di lapak sebelah ada merk AIPTEK 2juta 900an.... udah dapat FULL HD 23X ZOOM... Tapi jd bingung... milih merk apa spek.... kalo FULL HD versi SONY masih 12jutaan... T_T jual motor. masih tebok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas kualitas produk sony sudah tidak diragukan lagi. Murah tapi cepat rusak atau sering bermasalah, sama juga bohong. Mahal sedikit gak masalah buat saya, yg penting berkualitas dan awet. :)

      Hapus
  29. trims infonya, kang.
    sy jg lg cr handycam yang pas di hati n kantong. :D

    BalasHapus
  30. Apa hasil rekaman videonya bisa di capture image (maksudnya jadi sebuah gambar foto) yg bagus mas Fer?

    BalasHapus
  31. kereen...kereen....
    utk kamera video, sony dan panasonic yg jd unggulan. 2 label tsb mnurut gw produknya gak d ragukan.
    gw cma punya handycam sony DCR SR45.
    itu jg beli second skitar setaun yg lalu. masih ada dan dalam keadaan sehat wal afiat. sering d pake utk acara shooting hajatan d kampung, atw bhkan di sewakan sma potografer lain .
    hehehehehe....
    lumayan..gk perlu beli kaset master, krna data trsimpan dlm HardDsk. tinggal copy paate aja ke PC. gk perlu capture video.

    BalasHapus
  32. wah, semua bisa dibuktikan dengan kenyataan, bukti hasil dari tu alat munculin biar semua gak kecewa nantinya.

    BalasHapus