Tips Menghemat Kuota Bandwidth Internet dan Mempercepat Loading Webpages Menggunakan Browser Opera 12

Siapa yang tidak kenal dengan Opera Mini? Wah, kebangetan banget kalau sampai ada yang nggak tahu. :D Sampai detik ini, Opera Mini masih browser yang terbaik untuk perangkat mobile (mobilephone). Sayang, kepopuleran Opera Mini tidak diikuti oleh browser Opera untuk PC. Kalah populer dengan Mozilla Firefox, Chrome, dan Internet Explorer. Padahal kalau menurut saya, browser Opera adalah browser yang sangat lengkap dengan berbagai macam fitur penunjang kelancaran, kemudahan dan keamanan berselancar di dunia maya. Salah satu fitur yang sangat saya suka dari Opera adalah fitur TURBO. Sejauh pengetahuan saya, fitur seperti ini hanya ada di browser Opera.



Yang belum pernah menggunakan browser Opera untuk PC, pasti penasaran dan bertanya-tanya “Apa sih fungsi fitur Opera Turbo”?

Oke lah kalau begitu, saya jelaskan secara singkat saja yaa…

Jadi.. Opera Turbo adalah sebuah fitur yang berfungsi mempercepat waktu loading sebuah halaman web dan menghemat kuota bandwidth. Cara kerjanya: situs atau halaman web yang akan kita buka/kunjungi terlebih dahulu dikompres di server opera, baru kemudian ditampilkan di bowser Opera. Dengan cara ini, halaman situs yang akan kita buka lebih ringan, sehingga otomatis waktu loading-nya pun akan lebih cepat dan lebih hemat bandwidth, tentunya.

Dulu, sebelum ada fitur TURBO di browser Opera, berbagai tips dan trik mempercepat koneksi internet dan menghemat pemakaian kuota bandwidh, telah saya coba. Dari yang manual sampai yang pake software. Tapi software yang gratis loh.. karena kebanyakan software-nya, berbayar. Maklum.. kondisi keuangan saya belum mendukung untuk berlangganan internet unlimited dengan speed yang tinggi.

Akhirnya, untuk memenuhi hasrat online saya yang cukup tinggi ( lebay mode on  :D ) dengan sedikit memaksakan, saya berlangganan koneksi internet murah berbasis kuota dengan speed yang rendah (dibatasi). Nah, agar koneksi internet saya tidak lelet dan tidak boros data, saya pakelah berbagai macam tips dan trik serta software atau layanan web accelerator yang banyak beredar di internet. Salah satu software pengompres yang pernah saya pake adalah Toonel. Yang berbayar seperti nitro dan onspeed, saya pake sampai vesi trial (percobaan) nya saja. :D

Namun sejak dirilisnya Opera 10 dengan fitur Turbo (2010), sejak itu pula saya sudah tidak lagi memakai software-software penghemat kuota bandwith internet, tersebut. Saat postingan ini saya buat, versi terbaru Opera adalah Opera 12, yang tetap menjadikan fitur Turbo sebagai fitur andalannya.

Fitur Opera 12 yang menarik untuk dibahas, sebenarnya masih banyak. Tapi untuk postingan kali ini, saya khususkan membahas pemanfaatan fitur Turbo dan fitur pendukung lainnya untuk menghemat kuota bandwidth internet dan mempercepat loading halaman web. Untuk fitur yang lain, akan saya bahas di the next postingan.

Tertarik menggunakan browser Opera untuk PC?  Jika iya, silahkan klik ~>  download Opera 12

Secara default, fitur turbo tidak diaktifkan saat pertama kali browser opera diinstal. Karena itu harus diaktifkan sendiri oleh pengguna. Caranya mudah! Coba perhatikan sudut kiri paling bawah, disitu ada tiga icon. Icon yang paling kanan, itu adalah icon Opera Turbo. Klik icon tersebut lalu klik "Enable Opera Turbo" pada sub menu yang muncul. Selesai! Fitur Opera Turbo telah on (aktif).

Kita bisa mengatur fitur Opera Turbo supaya bekerja secara otomatis. Dimana fitur opera turbo akan otomatis on jika koneksi sedang lambat (lelet), dan akan kembali off jika kembali normal (cepat). Caranya, klik icon opera turbo yang ada sudut kiri bawah dan klik "Configure Opera Turbo..." pada menu yang muncul. Akan muncul window seperti di bawah ini. Selanjutnya pilih "Automatic" lalu OK. Selesai!


Karena saya menggunakan koneksi internet dengan sistem kuota, jadi saya harus menghemat kuota bandwdith. Karena itu, saya jarang banget menggunakan pilihan "Automatic".  :-)

Selain dengan mengaktifkan fitur TURBO, cara lain yang saya lakukan untuk mempercepat loading web dan menghemat kuota bandwith, yaitu:

# Mendisable/menonaktifkan "Animated Images"

Animasi adalah salah satu content web/blog yang cukup menguras kuota bandwith internet. Semakin banyak images animasi dalam sebuah halaman web, maka semakin berat dan lama pula waktu loading halaman web tersebut. Karena itu, fitur “animated images” selalu saya nonaktifkan.

Secara default, fitur “animated images” aktif saat pertama kali browser Opera diinstal. Dengan mendisable/menonaktifkan fitur ini, maka setiap images animasi yang terdapat dalam halaman web yg dibuka, tidak akan ikut di-load (dimuat) namun hanya akan ditampilakn dalam bentuk image tanda play. Kalau mau melihat atau menjalankan animasi tersebut, tinggal klik tanda play tersebut.

Cara menonaktifkan-nya..

Masuk ke Menu > Settings > Preverences.... (atau tekan Ctrl + F12) maka akan muncul window seperti di bawah ini. Klik atau pilih tab "Advanced" lalu pilih "Content". Hilangkan tanda "centang" pada tulisan "Enable animated images", lalu klik OK. Selesai!



Menonaktifkan fitur “animated images” memang sedikit membuat sebuah halaman web kehilangan daya tarik atau keindahan. Tapi demi menghemat bandwith dan mendapatkan loading speed  yang cepat, hal tersebut terpaksa saya lakukan. :-)

# Mendisible/menonaktifkan fitur "Sound in Webpages"

Selain images (statis dan animated) sound atau suara juga sering menjadi bagian dari sebuah halaman web. Sound itu bisa dari iklan, radio, atau media player yang dibuat berjalan otomatis ketika halaman web dibuka. Buat saya, sound ini tidak penting! karena itu, fitur “soudn in webpages” saya matikan untuk lebih mempercepat loading dan menghemat bandwith.



Sama seperti fitur “animated images”, fitur “sound in webpages” juga secara default aktif saat pertama kali menginstal browser opera. Untuk menonaktifkan-nya, ikuti langkah menonaktifkan "animated images di atas, lalu hilangkan tanda centang pada tulisan "Enable sound webpages".

# Mendisable/menonaktifkan "JavaScript"

JavaScript adalah sebuah bahasa pemograman yang banyak digunakan untuk membuat sebuah website lebih interaktif. Semakin banyak JavaScript digunakan pada sebuah web atau blog, maka semakin berat pula loading halaman web tersebut.

Langkah menonaktifkannya sama dengan "animated images" dan "sound in webpages" di atas. Hilangkan tanda centang pada tulisan "JavaScript".



Mendisable/menonaktifkan JavaScript, saya lakukan hanya koneksi koneksi benar-benar lagi lelet. Efek sampingnya, halaman web yang saya kunjungi jadi kurang interaktif. Contohnya, kita gak bisa komen dan update status di facebook, bahkan nge-like status teman aja gak bisa. Begitu juga dengan blog, kita gak bisa ngasih komen. Kita hanya bisa melihat dan membaca status teman.

# Mendisable/menonaktifkan "Images"

Menonaktifkan images dengan memilih pilihan "No Images" (seperti dalam gambar di bawah) adalah jurus terakhir yang biasa saya keluarkan jika koneksi internet benar-benar super lelet (lemot abis!). Efek sampingya, halaman web jadi kurang enak dipandang mata, karena yang muncul hanya teks (tulisan), doank. Semua content images, termasuk video tidak ditampilkan.



----------------------

Untuk lebih jelasnya tentang cara setting browser Opera agar hemat kuota bandwidth dan loading halaman web lebih cepat, silahkan play video sederhana yang bikinan saya sendiri di bawah ini.


Semoga tips dari saya ini bermanfaat.

Mungkin teman-teman punya tips dan trik lain seputar browser Opera? Jangan sungkan dan pelit untuk barbagi disini yaa... :-)





KOMENTAR

43 komentar:

  1. wekeke, ini posting berbayar ya.. (sponsored post), kok rinci banget reviewnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan! Postingan ini saya buat untuk kontes review yang diadain sama Opera Indonesia feat Chip Online. Kebetulan saya memang udah lama pake browser Opera, jadi pas banget dengan tema kontes-nya "berbagi tips browsing dengan Opera browser". :)

      Hapus
    2. oh, gitu.. saya sotoy (sok tau) banget ya mas feri.. sampe dibales make tanda seru (!)

      yodah, moga" menang ya mas :D

      Hapus
  2. Setuju banget.. Saya juga udah lama pakai opera.. Apalagi untuk browsing diponsel pakai opera mini benar2 sangat membantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Opera Mini, memang belum terkalahkan. :)

      Hapus
  3. ini lomba ya mas fer.. wahh bisa juara nih hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Tomi, ini lomba review yg diadain oleh Opera Indonesia dan CHIP Online Indonesia. Kebetulan saya memang pengguna Opera, jadi pas Opera ngadain kontes review tentang browser opera, saya langsung ikut deh.. :)

      Harapannya sih memang juara, tapi ngelihat review peserta yang lain, saya jadi ragu. :D

      Tapi makasih buat doanya, mas. :)

      Hapus
  4. wow tipsnya sangat berguna nih mas..... lumayan hemat bandwidth... terima kasih mas idenya...

    BalasHapus
  5. weiii gitu caranya ya, ok gan, tenkyu. sudah saya aktifkan untuk opera turbonya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak kost memang paling cocok dengan Browser Opera, karena anak kost kebanyakan berlangganan internet berbasis kuota. :D

      Hapus
  6. Selama ini saya cuma pake Mozilla Firefox. Hmm... jadi tertarik nih pake Opera. Kebetulan saya juga berlangganan internet berbasis kuota. Thanks atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba, gan. Saya bisa pastikan, browser opera sangat cocok bagi pelanggan internet berbasis kuota, karena bisa menghemat bandwidth.

      Hapus
  7. Tips yang sangat berguna. trims udah sharing

    BalasHapus
  8. jujur saya blogger mobile mas . ini saya mobile pakai opera mini . Kalau opera mini setau saya tanpa mengaktifkan fitur turbo sekalipun, untuk opera 6.5 keatas sudah disediain fitur data usage yang gunanya buat mengompress data . Paket 5MB saja bisa jadi 100MB kalau pakai opera mini :) untuk opera pc sendiri saya belum terlalu srek karna kalau online via pc saya masih sering pakai firefox .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, Opera Mini memang tidak (belum) dilengkapi fitur TURBO, karena memang dari dulu Opera Mini sudah menggunakan simtem kompresi. Yang ada fitur turbo-nya itu Opera Mobile dan Opera untuk PC.

      Hapus
    2. tapi masuk kesini juga bisa jadi turbo lo mas :
      www*opera*com/portal/turbo/

      Hapus
    3. Eh, iyaa... saya coba buka alamat itu di Google Chrome, tulisannya yg muncul "Opera TURBO diaktifkan". Tapi masak sih.. fitur Opera TURBO bisa aktif di browser lain?

      Hapus
  9. Saya juga pengguna opera tapi itu dulu. Saya kurang suka aj dengan tampilannya. Lagian kalo make' opera seringkali cachenya meninggalkan jejak yg berat dan kalo di non aktifkan gambar dan video maka kurang menarik juga berkunjung ke wab2 yg berbasic gambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tampilan, saya malah suka dengan tampilan Opera yg sekarang. Kalau masalah, cache yang berat, justru itu kelebihan Opera, karena bisa menghemat kuota dan mempercepat waktu loading halaman web yg sering kita kunjungi.

      Trus kalau masalah gambar dan video yg dinonaktifkan, itu hanya saran buat yang berlangganan internet berbasis kuota (volume based) agar kuota bandwidth-nya tidak cepat habis (hemat).

      Hapus
  10. Selamat ya sudah jadi pemenang.salam kenal ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengumuman pemenangnya dimana? Saya check di Blog My Opera dan Chip Online, belum ada pengumuman tuh?

      Hapus
    2. Ternyata pengumumannya lewat twitter @CHIPIndonesia dan fan page CHIP Indonesia.

      Puji TUHAN, tulisan saya ini juara pertatama.

      Makasih mas, atas informasinya. Salam kenal balik. :)

      Hapus
  11. wah,,ternyata kontes to mas,, :D
    tapi artikele menurut saya udah bagus dan jelas :D
    semoga menang mas,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji TUHAN, udah menang, gan. :)

      Berbagi tips sambil ikut kontes, ibarat menyelam sambil minum air. Kalau menang hitung2 itu bonus, kalau kalah ya gak masalah karena tujuan utamanya adalah berbagi. :D

      Hapus
  12. Wah baru tau ane, boleh coba nih,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget, gan. Silahkan dicoba browser opera-nya. :)

      Hapus
  13. like this, thank u..

    BalasHapus
  14. boleh th g sekarang admin pake internet operator apa..?? sekali lagi selamat untk kmenangannya..

    BalasHapus
  15. tapi kan sekarang pada unlimited semua mas layanan internet..
    jadi pakai browser manapun sepertinya sama saja., saya pribadi lebih menyukai Firefox sebagai browser favorit saya !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saiap bilang layanan internet saat ini unlimited semua. Justru malah sebaliknya, rata-rata berbasis kuota.

      Hapus
    2. setuju gan, saya rasa sekarang hampir gak ada lgi yang nawarin internet unlimited, kalaupun ada pasti mahal..

      Hapus
  16. Waaah,,, boleh jg ni beralih ke opera, sekarang setia cma sama 1 browser, yaitu mozila. TQ gan, tak pertimbangkan deh,,,

    BalasHapus
  17. masing masing punya selera pak boss,,,
    hatur nuhun ahk informasinya...

    BalasHapus
  18. Panjang AMAT soBB juduLnyaaa...

    ijin copas yach sobbb, ntar cantumin dech Link sumbernyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... iya juga yaa... baru sadar kalau judulnya terlalu panjang. :D

      Silahkan dicopas, sob. Jangan lupa kasih link ke sumbernya yaa... :)

      Hapus
  19. YAH klO KEBAnyakAN YAng di DISABle ... JAdi nGA MEriah doOnk

    aRMStroNG_ProducT@YahOo.co.ID

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini khan cuma pilihan kalau mau hemat kuota sob... kalau mau meriah ya nggak usah didisable. :)

      Hapus
  20. Tengkyu infonya, Bang. Saya lagi browsing2 soal opera & twitter web mobile, eh nyasar juga ke sini. Langsung download opera buat PC hehehe

    BalasHapus