Cara Mengembalikan File Yang Disembunyikan Virus di Flashdisk

Pastinya kamu bakalan kaget saat mendapati file-file dokumen dan foto di flashdisk kamu tiba-tiba hilang setelah pulang dari warnet atau habis mengambil/mengcopy data dari komputer atau laptop temen. Dan tidak lama kemudian, tiba-tiba saja file dokumen/foto itu muncul kembali di flashdisk, namun telah dieksekusi menjadi file dengan ekstensi EXE. Itu tandanya flashdisk kamu terserang virus. Bisa Trojan, Worm atau Sality. Kejadian ini sering saya alami sehabis ngambil data di warnet.


Sebetulnya semua data asli masih ada dan tidak hilang, hanya disembunyikan oleh virus tersebut. Nah, untuk mengembalikan file yang disembunyikan virus tadi, kita bisa melakukannya secara manual melalui “Command Prompt”.

Caranya :
  • Masuk ke menu Start >> All Programs >> Accessories >> Command Prompt
  • Setelah itu ketikkan letak drive-nya, misalnya flashdisk itu ada di drive E, F, J atau K, tergantung partisi yang ada di kompi Anda.
  • Lalu ketikkan DIR, maka muncullah file-file kita yang ada di flashdisk, jadi misalkan flasdsik ada di drive F, maka tampilan di layar adalah E:\DIR lalu ENTER.
Cara mengembalikan file yg disembunyikan virus

Nah cara mengembalikannya adalah kita harus tahu dulu ekstensi word itu adalah "doc" dan untuk foto adalah "jpg/png". Sebagai contoh, jika di flashdisk kamu sekarang ada file dokumen dengan nama "dokumenku.exe" padahal tadinya adalah "dokumen.doc", maka cara memunculkannya dapat dilakukan dengan perintah :

attrib -S -H -A *.doc lalu tekan ENTER

Mengembalikan file yg sembunyikan virus

Begitu juga ketika file aslinya adalah foto dan berubah dengan ekstensi EXE, maka kode *.doc di atas tinggal diganti dengan *.jpg.  Misalnya "fotoku.exe", maka seluruh file foto yang berformat JPG, akan kembali dimunculkan (terlihat).

Cara lain yang lebih cepat adalah dengan menggunakan kode perintah *.* 

attrib -S -H -A *.* lalu tekan ENTER

Dengan kode ini, maka seluruh jenis format file (doc, jpg, png, dll) yang disebunyikan oleh virus, akan dimunculkan kembali. Jadi kita tidak perlu berlama-lama memunculkan setiap jenis file satu per satu seperti pada cara pertama di atas.

Mungkin ada cara lain yang lebih mudah  dan praktis dari cara di atas?

Tulis di kolom komentar yaa... :-)



KOMENTAR