Tips Memilih iPhone (16GB, 32GB, 64GB) Sesuai Kebutuhan

Siapa yang tidak kenal dengan iPhone. Smartphone bikinan Apple ini telah menjadi gadget impian banyak orang. Selain karena kualitas dan fitur-fitur yang ditawarkan-nya, memiliki gadget berlogo Apple ini juga bisa menaikkan gengsi seseorang. Pada awal kemunculannya, iPhone memiliki 2 jenis kapasitas penyimpanan data (stroge), yakni 8GB dan 16GB. Namun sejak dikeluarkannya iPhone 4S, kita dihadapkan pada 3 pilihan kapasitas, yakni: 16GB, 32GB dan 64GB.


Tidak ada perbedaan mengenai spesifikasi pada ketiga pilihan tersebut. Namun meski begitu perbedaan harganya cukup signifikan, yaitu sekitar satu juta rupiah lebih. Inilah yang sering membuat beberapa calon pembeli merasa bingung memilih iPhone kapasitas berapa yang cocok untuk dirinya. Bagi yang tidak bermasalah dengan budget (dana), tentu bisa langsung membeli iPhone yang kapasitas paling besar (64GB). Tapi bagi yang memiliki budget pas2an, tentu sebaiknya memilih sesuai kebutuhan.

iPhone 4 dan 5
iPhone 4 S

Oke, bagi Anda yang mengalami hal tersebut, mungkin beberapa poin di bawah ini bisa menjadi acuan untuk membantu Anda memilih kapasitas iPhone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. File musik yang akan disimpan

Tidak dipungkiri bahwa penggunaan iPhone sering dijadikan sebagai media pemutar musik digital. Untuk memudahkan akses mendengarkan musik maka kebanyakan akan menyimpan file tersebut ke dalam perangkat iPhone-nya. Sebagai hitung-hitungannya adalah untuk 1 GB setidaknya menampung 250 file musik, dengan catatan 1 file musik sebesar 4MB. Untuk mengetahuinya, kita bisa membuat daftar musik terlebih dahulu di dalam iTunes atau komputer, untuk mengetahui kisaran besar file musik yang nantinya akan dimasukkan ke iPhone.

2. File foto yang akan disimpan 

Buat yang hobi foto-foto, Anda harus perhatikan poin yang ini. Sebagai contoh, iPhone 5 mempunyai sensor kamera yang cukup sebesar, yaitu 8MP.  1 foto bisa berukuran sampai dengan 2,3MP, jadi untuk 1GB kira-kira bisa menampung 435 foto. iPhone dengan kapasitas 16GB cukup untuk menampung ribuan foto. Tetapi, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas penyimpanan file secara online (cloud) seperti Flickr, Dropbox, Google Drive dan yang lainnya untuk menghemat ruang penyimpanan data di iPhone.

3. Aplikasi yang akan diunduh 

Yang paling akhir dan paling tidak pernah dilupa dalam penggunaan iPhone pastinya adalah aplikasi. Biasanya aplikasi umum seperti Twitter, Facebook dan Youtube hanya berukuran sekitar satuan atau belasan MB. Sebagai contoh, Facebook berukuran 19MB dan twitter 10MB.  Tetapi perlu Anda tahu bahwa ukuran tersebut dapat terus berkembang jika sering dipakai. Untuk aplikasi Twitter sendiri dapat berkembang menjadi 339MB setelah dipakai selama 1 tahun. Ini dikarenakan aplikasi tersebut menyimpan berbagai data, sebagai contoh foto yang tampil di timeline.

Nah, dengan memperhatikan ketiga hal di atas, saya yakin sekarang Anda sudah punya gambaran tentang iPhone kapasitas berapa yang Anda butuhkan. Jika Anda memang banyak menggunakan iPhone untuk menyimpan musik, video dan foto serta rajin ber-social media (online) maka mungkin Anda butuh iPhone dengan kapasitas yang cukup besar seperti 32GB dan 64GB. Tapi kalau Anda menggunakannya hanya untuk browsing, sosial media dan membaca email (tidak banyak koleksi video dan foto), saya rasa iPhone 16GB sudah lebih dari cukup. Atau kalau mau iPhone yang lebih murah lagi dengan kapasitas 8GB, pilih aja iPhone 3GS.  :)

Anda punya tips tambahan?



KOMENTAR

11 komentar:

  1. Tips yg bermanfaat sob
    Terima Kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. You are welcome. :)

      Btw, sudah punya iPhone atau baru mau beli nih?

      Hapus
  2. infonya bagus mas. namun sayang banget ya. aku kagak punya iphone.. ahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips ini khan memang untuk orang yang belum punya iPhone (akan beli iPhone).

      Hapus
  3. kapan ya punya iphone. apakah mas juga punya iphone? kalo kagak punya juga sama.. ahahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga belum punya iPhone. :D

      Tapi tips ini juga berlaku untuk gadget yg lain koq. Contohnya Samsung Galaxy S3 yg juga tersedia dalam beberapa kapasitas.

      Hapus
  4. Info yg sangat bermanfaat...:)

    BalasHapus
  5. Aaakkk aku pengen iPhone. Tapi 32 GB aja udah cukup bangettt :D

    BalasHapus
  6. aq msh bingung nih,, 16gb cukup gak ya? buat games2 cew, instagram,foto2.. tp gak terlalu gila2 banget kok fotonya n lagu gak bakal banyak soalnya lbh enak dr bb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau games-nya gak terlalu banyak sih.. 16 udah lebih dari cukup.

      Hapus