iPhone 3GS Kini Jadi iPhone Murah

iPhone 3GS yang awal pelunjurannya (juni 2009) dipatok dengan harga sekitar 7 juta rupiah kini telah jadi iPhone murah dengan harga 3 juta rupiah. iPhone 3GS sendiri merupakan generasi ke-3 iPhone. Sebelumnya ada iPhone classic dan iPhone 3G. Dulu, iPhone 4S sempat dikira banyak orang iPhone versi murah. Ternyata perkiraan itu salah besar! ( Baca: iPhone 4S – iPhone versi Murah )

Dengar2 Apple sengaja mempertahan iPhone 3GS untuk bersaing dengan produk smartphone lainnya seperti android, blackberry dan nokia di pasar smartphone kelas menengah. Salah satu buktinya, apple masih memberikan dukungan upgrade OS iPhone 3GS ke operating system iPhone terbaru, yaitu iOS 6.

harga iphone 3GS dan iPhone 4S
JuraganGadget.com, 19 juli 2012

Tapi jangan senang dulu.. karena tidak semua fitur baru di iOS 6 akan mampu dinikmati di iPhone 3GS. Hal itu disebabkan hardware iPhone 3GS seperti prosesor, RAM, dll, sudah tidak support lagi dengan fitur terbaru di iOS 6. Karena itu, fitur-fitur yang tidak lagi disupport hardware iPhone 3GS, sengaja dihilangkan supaya performa iPhone 3GS tetap baik.

Spesifikasi iPhone 3GS

  • Layar : TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 320 x 480 pixels, 3.5 inches
  • Prosesor : 600 Mhz Cortex A-8
  • RAM : 256 MB
  • Memory Internal : 8, 16, dan 32 GB
  • Kamera :  3.15 MP, 2048x1536 pixels, autofocus

iPhone 3GS - iPhone Murah

Di Amerika, iPhone 3GS dijual GRATIS! tapi dengan syarat kontrak dua tahun dengan operator seluler. Di Indonesia, setahu saya, mitra eksklusif Apple adalah Telkomsel. Waktu iPhone 3GS pertama kali masuk Indonesia, Simpati menjualnya dengan harga mulai 1,7 juta rupiah dengan kontrak selama satu tahun. Kalau sekarang, simpati jualnya berapa, ya? Mungkin nggak, gratis kayak di Amerika?

Banyak yang memimpikan punya gadget buatan apple, karena kualitas dan eksklusifitas-nya yang bisa menaikkkan GENGSI seseorang. Tapi karena harganya yang tidak bersahabat dengan kantong masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah, akhinya produk2 Apple seperti iPhone hanya mampu dinikmati oleh orang-orang kelas ekonomi menengah atas.

Namun seiring dengan lahirnya generasi-generasi iPhone terbaru, membuat harga iPhone generasi yang lama juga ikut turun. Contohnya iPhone 3GS.  Ini tentu membuka peluang bagi masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah yang selama ini memimpikan smartphone bikinan Apple, untuk menaikkan GENGSI, bisa terwujud. Tapi ya itu, Anda hanya akan bisa menikmati fitur-fitur lama yang sudah BASI! karena spesifikasi hardware-nya sudah tidak support lagi dengan fitur-fitur terbaru yang butuh spesifikasi hardware tinggi.  :-)




KOMENTAR