LED Monitor LG Terbaru Berteknologi IPS

Hari gini masih ada yang pake monitor tabung?  Wah, ketinggalan banget tuh orang. :D Udah monitornya berat, makan tempat karena tebalnya minta ampun, boros listrik lagi. Udah gitu kualitas gambarnya udah kalah jauh dengan kualitas monitor terbaru jaman sekarang. Jadi sudah gak ada alasan untuk tetap menggunakan Monitor CRT (monitor tabung).


Sekarang tuh jamannya monitor LCD (Liquid Crystal Display) yang lebih ramping (tipis), lebih hemat listrik dan yang pasti kualitas gambarnya lebih baik. Atau mau yang lebih bagus lagi? LED Monitor jawabannya (kualitas gambar lebih bagus dan lebih hemat listrik).

Mungkin Ada yang bertanya, “Apas sih yang membedakan monitor LCD dengan LED?”. Secara fisik bedanya nggak ada, Yang membedakan hanya pada sistem backlight nya. LCD Monitor menggunakan backlight CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps) sedangkan LED Monitor menggunakan backligh LED Lamp (Light Emitting Diode Lamp).

Untuk masalah teknis kerja kedua sistem backlight tersebut, saya kira nggak perlu saya jelaskan. Karena menurut saya, hal teknis tersebut tidak penting diketahui konsumen (user). Disamping itu juga, saya bukan ahlinya :D Namun yang pasti, kualitas gambar LED Monitor lebih baik dan lebih hemat listrik dari LCD Monitor.

Eits, masih ada yang lebih baik, loh…!!!

Baru-baru ini, LG, produsen elektronik ternama asal korea selatan, yang selama ini fokus pada pengembangan perangkat monitor, meluncurkan 4 monitor LED terbaru yang menggunakan teknologi panel layar terbaik di dunia saat ini, yaitu IPS (In-Plane Switching). Karena itu monitor tersebut diberi label atau nama Monitor Super LED IPS.

Berdsarkan beberapa literatur yang saya baca, kelebihan teknologi panel IPS, yaitu: tampilan warna gambar yang dihasilkan lebih cemerlang dan akurat sesuai warna aslinya. Serta sudut pandangnya lebih lebar, sehingga bila dilihat dari sudut manapun gambar tetap terlihat dengan baik.

Keempat monitor Super LED IPS LG yang secara resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan september 2012 tersebut, yaitu:

  • LG TM2792D (Monitor 3D)
  • LG D2343P (Monitor 3D)
  • LG IPS237L
  • LG IPS224V

Dalam keterangan press release PT. LG Indonesia di berbagai media online, mengatakan kalau Monitor Super LED IPS LG, memberikan kenyamanan visual terbaik. Tampilan warna cemerlang dan akurat sesuai dengan warna asli objek-nya. Perpindahan warna sangat lembut sehingga pergerakan-pergerakan cepat pada layar dapat ditangkap mata secara halus tanpa ada distorsi (gambar tampak kabur/blur).

Klaim kenyamanan visual monitor LG Super LED IPS, katanya sudah mendapat pengakuan dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI).

Monitor LG Super LED IPS


Selain mengandalkan keunggulan teknologi panel IPS, keempat monitor LED IPS LG ini juga mengandalkan fitur-fitur canggih hasil inovasi LG sendiri. Seperti untuk monitor seri LG TM2792D dan LG D2343P yang dilengkapi dengan fitur tiga dimensi (3D) menggunakan teknologi FPR (Film Patterned Retarder). Teknologi 3D yang tanpa menggukan baterai pada kacamataya, sehingga tidak membuat mata cepat lelah dan kepala pusing.

Fitur-fitur canggih lainnya yang ditanamkan pada kedua seri monitor LED IPS 3D ini, yaitu:

  • 2D to 3D Convertion
    Ditengah masih minimnya konten 3D saat ini,  Fitur canggih ini mampu mengubah konten 2D menjadi 3D. Pengatur kedalaman 3D sampai 20 level kedalaman (monitor 3D lainnya hanya sampai 10 kedalaman).
  • MHL (Mobile High Defenition Link)
    Dengan fitur ini, pengguna dapat memindahkan konten HD (High Defenition) dari smartphone-nya yang juga mendukung MHL ke layar monitor menggunakan kabel micro HDMI. Yang hobi main game di ponsel pintar, pasti suka banget sama fitur ini, karena bisa merasakan sensasi main game di layar monitor yang lebih baik dan lebih luas.
  • Dual Play Screen
    fitur ini akan memberikan sensasi baru bagi para gamers saat memainkan game yang melibatkan dua orang. Dengan fitur ini, screen monitor bisa dibagi dua sehingga masing-masing pemain akan mendapatkan layar penuh. Memainkan game balapan seperti Need For Speed, pastinya akan lebih seru dan menyenangkan.
  • SmartShare
    Fitur ini berfungsi memudahkan pengguna untuk urusan berbagi berkas/konten dengan perangakat, seperti: ponsel pintar (smartphone) dan flashdisk.
  • Wi-Fi Direct dan TV Tuner
    Khusus untuk seri LG TM2792D dilengkapi dengan fitur Wi-Fi direct dan TV Tuner, sehingga untuk urusan akses internet dan nonton siaran televisi, jadi lebih mudah.
  • Super Energy Saving
    Nah kalau fitur yang ini hanya ada pada seri LG D2343P. Fitur penghemat energi listrik ini diklaim mampu menghemat energi listrik sebesar 25% dari komsumsi energi listrik monitor LED biasa, tanpa mengurangi kualitas kecerahan dan warna objek pada layar. 

Monitor LG LED IPS


Sedangkan untuk monitor LG seri IPS237L dan IPS224V,  walaupun tanpa dilengkapi teknologi tiga dimensi (3D) namun fitur-fitur canggih hasil inovasi LG, seperti Super Energy Saving dan MHL (Mobile High Defenition Link) juga menjadi unggulannya. Dan fitur yang paling istimewa pada kedua seri monitor LG Super LED IPS ini adalah fitur Dual Smart Solution dengan tiga keistimewaan, yaitu :

  • Dual Monitor
    Memungkinkan pengguna bekerja melalui satu PC yang tersambung dengan dukungan dua monitor. Tiap monitor bisa menampilkan program yang berbeda sehingga pengguna bisa memantau sambil menyelesaikan pekerjaan lainnya. Fitur dual monitor sebenarnya juga ada pada monitor konvensional, namun pengaturannya rumit. Nah, dengan inovasi LG, pengaturan fungsi dual monitor jadi lebih mudah dan cepat. Hanya dengan sekali sentuhan pada shortcut yang disebut Dual Package Hotkey kedua monitor ini dapat menampilkan program dari satu monitor ke monitor lainnya.
  • Dual Package
    Pengguna dapat menampilkan lebih dari satu program pada saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua. Monitor konvensional tidak bisa melakukan ini.
  • Dual Web
    Pengguna dapat menayangkan dua situs secara bersamaan dalam satu layar. Tiap situs tampil proporsional walaupun dalam format setengah layar.

Selain menawarkan keunggulan dari sisi teknologi panel IPS dan fitur-fitur canggih hasil inovasi LG, keempat seri monitor Super LED IPS ini, juga menawarkan estetika desain. Keempatnya tampil dengan balutan warna hitam dan body yang makin slim (ramping) membuatnya tampak elegen.

Nah, itulah kehebatan dari monitor LG Super LED IPS yang berhasil saya ketahui. Kalau mau informasi lengkapnya, silahkan liat dan baca sendiri di situs resmi LG (lg.com) atau bisa juga di di fanpage facebook LG IT.



KOMENTAR

26 komentar:

  1. di bandingkan sama merek2 terkenal lainnya LG lebih murah ya, dan kuaitasnya gak jauh berbeda kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal monitor, LG justru rajanya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Emank nggak salah kalau seniman grafis pake monitor LG. :)

      Hapus
  3. keliatannya mas feri ini akur banget sama LG.. jangan-jangan jadi ambassadornya LG nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger tekno seperti saya memang harus akrab dgn semua produsen barang2 elektronik, termasuk LG. :)

      Saya sih mau banget jadi ambassadornya LG, tapi sayang sampai sekarang belum ada tawaran dari LG. :D *ngarep*

      Hapus
  4. Balasan
    1. Manggut2 tanda ngerti atau tanda apa nih? :)

      Hapus
  5. Apaan itu IPS? Heheheh Ilmu Pengetahuan SOsial ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya baca dulu sebelum koment, biar tahu. :)

      Hapus
  6. Sayang harganya masih lumayan tinggi nunggu sekitar 1 jutaan dulu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nunggu harga turun, keburu jadi barang jadul. :D

      Hapus
  7. kalo inovasi LG mah jaginya.

    salam.

    BalasHapus
  8. LG memang handal...dari monitor hingga smartphone saya percayakan pada merk ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk monitor, saya pilih LG, tapi kalau untuk smartphone, saya pilih merek lain. :)

      Hapus
  9. tetep aja mahal bagi anak smp hahahaha.. makin manteb aja Teknologi yang di tulis om ferry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah.. belum bekerja, jelas belum mampu beli sendiri. Tapi orang tua mampu khan..??? :D

      Hapus
  10. Wah, keliatannya pasar indonesia mulai diramaikan dengan LED. Review LED samsung juga mas kalau bisa. Kebetulan saya lagi berencana untuk drop beberapa produk LED bulan depan. Biar bisa di kenalkan kepada user.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, gan. Lain kali saya akan review Monitor LED Samsung.

      Hapus
  11. Ngiler..pengen beli tapi duit masih buat kebutuhan lain, mending pentingin kebutuhan daripada keinginan ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget! Dahulukan kebutuhan daripada keinginan. :)

      Hapus
  12. Hadeeww,,, sumbernya darimana ni mas bro???
    masih bagusan Monitor tabung di banding LCD/LED..
    Monitor Tabung gak kenal distorsi (Blur/Noise Pic)klo LED/LCD Mah, Kayak Nonton Gambar PStation trus wayang" tampak Boncel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumbernya langsung dari LG mas bro..

      Hapus