Indonesia Surganya Wisata Bahari & Budaya

Waktu jaman kuliah dulu, ada satu mata kuliah yang mengajarkan pengetahuan tentang Indonesia. Namanya mata kuliahnya “Wawasan Nusantara”. Saya masih ingat, pada pertemuan pertama mata kuliah tersebut, sang dosen mengawali kuliah dengan bertanya pada setiap mahasiswa/mahasiswi, “Apa yang kamu ketahui tentang Indonesia?”. Ada yang menjawab: negara pancasila, negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, negara majemuk (heterogen), negara berpenduduk muslim terbesar, negara bahari, negara asal orang utan, negara asal Komodo, dll. Saya sendiri menjawab, negara kepulauan.

Saya yakin Anda juga setuju kalau semua jawaban tersebut, benar! Namun Pertanyaannya sekarang adalah, Manakah jawaban yang paling Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya punya cerita yang mungkin bisa memberikan jawabannya.

Saya kebetulan berasal dari salah-satu daerah tujuan wisata budaya di Sulawesi Selatan, yaitu Tanah Toraja. Mungkin sebagian besar orang Indonesia belum mengenal Tanah Toraja, tapi bagi wisatawan asing, Toraja cukup dikenal. Sebab, kebanyakan yang datang ke Toraja adalah wisatawan asing. Sehingga kalau di Toraja, bertemu dengan wisatawan asing adalah hal yang biasa.

Suatu hari di sebuah pesta rambu solo’ (upacara penguburan orang mati masyarakat toraja) saya memberanikan diri ngobrol dengan seorang wisatawan asing yang kebetulan ada disitu. Dengan  kemampuan bahasa inggris yang seadanya (aslinya sih jelek. Hehe..), saya coba ngobrol dengan buleq tersebut:

Kalau tulisan bahasa inggris saya salah, tolong dimaklumi yaa.. :D

”Hi mister, where do you come from?”
“Hi.. I am from USA”
“Oh, USA. What places have you visited in Indonesia?”
“Before to Toraja, I have visited Bali and Yogyakarta. Next, I will go to Wakatobi, Bunaken and Raja Ampat”
“Oh, you seem like sea travel?”
“Yes. I came to Indonesia because Indonesia has a beautiful sea and cultural diversity”

Dari kutipan pecakapan di atas, jelas menunjukkan bahwa si buleq tersebut datang ke Indonesia karena tertarik dengan keindahan laut dan keragaman budaya Indonesia. Jadi, yang paling Indonesia adalah negeri kepulauan (negeri bahari) dan negeri majemuk (heterogen).

Sebenarnya tanpa kutipan perbincangan di atas, kita harusnya sudah tahu identitas negara sendiri. Sebab, sejak dibangku sekolah dasar (SD) kita sudah diberitahu bahwa negara kita (Indonesia) adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dan negara majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Fakta itu tidak terbantahkan. Menurut data terbaru, Indonesia memiliki 13.487 pulau. Makanya, Indonesia sering juga disebut negeri seribu pulau. Sebenarnya sebutan itu kurang pas juga sih.. karena "seribu" itu artinya jumlahnya pas seribu. Sedangkan jumlah pulau di Indonesia khan lebih dari seribu. Menurut saya sih cocoknya pake sebutan "negeri ribuan pulau".  :-)

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia sekitar 1128 suku bangsa. Setiap suku bangsa ini memiliki bahasa, adat istiadat, dan budaya yang berbeda. Bisa dibayangkan, betapa besarnya potensi wisata budaya yang dimiliki Indonesia.

Peta Suku Bangsa Indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Memiliki ribuan pulau dan suku bangsa, Indonesia adalah negara surganya wisata bahari dan budaya.


Wisata Bahari Indonesia

Saat ini kabarnya sudah ada sekitar 500 spot diving yang ada di Indonesia dengan ribuan jenis koral dan biota laut. Lokasi diving berkelas Internasioanal seperti Bunaken dan Wakatobi, ada di pulau sulawesi. Raja Ampat di Papua dan Pulau Komodo di Flores Nusa Tenggara Timur adalah dua lokasi wisata bahari berkelas internasioanal yang masih hangat dibicarakan masyarakat internasional karena keindahannya yang begitu mempesona. Bahkan kabarnya Raja Ampat adalah salah satu taman laut terluas dan terindah di dunia. Sedangkan pulau komodo, makin lengkap dengan masuknya Komodo (binatang purba penghuni pulau komodo) dalam daftar 7 keajaiban dunia.

Taman Laut Raja Ampat Papua
Taman Laut Raja Ampat - Sumber: nationalgeographic.co.id

Di kota kelahiran saya, Makassar, terdapat 12 pulau yang menjadi lokasi favorite wisata bahari. Keindahan pantai dan taman bawah laut-nya tidak kalah dengan pulau-pulau lain di Indonesia yang sudah punya nama (terkenal). Informasi lengkap mengenai kedua belas pulau tersebut bisa dibaca di sini: Wisata Bahari Kota Makassar.

Masih di sulawesi selatan, tepatnya di kabupaten Kepulauan Selayar, terdapat taman nasional Taka Bonerate, taman laut yang mempunyai atol ketiga terbesar di dunia. Sejak tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate, sudah didaftarkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia. Sayang, usulan tersebut sampai sekarang masih ada di Tentative List UNESCO.

Selain yang telah saya sebutkan di atas, lokasi wisata bahari favorite lainnya di Indonesia yang saya ketahui yaitu: Pulau Weh di Aceh, Pulau Bangka di Propinsi Bangka Belitung, Kepulauan Karimun Jawa di Jawa Tengah, Kepulauan Banda di Maluku, Pulau Alor di NTT,  Selat Lembeh di Sulawesi Utara, dan Tulamben di Bali.

Video di bawah ini menunjukkan betapa indahnya pemandangan bawah laut Indonesia yang ditumbuhi dan dihuni ratusan bahkan ribuan jenis koral dan biota laut.



Pemandangan Bawah Laut Bunaken, Sulawesi Utara - Sumber: Youtube



Wisata Budaya Indonesia

Saat ini tercatat sudah ada 8 hasil karya seni budaya Indonesia yang telah masuk dalam terdaftar warisan budaya dunia, yaitu:
  • Borobudur Temple Compounds
  • Prambanan Temple Compounds
  • Sangiran Early Man Site
  • Batik (termasuk pendidikan dan pelatihan batiknya)
  • Aklung
  • Wayang
  • Keris
  • Tari Saman
Kedelapan budaya Indonesia tersebut hanya sebagian kecil dari ribuan karya seni budaya Indonesia. Budaya Indonesia lainnya yang sedang menunggu penilaian UNESCO layak atau tidak jadi warisan budaya dunia, masih cukup banyak. Daftarnya bisa dilihat di sini. Sedangkan yang belum didaftarkan lebih banyak lagi. Saking banyaknya, saya sendiri sampai nggak bisa hafal. :D

Setiap daerah atau kota di Indonesia adalah kota budaya, tapi setahu saya kota budaya yang sering dikunjungi wisatawan (terutama wisatawan asing) yaitu: Bali, Yogyakarta, Surakarta (Solo), Bandung,  Samosir di Sumatra Utara, dan tentu saja kampung saya sendiri Tanah Toraja di Sulawesi Selatan.

Video berjudul "Indonesia The Country of  Thousand Faces" di bawah ini, bisa menjadi gambaran betapa kayanya Indonesia dengan Budaya.



Indonesia The Country Of  Thousand Faces - Sumber: Youtube

-----------------------
Eh, ngomong-ngomong soal luas wilayah Indonesia yang begitu besar dan terbagi-bagi dalam ribuan pulau, tentu butuh sarana akses transportasi dan jaringan komunikasi yang baik untuk menunjang pembangunan pariwisata serta sektor pembangunan lainnya.  Untuk masalah jaringan komunikasi sudah tidak ada masalah, sudah teratasi oleh sebuah perusahaan telekomunikasi nasioanal yang Indonesia banget, menurut saya. Siapa lagi kalau bukan TELKOMSEL. Selain merupakan perusahaan telekomunikasi milik negara dengan luas jaringan seluas wilayah Indonesia, Telkomsel juga menggunakan logo dengan warna dominan merah dan putih. Indonesia banget, bukan?  :-)

Kalau masalah jaringan akses transportasi, memang masih banyak kekurangan. Masih banyak tempat-tempat wisata yang belum bisa di akses dgn baik dan cepat. Fasilitas penunjangnya masih sangat minim. Terutama dikawasan Indonesia timur seperti papua. Padahal potensi wisata alam khususnya bahari di pulau Papua, sangat besar.

Semoga pemerintah segera mengatasi masalah aksesibilitas ini. Dan semoga cita-cita saya untuk bisa keliling Indonesia, terwujud.  Amin...



KOMENTAR

66 komentar:

  1. waduh, tempatnya bagus-bagus ya. cuma sayang belum punya uang buat menjelajah semua tempat di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau langsung semuanya memang butuh dana besar, gan. Satu-satu aja. :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Yoii... Indonesia is beautyful country. :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kemana, gan? Ke sulawesi, papua, maluku, sumatra, kalimantan, bali? Sy yakin agan tinggal di Indonesia, khan? :)

      Hapus
  4. bangsa indonesia kadang malah tidak melestarikannya sendiri.. makanya wajar klo malah dieksploitasi sama orang luar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah salah satu kekurangan bangsa kita, mas.

      Hapus
  5. dinas pariwisata harus lebih serius kalau mau memajukan pariwisata Indonesia.

    itu PR terbesar dunia pariwisata negri ini, imho
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Pemerintah harus benar2 serius memaksimalkan potensi wisata. Selain bisa menambah devisa negara, juga bisa menghidupkan perekonomian rakyat.

      Hapus
  6. Raja Ampat udah masuk list travelling,, tapi dananya masih dikumpulin :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Travelling ke Raja Ampat memang butuh dana yang tidak sedikit. Selain tempatnya jauh, biaya akomodasi di sana tergolong tinggi. Tapi kalau sudah sampai di sana, biaya tinggi itu rasanya kecil, melihat Taman Laut Raja Ampat yang begitu eksotik. Pokoknya nggak rugi, deh! :)

      Hapus
  7. Indonesia memang negara yang indah dan banyak menyimpan pesona. Semoga tercapai deh cita-citanya untuk keliling Indonesia ..

    BalasHapus
  8. Huwaaa luar biasa ya Raja Ampat yaa. Di Bawean juga banyak koq wisata bahari yang gak kalah luar biasa. Secara di sana kan kepulauan juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya.. sampai lupa sama kampung teman sendiri, Bawean. :D Gimana kabar Rusa-rusa disana, populasi dan habitat-nya masih terjaga dengan baik, khan? :)

      Hapus
  9. keren, suatu inisiatif pemikiran yang mengarah pada perkembangan bangsa tercinta "Bangsa Indonesia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsa kita harus berkembang, mas. Kalau tidak kita akan ketinggalan dan diinjak-injak bangsa lain. Kekayaan alam dan budaya yg kita miliki, harus dimaksimalkan untuk kemajuan bangsa dan kemakmuran rakyat. MERDEKA! :)

      Hapus
  10. mantap artikelnya bang, Indonesia memang surganya tempat wisata eksotik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you.. :) Indoensia is beautiful country lah pokoknya. Hehe...

      Hapus
  11. Lahir di Makassar yah bro?? Sama dong dengan Saya... Disini memang banyak tempat untuk wisata bahari. 2 diantaranya adalah Pulau Samalona dan Pulau Khayangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, numpang lahir doank. Aslinya sih dari Toraja. Tapi Toraja masuk sulawesi selatan, jadi sama aja. :)

      Hapus
  12. sepakat. laut Indonesia itu paling cantik, kok. 83% spesies laut dunia, ada di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an kelestarian taman laut kita tetap terjaga ya, mas. Agar 83% persen spesies laut dunia yg ada di laut Indoneisa, tetap ada.

      Hapus
  13. TORAJA! Ini tempat masih ada di dalam mimpi saya untuk dikunjungi.

    Nanti ke sana sama suami dan dedek bayi ah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh.. saya tunggu kedatangannya di TORAJA. :)

      Hapus
  14. Pengen balik ke Makassar aku.. belum puas jalan2 disana.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopdar blogger nusantara di Makassar khan bentar lagi. Nah, mas Aldy saya yakin psti ikut tuh... :)

      Hapus
  15. saya bangga dengan Indonesia, bagaimanapun ini merupakan tanah tumpah darahku. Namun sayang saya tidak punya kesempatan untuk mengunjungi berpuluh ribu pulau yang ada di negeriku tercinta.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bangga jadi orang Indonesia. :) Kalau mengunjungi ribuan pulau yg ada di indonesia, saya juga sanggup, mas. Tapi tidak lima pulau besar dulu lah.. (Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa, Kalimantan)

      Hapus
  16. saya juga pengen keliling indonesia om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliling Indonesia bareng yuk.. pake gaya backpaker ajaa.. murah meriah. :)

      Hapus
    2. Hahaha... percakapan dengan buleq di atas jadi mengingatkan masa kecil dulu.. tiap Buleq2 itu lewat, cuma bisa teriak-teriak : "Hallo misterrr... gula-gula.."

      Hapus
    3. Wkwk... jadi ingat kata itu. Masa kecil dulu, kalau ketemu buleq pasti kata2 yg keluar "Hello misterr.. gula-gula.." Hehe.. jadi ketawa sendiri kalau ingat itu. :D

      Btw, mbak Wilda orang Toraja, juga?

      Hapus
    4. Yupp.. makanya akrab sekali dengan cerita "ngobrol dgn bule pake bahasa sekenanya"...
      Oh ya, blognya bagus sekali... saya senang membacanya...
      Kurre sumanga' cess..

      Hapus
    5. Kurre sumanga' duka atas pujiannya mbak.. :)

      Hapus
    6. Eh, tulisan ini untuk lomba blog "paling Indonesia" kan?
      Semoga menang ya....
      *bagi2 hadiahnya hahahaha....

      Hapus
    7. Iya! Makasih atas doanya, mbak. :) Kalau masalah hadiah, gampang diatur lah itu.. :D

      Hapus
  17. Indonesia is a beautiful country. I love Indonesia. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes! Indonesia is beautiful country. And I love Indonesia, too. :)

      Hapus
  18. setuju dengan si bule itu, di kantor bosku seorang singaporean dia heran sendiri karena banyak org indonesia yang sibuk rame2 ke singapore pas liburan katanya di indonesia ini banyak banget tempat2 indah yang wajib kunjung bahkan beliau rencana pengen menetap di indonesia di masa tuanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih.. saya heran sama kebanyakan orang2 Indonesia yg selalu hantusias liburan ke singapore. Padahal di negeri sendiri masih banyak tempat2 eksotik yg wajib dikunjungi. Di singapore, apa coba yang menarik? paling wisata belanja. Ah, barang2 yang dijual di sana juga banyak di Indonesia. :)

      Hapus
  19. wah,, mantap tu conversationnya... mau belajar lgi tu...
    hmmm... nice blog

    BalasHapus
  20. Dri Dlu Pengen pergi Ke Wisata raja ampat krna memiliki Pemandangan yg sngt bgus ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas.. rame2 wisata ke Raja Ampat. Kalau rame2 khan bisa ngambil paket wisata, biar lebih murah. :)

      Hapus
  21. indonesia emang gak ada duannya!!! mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia memang gak ada duanya, karena Indonesia cuma satu. Satu nusa satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. NKRI, harga mati! :)

      Hapus
  22. “Before to Toraja, I have visited Bali and Yogyakarta. Next, I will go to Wakatobi, Bunaken and Raja Ampat”

    hahahha...
    baru bali dan jogja saja yang pernah disambangin...
    #melas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buleq-nya suka wisata bahari. Di semarang ada lokasi wisata bahari yg bagus, gak?

      Hapus
  23. Wisata bahari memang selalu diincar oleh turis, terutama di Indonesia yang memiliki obyek wisata bahari terindah di dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kayaknya potensi wisata bahari yg begitu besar itu, belum dimaksimalkan pemerintah - khususnya dinas pariwisata - untuk menarik turis asing sebanyak2nya ke Indonesia.

      Hapus
  24. bagaimana pun juga, Indonesia adalah Tanah Airku..
    Indonesia-mu adalah Indonesia-ku juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau dan aku adalah Indonesia. Hidup Indonesia. Merdeka! :)

      Hapus
  25. Tadi pagi aku barusan lihat-lihat foto2 jalan-jalan. Trus ngiler, kapan ya kesampaian bisa ngeklaim keliling Indonesia :)

    BalasHapus
  26. Indonesia memang menyimpan sejuta wisata bahari dan budaya yang memang unik dan fresh untuk tetap di angkat ke dunia Online maupun Offline

    BalasHapus
  27. indonesia memang surganya wisata tapi masih banyak tempat yang belum terekspos dan terawat dengan baik/maksimal...sayang banget kannnn...

    BalasHapus
  28. Wah keren yah. Meskipun laut masih cukup parsial ntuk menggambarkan Indonesia, namun sebagai negara maritim, laut sdh cukup mewakili. sy juga kebetulan ikut event ini, kunjungi n kritik tulisan sya juga (maklum masih pemula) hehehehe: ini linknya: http://imamuhidate.blogspot.com/2012/06/indonesia-ujung-tombak-green-blue.html

    BalasHapus
  29. bener sekali..kita harus menjaga kelestarian alam indonesia terutama lautnya, mari kita bersama2 mendukung wisata indonesia..agar sang merah pitih semakin berkibar...
    o y...baca juga artikel aku di http://www.w7ba.com/disaster-petermann-iceberg-glacier-broke-the-sizes-of-manhattan.html
    thanks y bang Fery n tmen2 semua!!!

    BalasHapus
  30. laut-laut di Indonesia memang sangat indah,membuat kita ingin mengunjungi semua tempat wisata bahari yang indah2 itu, tapi kita harus mempunyai kiat2 untuk berwisata, jangan asal langsung dateng j. makanya kalo mau tau tips2 tentang wisata, sempatkan untuk mengunjungi blog saya yach, mdah2n tips2 dari saya dapat memberikan masukan buat kalian. saya tunggu kunjungan dari kang fery & temen2
    thanks kang fery

    BalasHapus
  31. Artikel yang bagus tapi Tana Toraja gak pake huruf "H" mas.

    yang benar Tana Toraja bukan Tanah Toraja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aslinya memang gak pake "H". Makasih atas koreksinya. :)

      Hapus
  32. indonesia beauty country ....itu yang harus dan mestinya tersemat di pikiran masyarakat dunia...keindahan setiap pulau nya sangat luar biasa...dan ini menjadi kewajiban kita sebagai warga indonesia harus menjaga , melestarikan dan mempublikasikan ke dunia

    www.indonesiabeautyful.com

    BalasHapus
  33. Informasi yang sangat membantu dan menjadi bahan inspirasi. Sukses selalu dan semoga bisa terus menyajikan info yang lebih menarik lagi.

    Obat Pendarahan Kista | Pengobatan Tradisional Jantung Aritmia | Obat Infeksi Saluran Kemih | Obat Plak Pembuluh Darah | Obat Alami Demam Tifoid | Obat Sakit Sendi Paha

    BalasHapus