Harga Blackberry CDMA Yang Murah, Jadi Daya Tarik Konsumen!

Blackberry CDMA kini semakin diminati. Meningkatnya pengguna Ponsel CDMA tidak lepas dari semakin banyaknya operator seluler CDMA dan semakin luasnya jaringan CDMA itu sendiri. Selain itu, harga blackberry CDMA juga lebih murah jika dibandingkan dengan BB GSM. Minat pengguna BB CDMA juga dipengaruhi oleh murahnya biaya berlangganan BIS (blackberry internet servive) yang ditawarkan operator CDMA. Serta koneksi jaringannya yang relatif lebih stabil (lancar) karena penggunanya belum sepadat pengguna jaringan GSM.


BB CDMA ada yang kartu atau nomor-nya menggunakan sistem inject (mendaftarkan ESN ke sistem jaringan operator) dan ada yang menggunakan sistem sim card. Blackberry yang support CDMA biasanya juga support jaringan GSM. Jadi bisa menggunakan dua jaringan. Dan pada umumnya, BB CDMA yang menggunakan dua jaringan (CDMA dan GSM), salah satu jaringannya menggunakan sistem inject (suntik).

Namun blackberry yang menggunakan dua jaringan tidak bisa dual on. Artinya “dual on”, kedua jaringan (nomor) tidak bisa aktif secara bersamaan, harus ada salah satu yang mengalah (dinonaktifkan). Untuk switch jaringan dilakukan melalui manage connection.

Blackberry type apa saja yang Support CDMA?

  • BlackBerry Bold 9650, 9930 Montana
  • BlackBerry Curve Gemini 8530
  • BlackBerry Curve 9370, 9350, 8350i, 8320, 8330, 3G 9330
  • BlackBerry Pearl 8220, Flip 8230
  • BlackBerry Storm 9530
  • BlackBerry Touch 9850 Monaco
  • BlackBerry Style 9670
  • BlackBerry Tour 9630 
(Sumber: BerryIndo.com)

Nah, itu lah daftar beberapa type smartphone blackberry yang support jaringan CDMA. Namun kabarnya tidak semua type blackberry CDMA tersebut ada di Indonesia.

Blackberry CDMA - BB Curve 8530 Aries

Kekurangan CDMA menurut saya adalah, nomor CDMA hanya bisa digunakan di satu kota (mirip telepon rumah). Sebenarnya bisa juga sih digunakan di kota lain, tapi sebelum keluar kota, kita harus daftar atau konfirmasi dulu ke operator melalui sms atau telepon. Ribet banget, khan?

Tapi ya itu lah.. setiap produk punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi semua kembali pada kita sebagai pengguna. Pilih sesuai kebutuhan.



KOMENTAR