Kekurangan dan Kelebihan Blackberry (BB) CDMA

Kemarin saya ditanya-tanya seorang teman tentang kelebihan dan kekurangan Blackberry CDMA. Sepertinya dia mau beli Blackberry tapi masih bingung mau pilih BB CDMA atau BB GSM. Karena belum pernah menggunakan blackberry CDMA, saya pun hanya menjawab sesuai apa yang saya pernah baca, lihat dan dengar dari berbagai sumber.


Setahu saya harga Blackberry CDMA lebih murah dari harg BB GSM, karena kebanyakan BB CDMA yang ada di pasaran saat ini merupakan paketan bundling operator, artinya blackberry CDMA tersebut telah disubsidi oleh operator sehingga harganya diturunkan. Konsekuensinya pengguna tidak dapat menggunakan nomor dari operator CDMA lainnya, karena biasanya nomor-nya akan dikunci (locked) sehingga hanya bisa menggunakan jaringan operator pem-bundling.

Blackberry CDMA Curve 8530 Aries
Blackberry Curve 8530 Aries adalah salah satu BB CDMA yg paling laris

Juga setahu saya pada umumnya blackberry CDMA tidak menggunakan SIM CARD, tapi menggunakan sistem inject, dimana nomor handphone di tanam dalam perangkat BB tersebut. Jadi pengguna tidak mudah ganti2 nomor. Kalau mau ganti nomor, harus menghubungi operator terlebih dahulu. Tapi dengar-dengar, sekarang BB CDMA sudah ada yang menggunakan nomor model SIM CARD.

Untuk masalah jaringan, coverage CDMA memang masih kalah luas dengan GSM. Maklum, GSM lebih dulu eksis. Mungkin gara2 itu juga yang membuat harga blackberry CDMA dibanderol lebih murah. Tapi untuk masalah kualitas jaringan, menurut saya kualitasnya setara dengan GSM. Namun sebaiknya cari tahu dulu kualitas jaringan operator CDMA mana yang paling power full di tempat tinggal Anda. Yang paling baik, tentu itu yang harus Anda pilih. Saat ini pilihan operatornya setahu saya ada 4, yaitu: Esia, Smartfren, Starone, dan Flexi.

Hmm… kira-kira apalagi ya kelebihan dan kekurangan blackberry CDMA ?



KOMENTAR