Sony Xperia Tipo vs Samsung Galaxy Mini 2

Tadi sore waktu lagi walking-walking by bicycle, saya melihat banyak iklan Sony Xperia Tipo, terpampang di billboard besar pinggir jalan. “Sony Xperia Tipo, hanya Rp 1,5 Jutaan” tertulis jelas di media iklan outdoor tersebut. “Saingan Samsung Galaxy Mini 2, nih..” kata saya dalam hati waktu pertama kali melihat iklan tersebut.


Karena iklannya cukup banyak saya lihat di jalan-jalan, sesampai di rumah, saya jadi tertarik untuk mengenal lebih lanjut tentang Sony Xperia Tipo. Dalam hati saya, siapa tahu dengan harga 1,5 juta rupiah, spesifikasi Xperia Tipo sama atau malah lebih tinggi dari Samsung Galaxy Mini 2 (Generasi kedua dari Samsung Galaxy Mini), yang harganya sedikit lebih mahal (1,9 juta rupiah).

Kalau melihat gambar iklan-nya sih.. Sony Xperia Tipo sangat mengandalkan fitur audio (musik). 

Sony Xperia Tipo
Sony Xperia Tipo

Dari hasil infestigasi (hehe.. kayak detektif saja) yang saya lakukan, memang benar, dilihat dari segi spesifikasi hardware, Sony Xperia Tipo cukup setara dengan Samsung Galaxy Mini 2. Keduanya menggunakan prosesor berkekuatan 800Mhz, RAM 512, dan kamera 3.15 megapixel (tanpa fitur auto fokus dan LED flash). Untuk memori internal,  Sony Xperia Tipo sedikit kalah, karena memori internal-nya hanya 2.9GB, sedangkan Galaxy Mini 2, memori internal-nya 4GB. Tapi untuk baterai, Xperia Tipo menang, dengan kekuatan baterai 1500 mAh, sedangkan Galaxy Mini 2 hanya 1300 mAh.

Kemudian untuk masalah OS (Operating System). Sony Xperia Tipo lebih unggul, karena telah menggunakan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), sedangkan Samsung Galaxy Mini 2 masih menggunakan Android 2.3 (Gingerbread). Untuk layar, ukurannya hampir sama. Sony Xperia Tipo hanya kalah 0,07 inchi. Perbedaan paling mencolok adalah di warna layar. Ketajaman warna Galaxy Mini 2 lebih baik karena menggunakan layar sentuh TFT kapasitif 16 juta warna, sedangkan layar Sony Xperia Tipo hanya 262 ribu warna. Ralat: Xperia Tipo dan Galaxy Mini 2 memiliki ketajaman warna yang sama, yaitu 256 ribu warna.

Samsung Galaxy Mini 2
Samsung Galaxy Mini 2

Dari segi disain, menurut saya, Samsung Galaxy Mini 2 tampil lebih lebih ELEGAN, terutama kalau dilihat dari depan. Galaxy Mini 2 punya dua pilihan warna back cover, yaitu hitam dan kuning. Sedangkan Sony Xperia Tipo terlihat lebih manis dan imut. Istilah anak muda jaman sekarang “unyu-unyu”.  :D   Apalagi Sony Xperia Tipo hadir dgn 4 pilihan warna (hitam, putih, merah, biru), makin “unyu-unyu” deh..!  Cocok banget buat anak muda.

Nah, sekarang tinggal mau pilih yang mana, yang “elegan” atau yang “unyu-unyu”?  :-)

Kalau saya sih.. pilih Samsung Galaxy S3 atau Sony Xperia S. Sayang, belum mampu beli! :D *selera tinggi*




KOMENTAR