Hotel Murah di Sekitar Jalan Malioboro Jogjakarta

Selain Bali, Jogjakarta adalah kota tujuan wisata yang tak kalah ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan luar negeri maupun wisatawan lokal (domestik). Karena itu, jangan heran kalau datang ke Jogjakarta, Anda akan melihat banyak sekali hotel atau penginapan. Nah, ngomong2 soal hotel murah di Jogjakarta, saya punya informasinya buat Anda yang berencana berlibur ke Jogja. Para backpacker  pasti suka dengan info ini. Tahu kenapa? karena backpacker kalau kemana-mana hampir selalu pengen-nya yang murah-murah. Kalau perlu malah gratis!  :D

Hotel atau penginapan murah yg mau saya bahas kali ini, hanya hotel-hotel yg ada disekitar Jalan Malioboro. Kenapa hanya Malioboro? Karena saya tahu cuma di daerah itu. :D Kebetulan saya sudah beberapa kali ngantar teman maupun saudara cari hotel atau penginapan murah di sekitar Malioboro. Dan sepengetahuan saya juga, Malioboro merupakan jalan di Jogjakarta yang paling banyak hotel-nya. Maklum lah.. Malioboro khan pusat wisata belanja tersohor di Jogjakarta. Keraton Yogyakarta juga dekat banget dari Malioboro (bisa ditempuh dengan jalan kaki). Akses kemana-mana juga mudah, jadi wajar kalau banyak yg memilih menginap di sekitar Jalan Malioboro.

Nah, kembali ke masalah hotel/penginapan murah, tadi. Dari pengalaman mencari hotel murah di sekitar Malioboro, jalan Pasar Kembang, jalan Sastrowijayan, dan jalan Dagen, merupakan lokasi yang paling banyak hotel-hotel murahnya. Harga mulai dari 75 ribu rupiah per malam. Waktu itu teman saya ngambil kamar yang harga 100 ribu per malam (2 bed + kamar mandi luar). Kalau yang kamar mandi dalam + AC + TV, harganya rata-rata di atas 200 ribu.

Peta lokasi hotel murah di sekitar Jalan Malioboro Jogjakarta

Namun diantara ketiga jalan tersebut, jalan Sastrowijayan lah yang paling terkenal. Terkenalnya bahkan sampai ke luar negeri. Sastrowijayan memang merupakan lokasi menginap favorite bagi wisatawan asing yang berwisata ala backpacker. Masyarakat yang tinggal di sekitar Sastrowijayan, banyak juga loh.. yang menyewakan kamar-kamar di rumahnya. Pintar juga ya, orang-orang disitu cari duit.  :)

Ada yang tahu hotel yang lebih murah lagi yang ada di sekitar Jalan Malioboro?

UPDATE

Saat ini banyak hotel-hotel murah di sekitar jalan Malioboro yang sudah bisa dibooking secara online. Saran saya, sebelum ke Jogja, sebaiknya booking dulu hotel-nya. Biar nggak perlu repot lagi cari-cari hotel waktu tiba di Jogja. Soalnya hotel-hotel di sekitar jalan malioboro cepat sekali penuh. Terutama di hari-hari libur.

Daftar hotel-hetel di sekitar Malioboro yang bisa dibooking (reservasi) secara online, bisa Anda lihat di SINI.

Biasanya reservasi hotel lewat internet itu banyak promonya (diskon). :-)



KOMENTAR