Pengalaman Beli Pulsa Lewat ATM

Kemarin (6 januari 2013) untuk pertama kalinya saya beli pulsa lewat ATM. Selama ini kalau saya beli pulsa selalu lewat penjual pulsa elektronik yang ada di pinggir-pinggir jalan dan di dekat rumah. Beli pulsa lewat ATM sebenarnya juga terpaksa sih.. soalnya paket internet saya habis pas tengah malam itu (pukul 00:00), padahal lagi semangat-semangatnya online.


Saya sempat bingung mau beli pulsa dimana, soalnya  penjual pulsa di dekat tempat tinggal saya sudah pada tutup semua, padahal semangat online malam itu sangat menggebu-gebu. :D *lebay mode on* Untunglah, malam itu saya teringat kalau beli pulsa bisa dilakukan via ATM, soalnya saya pernah temanin teman beli pulsa simpati di ATM BCA. Tanpa tunggu lama-lama, saya langsung tancap gas menuju ATM yang jaraknya kurang lebih 200 meter dari tempat tinggal saya.

Awalnya saya pikir, beli pulsa lewat ATM, kita mesti masukin no HP di mesin ATM. Ternyata tidak! Saya sempat bingung karena tidak ada perintah untuk memasukkan no handphone, padahal di layar sudah tertulis “pembelian pulsa berhasil” dan struk transaksi sudah keluar dari mesin ATM. Setelah saya perhatikan struk-nya, saya baru sadar kalau ternyata pulsanya itu masih dalam bentuk kode pulsa seperti kode pada kartu voucher pulsa yang banyak dijual oleh penjual pulsa di pinggir jalan.

Karena pulsanya itu masih dalam bentuk kode pulsa, jadi untuk mengisikan pulsa tersebut ke no HP tujuan, harus dilakukan secara manual, seperti ketika kita mengisi pulsa menggunakan kartu voucher pulsa. Di struk ATM nya juga ada keterangan cara mengisi pulsanya.

Sepertinya saya akan lebih sering beli pulsa lewat ATM aja nih.. soalnya lebih mudah dan cepat. Kalau bayar tagihan listrik  dan bayar tiket pesawat lewat ATM, itu sudah lama saya lakukan. Ke depan, biar lebih mudah lagi, saya akan menggunakan Internet banking, jadi gak perlu lagi capek-capek keluar rumah dan antri di mesin ATM. Tinggal duduk manis didepan komputer untuk bayar ini dan beli itu. :)

UPDATE (19 Agustus 2013)

Dua hari yang lalu saya kembali beli pulsa 25 ribu simpati di ATM BCA, dan diminta langsung memasukkan nomor hp. Pulsa 25 ribu pun otomatis langsung masuk hp saya. Ternyata tidak selalu yang keluar itu voucher melalui struk ATM, seperti yg saya ceritakan sebelumnya di atas. Mungkin beda operator beda cara kali ya? Soalnya yang tidak minta masukin no hp itu waktu saya beli pulsa 50 ribu axis.



KOMENTAR

19 komentar:

  1. dan pasti lebih murah kali ya ;)
    secara konter2 dipinggir jalan juga ngambil keuntungan. dibelinya pulsa 5000 seharga 4500 dijual lagi 6000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang2 yg jualan pulsa dipinggir2 jalan kebanyakan sudah orang kedua dan ketiga, jadi harganya dinaikin biar bisa dapat untung. :)

      Hapus
    2. via sms banking atau i banking itu utk nominal besar aj, ga ada nominal 5000/10000.

      Hapus
  2. harganya gimana mas?
    apakah sama juga sama yang di counter² yg lebih 1000 dari harga nominal?
    salam njih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya pas sesuai harga pulsa yang kita beli.

      Hapus
  3. Kalau saya masih pilih deposit untuk penggunaan berkala, soalnya jauh lebih murah, kadang selisihnya bisa di pake buat isi pulsa lagi hehehe.. tapi kalau kepepet bisa juga nih ikut caranya via ATM/e-Banking :)

    BalasHapus
  4. saya dulu pernah beli lewat sms banking mas. tapi kalo pulsa udah abis banget ya terlanjur keluar , boleh dicoba juga nih

    BalasHapus
  5. ane selalu via atm/ibanking. krn selalu masuk. ga kaya conter bs lemottttt tau dah maknya kapan.

    BalasHapus
  6. kalo saya pake fitur m-banking mas... tapi selama ini cuma bisa isi pulsa untuk provider "ukuran baju" itu.. Lumayanlah, tinggal tiduran ambil pencet2, pulsa masuk... :p

    BalasHapus
  7. mana ada pulsa 4500 jual 6000 ? coba tanyakan lagi ke provider masing masing... yang ada nominal 5000 beli 5250 jual lagi 6000 mas... kalo mau sesuai nominal silahkan datang langsung ke gerai" provider, sepengetahuan saya kalo beli via ATM jatuhnya malah lebih mahal lagi, coba di cek ulang saldo sebelum dan sesudah pembelian, saya ingat jatuhnya lebih mahal 2500 - 5000 rupiah, cuma untung nya kalo beli via bank itu dapet bonus talk time aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca baik2 komentar mas Yusron Krisna di atas (komentar pertama). Dia gak bilang ada pulsa 4500, koq.

      Nih.. kutipan komentarnya "dibelinya pulsa 5000 seharga 4500 dijual lagi 6000"

      Masalah beli pulsa di ATM yg agan bilang jatuhnya lebih mahal, saya udah cek lewat internet banking, dan saldo saya yang terpotong benar2 pas sesuai nominal pulsa yang saya beli.

      Hapus
  8. Kalau saya mah suka beli pulsa lewat sms banking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kayaknya lebih praktis lagi ya kalau pake sms bangking. Nggak usah keluar rumah cari ATM. Boleh nih next dicoba. :)

      Hapus
  9. Kalau di ATM Mandiri langsung ngisi nomor hape kok, di BCA belum pernah nyoba sih

    BalasHapus
  10. Tergantung krtu x, klw axis dksh voucher tp klw tlkmsel lgsg msukan no hpp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ternyata tergantung kartunya. Saya juga udah pernah beli pulsa simpati lewat ATM, dan pulsanya langsung masuk. Nggak pake kode voucher kayak axis

      Hapus
  11. Ini baru kejadian kemaren tanggal 15 Desember 2013, yang padahal sebelumnya belom pernah kejadian, beli pulsa lewat ATM nominal 50 rb,sampai tanggal 16 Desember 2013 belom ada masuk masuk, padahal sebelum sebelumnya ngisi pulsa always masuk ...
    Kalau kaya gini ni harus gimana *apa harus ikhlas ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak ikhlas, komplain aja ke banknya. :D

      Jangan diikhlasin. Banyak tuh pulsa 50 ribu. Bisa buat beli paket internet sebulan. :)

      Hapus
  12. Klo isi pulsa xl lewat atm bni, gmn tuh gan?? Cz ada 3 pilihan.. Mkasih.

    BalasHapus