Paket Internet Khusus Smartphone Android

Dari hari ke hari pengguna smartphone android semakin bertambah. Salah satu faktor penyebabnya adalah harga-nya yang semakin murah. Sekarang sudah banyak smartphone android yang harganya di bawah satu setengah juta rupiah. Bahkan di bawah satu juta juga ada. Meningkatnya pengguna smartphone android, menbuat para operator seluler berlomba-lomba menyediakan layanan paket internet khusus bagi pengguna smartphone android, seperti paket internet blackberry (BIS).

Paket Internet Khusus Smartphone Android
Samsung Galaxy Young
Salah satu smartphone Android yg laris-manis di Indonesia



Saat ini hampir semua operator GSM, sudah menyediakan paket internet khusus android. XL malah sudah bikin kartu perdana khusus.

XL XmartPlan Android

XmartPlan adalah kartu perdana terbaru XL yang dibuat khusus untuk memaksimalkan fungsi penggunaan internet untuk setiap jenis smartphone, seperti: iPhone, Blackberry, dan Android. Bagi pengguna Android, pilih paket Android XmartPlan dengan harga 49 ribu rupiah untuk kuota 1,5 GB selama sebulan. Ada bonus gratis 100 SMS dan 100 menit nelpon ke sesama XL. Keterangan lengkapnya bisa baca di sini: Paket Internet Android XL.

Paket Smartphone AXIS

Paket Smartphone AXIS terdiri dari dua paket, yaitu: Smartphone Basic dan Smartphone Premium. Keduanya menggunakan sistem unlimited. Jadi kalau kuota habis, tetap bisa online tapi kecepatan akan diturunkan. Kuota Paket Smartphone Basic sebesar 800 MB dengan harga 34.900 rb/bula + bonus gratis 200 menit nelpon dan 200 SMS ke sesama AXIS. Sedangkan paket Smartphone Premium kuotanya 1.5 GB dengan harga berlangganan 69.900 rb/bulan + bonus nelpon dan SMS gratis sepuasnya ke sesama AXIS dan 1000 SMS ke operator lain.

Tri AlwaysOn (AON)

AlwaysOn adalah nama paket internet khusus smartphone dari tri. Alwayson menggratiskan akses ke 11 situs populer di Indonesia, walaupun kuotanya sudah habis. Kesebelas situs tersebut diantaranya: facebook, twitter, kaskus, kompas, detik, vivanews, dll. Keunggulan lain paket internet alwayson adalah: akumulasi kuota dan bonus kuota 50MB setiap bulan (baca: Paket Internet 3 Terbaru Memberikan Akses Gratis ke 10 Situs Populer).

Indosat SuperGadget

SuperGadget mengunakan sistem kuota dengan pilihan kuota yang cukup beragam. Mulai dari 15 MB sampai 25 GB. Untuk paket bulanan, ada tiga paket kuota, yaitu: 750 MB (harga 50rb), 1,5 GB (harga 100rb), dan 4 GB (harga 200rb).  Ada bonus gratis 100 menit nelpon dan 100 SMS ke sesama kartu indosat.

Menurut saya paket internet Indosat SuperGadget, cukup mahal. karena itu saya sarankan gunakan saja paket Indosat Super 3G Plus yang harganya sama tapi kuotanya lebih besar. Terus paket unlimited-nya juga ada. Cuma nggak ada bonus gratis nelpon dan sms.

Telkomsel Flash

Setahu saya sampai saat ini telkomsel belum mengeluarkan kartu atau paket internet khusus untuk smartphone android, seperti yang dilakukan operator lainnya. Tapi itu bukan berarti pengguna kartu telkomsel (Halo, Simpati, AS) nggak bisa internetan di smartphone android loh ya. Telkomsel punya paket internet yang diberi nama FLASH, yang terdiri dari berbagai macam paket internet. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan penggunaan internet Anda (baca: Tips Memilih Paket Internet Smartphone).

_________________

Buat para pengguna smartphone Android, Anda pake paket internet yang mana? dan alasan kenapa pilih paket internet tersebut?



KOMENTAR