Paket Internet Khusus Smartphone Android

Dari hari ke hari pengguna smartphone android semakin bertambah. Salah satu faktor penyebabnya adalah harga-nya yang semakin murah. Sekarang sudah banyak smartphone android yang harganya di bawah satu setengah juta rupiah. Bahkan di bawah satu juta juga ada. Meningkatnya pengguna smartphone android, menbuat para operator seluler berlomba-lomba menyediakan layanan paket internet khusus bagi pengguna smartphone android, seperti paket internet blackberry (BIS).

Paket Internet Khusus Smartphone Android
Samsung Galaxy Young
Salah satu smartphone Android yg laris-manis di Indonesia



Saat ini hampir semua operator GSM, sudah menyediakan paket internet khusus android. XL malah sudah bikin kartu perdana khusus.

XL XmartPlan Android

XmartPlan adalah kartu perdana terbaru XL yang dibuat khusus untuk memaksimalkan fungsi penggunaan internet untuk setiap jenis smartphone, seperti: iPhone, Blackberry, dan Android. Bagi pengguna Android, pilih paket Android XmartPlan dengan harga 49 ribu rupiah untuk kuota 1,5 GB selama sebulan. Ada bonus gratis 100 SMS dan 100 menit nelpon ke sesama XL. Keterangan lengkapnya bisa baca di sini: Paket Internet Android XL.

Paket Smartphone AXIS

Paket Smartphone AXIS terdiri dari dua paket, yaitu: Smartphone Basic dan Smartphone Premium. Keduanya menggunakan sistem unlimited. Jadi kalau kuota habis, tetap bisa online tapi kecepatan akan diturunkan. Kuota Paket Smartphone Basic sebesar 800 MB dengan harga 34.900 rb/bula + bonus gratis 200 menit nelpon dan 200 SMS ke sesama AXIS. Sedangkan paket Smartphone Premium kuotanya 1.5 GB dengan harga berlangganan 69.900 rb/bulan + bonus nelpon dan SMS gratis sepuasnya ke sesama AXIS dan 1000 SMS ke operator lain.

Tri AlwaysOn (AON)

AlwaysOn adalah nama paket internet khusus smartphone dari tri. Alwayson menggratiskan akses ke 11 situs populer di Indonesia, walaupun kuotanya sudah habis. Kesebelas situs tersebut diantaranya: facebook, twitter, kaskus, kompas, detik, vivanews, dll. Keunggulan lain paket internet alwayson adalah: akumulasi kuota dan bonus kuota 50MB setiap bulan (baca: Paket Internet 3 Terbaru Memberikan Akses Gratis ke 10 Situs Populer).

Indosat SuperGadget

SuperGadget mengunakan sistem kuota dengan pilihan kuota yang cukup beragam. Mulai dari 15 MB sampai 25 GB. Untuk paket bulanan, ada tiga paket kuota, yaitu: 750 MB (harga 50rb), 1,5 GB (harga 100rb), dan 4 GB (harga 200rb).  Ada bonus gratis 100 menit nelpon dan 100 SMS ke sesama kartu indosat.

Menurut saya paket internet Indosat SuperGadget, cukup mahal. karena itu saya sarankan gunakan saja paket Indosat Super 3G Plus yang harganya sama tapi kuotanya lebih besar. Terus paket unlimited-nya juga ada. Cuma nggak ada bonus gratis nelpon dan sms.

Telkomsel Flash

Setahu saya sampai saat ini telkomsel belum mengeluarkan kartu atau paket internet khusus untuk smartphone android, seperti yang dilakukan operator lainnya. Tapi itu bukan berarti pengguna kartu telkomsel (Halo, Simpati, AS) nggak bisa internetan di smartphone android loh ya. Telkomsel punya paket internet yang diberi nama FLASH, yang terdiri dari berbagai macam paket internet. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan penggunaan internet Anda (baca: Tips Memilih Paket Internet Smartphone).

_________________

Buat para pengguna smartphone Android, Anda pake paket internet yang mana? dan alasan kenapa pilih paket internet tersebut?



KOMENTAR

45 komentar:

  1. Android saya pake flash, karena paketnya cukup mahal jadi ya jarang2 online pake android, paling kalo terpaksa aja..coba telkomsel ngeluarin paket yang lebih murah lagi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya liat2 paket internet telkom flash memang sedikit lebih mahal dari operator lain.

      Hapus
  2. saiia bingung masalah gratis ini itu di tiap operator telpon seluler :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah bingung... tinggal pilih aja mana operator yang gratisannya paling menguntungkan. :)

      Hapus
  3. terkadang klo misalkan untuk sosial network itu jaringan'a suka lemot dan terkadang suka gak pernah terkoneksi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti operator, gan. Cari tahu operator yg kualitas jaringan datanya paling bagus di tempat tinggal dan kerja, agan.

      Hapus
  4. yang paket AON kayaknya paling mantab deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya, paket smartphone Axis yg mantap, karena unlimited. :D

      Hapus
  5. saya pakai paket 49rb dari kartu smart indos*t

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu smart indosat beda ya sama Indosat SuperGadget ?

      Hapus
  6. XL masih menjadi pilihan saya ;) ngebutt di hotroad 3g+

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat saya XL juga ngebut banget sih.. sayang XL gak ada lagi paket unlimited. Semuanya paket internetnya sudah pake sistem volume based (kuota).

      Hapus
  7. saya pake flash mas.. lumayan 60rb itu 2gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paket flash ultima ya mas?

      Syarat dan ketentuannya seperti ini khan, mas? ~> 2 GB (1 GB + Tambahan 1 GB diNetwork 3G)

      Hapus
  8. paket 25rb/500mb nya indosat apakah hanya untuk jaringan 3g atau juga bisa buat jaringan lain?

    BalasHapus
  9. Wah tyt saya salah pilih paket internet Telkomsel, ada yg lbh murah dg kuota sama... Kok CS nya gak jelasin semua produk ya?? Saya pilih Telkomsel krn koneksinya yg paling stabil di daerah saya, yg lain sering putus nyambung :(

    BalasHapus
  10. Mau pake, supaya bisa online pas pergi.

    BalasHapus
  11. kalo android semua pulsa sinyal nya make 3D yaa?
    saya make xl emang cepet sihh kalo lagi di luar, tapi kalo di dalem rumah kaga ada sinyal, pulsa apa ya yg sinyal nya kuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas sinyal disetiap tempat tidak sama (berlaku untuk semua operator), jadi kalau mau tahu sinyal operator mana yg paling bagus di tempat kamu, ya harus coba sendiri. Atau tanya sama teman yang tinggalnya disekitar tempat tinggal kamu.

      Tidak semua gadget android mesti pake sinyal 3G koq...

      Hapus
  12. ini nih info yang bermanfaat..thanks buat postingannya..saya pengguna axispro unlimited
    tapi ngomong2 beberapa bulan lalu ketika perpanjangan paket pada kartu saya, pulsa saya tidak berkurang sepeserpun, padahal biasanya langsung kepotong sesuai harga paket yang saya ikuti, sampe sekarang saya masih bertanya2 apa sebabnya..
    oh iya...saya sudah lama pake axis, apa dulu axis tidak menggunakan sistem batasan FUP untuk paket unlimitednya? sebab waktu itu kecepatan internet saya tetap stabil selama satu bulan penuh, tapi sekarang, dengab pemakaian yang sama, kecepatan berkurang drastis ketika FUP telah mencapai batas.

    BalasHapus
  13. klw d banding kn.. unlimit tapi masih pake kuota.. klw mnurut saya lbih murah pake full android plan nya telkomsel dengan 49rb dapet 2 gb/ bulan... kuota habis masih bisa d pake buat sosial chat..

    BalasHapus
  14. Alah emboh ra mudeng ngango indosat paleng mantep:-)

    BalasHapus
  15. minta pencerahan gan,, cara daftar paket untuk indosat im3 yg buat smartphone bisa buat internet n juga dapet telpon n sms gratis gan,, ane baru beli ni belum ngerti apa2 sehari udah kesedot 8ribu,, mau ganti operator juga sayang,, soalnya dah lumayan lama pake' nomer ini,, thanks gan.
    ane bookmark ya n tunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau paket internet indosat yang ada bonus gratis nelpon dan sms nya, berarti pake paket SuperGadget. ntuk info lengkaptnya (termasuk cara daftarnya), silahkan langsung ke halaman resminya :

      http://www.indosat.com/Personal/Internet/Super_Gadget

      Hapus
  16. kalo mas gan sendiri lebih preferer yang mana nich ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing2... kalau untuk saat ini sih saya pake Axis.

      Hapus
  17. saya masih bingung, ane mau coba beli axis dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang belum yakin (mau coba dulu) pilih aja paket internet harian atau mingguan. Kalau bagus, baru pilih paket bulanan. :)

      Hapus
  18. tapi sebenernya kalo cuma untuk nyalain sosial media , kuota 500 mb sebulan cukup ga sih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang cuma untuk sosial media aja, paling cocok ya pilih paket yg khusus untuk sosial media. Karena paket sosial media pada umumnya gak pake kuota.

      Hapus
  19. jd penasaran ma AON, soalnya biasa pakai telkomsel...jaringan stabil.

    BalasHapus
  20. Saya pake Axis, beruntung di daerah saya signalnya bagus, ditambah jaringan gadget saya 3G. Udah murah, internet kenceng, Alhamdulillah :D *sujud syukur*

    BalasHapus
  21. saya dan teman2 saya beralih ke AXIS semenjak pke smartphone samsung nah akhir2 ini gatau knpa lelet bgt ya smpe upload foto ke instagram gabisa, saya tanya tmen2 ternyata bkn saya aja yg ngalamin itu mreka jga merasa jengkel yg smpe gabisa buka jejaring sosial pribadinya akhirnya pda pindah ke 3. lokasi saya dan teman2 ada di perbatasan jakbar dan tangerang. saya mau tanya apa saya dan teman2 saya aja yg ngalamin ini? klo di mas feri sendiri bgaimana pendapatnya untuk AXIS akhir2 ini?

    BalasHapus
  22. Lengkap banget infonya Mas
    Aku pake Kartu As, apa bisa buat ikut paket Telkomsel Flash?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa donk.... Kartu As khan punya Telkomsel. :)

      Hapus
  23. yang paling asik sebenernya three AON tapi sinyalnya yang kurang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saat ini paket tri AON memang banyak yg bilang bagus. Cuma ya itu... jaringannya belum seluas telkomsel, indosat dan XL.

      Hapus
  24. Simpati loop, kenceeng gaan . .

    BalasHapus
  25. saya pakek paket unlimitid xl yang 49ribu sebulan
    tapi bbm di android. statusnya terhubung ke internet tapi lemot banget......

    BalasHapus
  26. Bukannya paket unlimited itu ga ada batasan internetnya?

    BalasHapus
  27. Mas , masa pake karrtu perdana. Im3 yg paketan 5rb (unlimited) di puncak koq gak bisa yha ..... Padahal sisa pulsa masih 14 rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau masalahnya itu, harus tanya langsung ke indosat, mas. Saya aja belum pernah ke puncak... :D

      Hapus
  28. banyaknya ya pilihan paket internet masing2 provider ada kebagusan2 sendiri..

    BalasHapus
  29. Akhirnya Tau Paket Internet Murah.

    BalasHapus
  30. Kalo axis, paket internet murah trus kuota besar, gimana caranya???

    BalasHapus