Hotel Murah di Sekitar Jalan Malioboro Jogjakarta

Selain Bali, Jogjakarta adalah kota tujuan wisata yang tak kalah ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan luar negeri maupun wisatawan lokal (domestik). Karena itu, jangan heran kalau datang ke Jogjakarta, Anda akan melihat banyak sekali hotel atau penginapan. Nah, ngomong2 soal hotel murah di Jogjakarta, saya punya informasinya buat Anda yang berencana berlibur ke Jogja. Para backpacker  pasti suka dengan info ini. Tahu kenapa? karena backpacker kalau kemana-mana hampir selalu pengen-nya yang murah-murah. Kalau perlu malah gratis!  :D

Hotel atau penginapan murah yg mau saya bahas kali ini, hanya hotel-hotel yg ada disekitar Jalan Malioboro. Kenapa hanya Malioboro? Karena saya tahu cuma di daerah itu. :D Kebetulan saya sudah beberapa kali ngantar teman maupun saudara cari hotel atau penginapan murah di sekitar Malioboro. Dan sepengetahuan saya juga, Malioboro merupakan jalan di Jogjakarta yang paling banyak hotel-nya. Maklum lah.. Malioboro khan pusat wisata belanja tersohor di Jogjakarta. Keraton Yogyakarta juga dekat banget dari Malioboro (bisa ditempuh dengan jalan kaki). Akses kemana-mana juga mudah, jadi wajar kalau banyak yg memilih menginap di sekitar Jalan Malioboro.

Nah, kembali ke masalah hotel/penginapan murah, tadi. Dari pengalaman mencari hotel murah di sekitar Malioboro, jalan Pasar Kembang, jalan Sastrowijayan, dan jalan Dagen, merupakan lokasi yang paling banyak hotel-hotel murahnya. Harga mulai dari 75 ribu rupiah per malam. Waktu itu teman saya ngambil kamar yang harga 100 ribu per malam (2 bed + kamar mandi luar). Kalau yang kamar mandi dalam + AC + TV, harganya rata-rata di atas 200 ribu.

Peta lokasi hotel murah di sekitar Jalan Malioboro Jogjakarta

Namun diantara ketiga jalan tersebut, jalan Sastrowijayan lah yang paling terkenal. Terkenalnya bahkan sampai ke luar negeri. Sastrowijayan memang merupakan lokasi menginap favorite bagi wisatawan asing yang berwisata ala backpacker. Masyarakat yang tinggal di sekitar Sastrowijayan, banyak juga loh.. yang menyewakan kamar-kamar di rumahnya. Pintar juga ya, orang-orang disitu cari duit.  :)

Ada yang tahu hotel yang lebih murah lagi yang ada di sekitar Jalan Malioboro?

UPDATE

Saat ini banyak hotel-hotel murah di sekitar jalan Malioboro yang sudah bisa dibooking secara online. Saran saya, sebelum ke Jogja, sebaiknya booking dulu hotel-nya. Biar nggak perlu repot lagi cari-cari hotel waktu tiba di Jogja. Soalnya hotel-hotel di sekitar jalan malioboro cepat sekali penuh. Terutama di hari-hari libur.

Daftar hotel-hetel di sekitar Malioboro yang bisa dibooking (reservasi) secara online, bisa Anda lihat di SINI.

Biasanya reservasi hotel lewat internet itu banyak promonya (diskon). :-)



KOMENTAR

55 komentar:

  1. Wah saya orang jogja tapi belom pernah blusukan cari hotel di malioboro, btw mantap juga nih info kapan2 kalau ada teman yang nanya bisa ada arahan hehehehe :D

    BalasHapus
  2. nice info mas, nambahin dikit disekitar prawirotaman juga banyak tuh penginepan murah dan juga cafe2 dengan menu ala bule2....

    BalasHapus
  3. ternyata di yogya ramai juga ya wisatawannya

    BalasHapus
  4. Weleh, saya jadi inget sekitaran 2006, pertama kali menginjakkan kaki di jogja untuk pelesiran, saya nginep di daerah jalan Dagen, cuma 50rb per malam waktu itu. :)

    BalasHapus
  5. @FajaR
    Hehe.. ngapain juga pake acara blusukan nyari hotel di malioboro, khan orang asli Jogja. Pasti punya rumah sendiri donk.. di Jogja. :)

    @Deindra
    Thank you atas tambahannya. Btw, Prawirotaman, dimana? masih ada dikawasan Malioboro, nggak?

    @Jasa SEO
    Masak baru tahu kalau Jogja rame dikunjungi wisatawan? Candi Borobudur dan Candi Prambanan aja sudah merukakan magnet bagi wisatwan datang ke Jogja. Belum lagi ada Keraton dan Jalan Malioboro. :)

    @FridiGraph
    Kalau butuh Jasa pencari hotel murah untuk keluarga, saya siap loh... :D

    @I2-Harmony
    Wah, tahun 2006 masih ada harga 50rb, to? Kalau sekarang kayaknya sudah nggak ada lagi. Sekarang paling murah 75 ribu.

    BalasHapus
  6. di daerah pasar kembang mas, deket sama malioboro, lumayan murah, dan dapat "cindera mata" :D

    BalasHapus
  7. @agfian
    Wah, ketahuan nih.. sering nyari "cindera mata" ke pasar kembang. :D

    BalasHapus
  8. Ada hotel murah juga di sekitar malioboro.

    BalasHapus
  9. @Mega
    Bertanya atau ngasih info nih? Hmm.. tapi kalau menurut saya, Anda sedang bertanya. Betul? :) Kalau gitu, jawaban saya: Ya iya donk.. di Malioboro malah pusatnya hotel murah.

    BalasHapus
  10. sekali-sekali main ah ke sana :D

    BalasHapus
  11. @Alprablog
    Silahkan, gan. Ditunggu kedatangannya di Jogja. Kalau butuh pemandu mencari hotel murah, saya siap. :)

    BalasHapus
  12. Klo mau cari hotel murah ,, kesini aja ya sob... makasih

    BalasHapus
  13. Halo salam kenal...
    Ikutan lomba SEO di bidang traveling yu..
    Info lengkap di sini ya www.klikhotel.com/seo

    Trima kasih ya...
    Grace

    BalasHapus
  14. @Hotel Murah di Jakarta
    Kesini mana, sob? ngasih petunjuk koq nggak lengkap.

    @Grace
    Maaf, saya udah pensiun dari kontes SEO. Capek nyari2 backlink! :D Btw, thank you atas undangannya. Salam kenal balik. :)

    BalasHapus
  15. kalo di daerah Bugisan juga murah2 kok,cuma Rp.110.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. bugisan daerah mana ?

      Hapus
    2. Daerah Bugisan lumayan jauh dari mana2....tidak direkomendasikan :D

      Hapus
  16. @aryaduki
    "Bugisan" di daerah Malioboro juga, nggak?

    BalasHapus
  17. Dwi Meilandari13 Januari 2012 10.09

    Wah...pas banget infonya karena bulan Februari ini kita mau plesiran ke Jogja, dan nyari hotel murah di sekitaran Malioboro..
    Thanks mas Feri...

    BalasHapus
  18. klo dr terminal giwangan mo ke candi borobudur naek apa yach??apa dilewati trans jogja??? :D

    BalasHapus
  19. @yuni lestari
    Untuk saat ini Trans Jogja baru sampai di Candi Prambanan. Kalau ke Borobudur, belum! Karena jaraknya dari kota Jogja memang lebih jauh dari Prambanan.

    Kalau dari terminal giwangan ke Borobudur bisa naik bis. Nanti tanya aja di terminal. :)

    BalasHapus
  20. Info Hotel murah dekat malioboro:

    HOTEL/ GUEST HOUSE PURI. SOSROKUSUMAN 22, YOGYAKARTA (Belakang Malioboro Mall, mobil masuk) 50 meter dari JL. MALIOBORO. Hotel bernuansa Bali, nyaman dan tenang.
    Tarif :
    Singgle Bad Rp 50.000 (Fan),
    Doubel Bad Rp 70.000 (Fan),
    Double Bad ,AC Rp 150.000,
    Singgle Bad (large), Kamar Mandi dalam,AC,TV Rp 175.000
    Telp : (0274)514107

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl dari stasiun tugu kirakira abang2 becaknya tau nda alamat hotel puri itu?? makasih :)

      Hapus
    2. Dari stasiun tugu kurang lebih 500 meter, tukang becak tahu tapi kadang-kadang dia cari hotel yang beri TIP

      Hapus
  21. additional bed di guest house puri berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info : untuk double bad (4 spring bad) AC,TV bisa untuk 4 orang tarifnya sama

      Hapus
  22. mas saya mau tanya nih, penginapan paling murah dmn yah? saya mau backpaker-an kesana sekitar 10 orangan. berapa ya kira kira. yang paliiiiing murah loh, maklum, bekpeker an nih. cari yang iritt..hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen kedua di atas agan, ada tawaran hotel murah dekat malioboro.

      Hapus
  23. mau tanya nih, ada gak sewa rumah yg murah gitu di deket2 kampus UGM atau di malioboro yg muat 14 orang. Pingin reservasi di guest house UGM yg di kawasan Sekip, tapi penuh. Sabtu besok (tgl 21) saya ke Jogja nih sama temen2. cari penginapan di internet tapi pas dihubungin juga udah pada penuh. kalo gak, rekomendasiin wisma/ losmen/ hotel/ yg harganya dibawah 90rb per kamar (yg deket malioboro). makasi loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen ketiga di atas kamu ada tuh yang nawarin Hotel/Guest House murah di bawah 90rb/malam. Ada no telpon-nya juga tuh.. coba aja dihubungin, siapa tahu masih ada kamar kosong.

      Hapus
  24. butuh info,,hotel yg 50-75rb /malam ada ga ya di daerah malioboro,saya mau berlibur ke jogja,tp ga tau penginapan yang murah,,,harga anak kuliahan yg merantau. Thx,kasih info dong trims. info ke fb saya ya, nama fb saya Sheila Simanjuntak (bali)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah Malioboro, banyak banget koq hotel atau penginapan murah. Coba deh cari via klikhotel.com. Kalau bisa pesannya jauh2 hari, biar gak kehabisan kamar. Apalagi kalau akhir pekan (jumat - sabtu) itu hotel-hotel nya cepat penuh.

      Hapus
  25. mau nanya,kalo mau backpacker ke jogja,kalau nyari penginapan nya mendadak pas udah disana kira2 dapet ga ya? apa harus boking jauh-jauh hari?tlong infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang paling bagus reservasi hotel tuh jauh-jauh hari. Apalagi buat seorang backpacker yang selalu mengutamakan harga murah. Tapi kalau memang terpaksa harus reservasi pas pada hari itu juga, bisa saja sih.. tapi kemungkinan untuk dapat harga hotel yang sesuai keinginan (murah) sangat tipis. Apalagi kalau pas hari-hari libur. Kalau hari biasa, kemungkinan masih bisa dapat.

      Hapus
  26. ntr valentine mw k jogja....

    BalasHapus
  27. besok mau ke jogja tapi blm dapat penginapan yang murah di bawah 100.000 di daerah malioboro. Kira-kira dimana,mphon infonya dikirim ke fb aq di dkayangan66@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cari sendiri aja di klikhotel.com, gan. Atau cari langsung aja di lokasi. Kalau besok khan bukan akhir pekan atau hari libur, jadi kemungkinan masih banyak kamar kosong.

      Hapus
  28. aq ud bbbrp kali nginap di puri guest house.. bersih, tp skrg harganya naik 20rb utk masing2 rate room, dgn tambahan tv.. (harga terakhir aq kesana, 6 feb 2012).bolelah buat jd alternatif kl pas liburan ke jogja..

    BalasHapus
  29. Cari penginapan murah di jogja untuk kantong pelajar :( mohon info nya. untuk tanggal 14 april. tolong hubungi saya 082190239208. mohon bantuan nya, makasih.

    BalasHapus
  30. mau dong, lain kali jalan2 ke Jogja, nyari yg terjangkau aja.
    Trim's

    BalasHapus
  31. Permisi, mau bantu tambah info penginapan murah. Rumah sewa dengan 2 kamar tidur, bisa untuk rombongan 4-8 orang, jatuhnya per orang murah. Fasilitas kamar tidur spring bed, AC. Ada juga paket sudah dengan rental mobil+supir+bbm, jatuhnya 100 ribuan per orang sudah sama rental mobil. Untuk lebih jelasnya buka saja: www.celsiaguesthouse.com tlp 082325705205 Suwun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi penginapannya dimana?

      Hapus
    2. kok no nya gak aktif mulu????

      Hapus
  32. Maaf.. www.celsiaguesthouse.blogspot.com

    BalasHapus
  33. Hotel Murah di seputar Malioboro banyak koq...

    sebagian bisa dilihat disini :
    http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-hotel/cheap/

    yang termurah so far Hotel Harum 1 di Sosrokesuman. Harga kamar 35rb-an
    PENGINAPAN HARUM I
    Alamat: Jl. Sosrokusuman DN I/168, Yogyakarta 55213, Indonesia
    Phone: +62 878 3902 6711

    BalasHapus
  34. Damier Makassar23 Agustus 2012 13.44

    cari penginapan yg 75 ribuan untuk 8 org tgl 30 Sep dsekitar malioboro, mhn infonya Tks, 08524211030

    BalasHapus
  35. Sarn saya Hotel PURI untuk yang Geust House nya bisa disewa seluruhnya, bisa nampung 25 orang, tarifnya dibawah Rp 1 juta bisa nego mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. info bang : untuk yang AC,TV Rp tarif 150.000 dan Rp 175.000 bisa untuk 4 orang, double bad (4 spring bad, modelnya yang bisa ditarik bawahnya

      Hapus
  36. q tgl26 mau ke jogja,,, tp binggung mau cripenginapan yang murah kasih info dong,,,, ke email q rizkawardaniputri90@gmail.com,, please ya,,,,, klu da q langsung booking

    BalasHapus
  37. tarif guest house puri 1 kamar utk tgl 22-25 des brp y skrg? bs d buking g tu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk akhir tahun Hotel/GEUEST HOUSE PURI nggak terima pesanan,karena terlalu banyak yang pesan. Jadi spekulasi datang langsung ke Hotel mudah2an ada yang kosong.

      Hapus
  38. Jogja emang surganya hotel murah gan :)

    BalasHapus
  39. kalau pas tahun baru kira kira pada naik gak harganya?

    BalasHapus
  40. HOTEL/ GUEST HOUSE PURI. SOSROKUSUMAN 22, YOGYAKARTA (Belakang Malioboro Mall, mobil masuk) 50 meter dari JL. MALIOBORO. Hotel bernuansa Bali, nyaman dan tenang.
    Tarif :
    Singgle Bad Rp 50.000 (Fan),
    Doubel Bad Rp 70.000 (Fan),
    Double Bad (4 spring bad) ,AC, Kipas angin Rp 150.000,
    Double Bad (4 spring bad), Kamar Mandi dalam,AC,TV, Kipas angin Rp 175.000
    Telp : (0274)514107
    Untuk rombongan (Guest House) Max 24 orang
    Maaf kami tidak meneriman pesan, sehubungan cukup banyak pesanan

    BalasHapus