Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

Ponsel sekarang memang semakin canggih dan semakin pintar (smart), bahkan lebih smart dari pemiliknya. :D *kidding* Namun ada satu kelemahan pada smartphone pada umumnya yakni baterai boros. Tentu jika baterai sudah lowbat maka yang ada tidak efektif bagi Anda, bukan? Terlebih jika memang harus terkoneksi terus ataupun selama perjalanan seperti traveling dan sebagainya. Walaupun sekarang sudah ada  power bank (portable charger) tapi akan lebih baik jika kita bisa menghemat baterai agar tidak harus selalu sering-sering nge-charge.


Tips Menghemat Baterai Smartphone
Battery low - sumber: htcpedia.com

Kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menghemat baterai smartphone :

1. Atur sinar layar

Biasanya pada smartphone terdapat pengaturan sinar layar sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk menghemat baterai maka pilihlah yang memang tidak terlalu terang, ini dikarenakan layar redup akan mengurangi konsumsi energi yang berasal dari baterai. Atau Anda pun bisa memanfaatkan fitur layar redup secara otomatis apabila gadget sedang tidak digunakan. Sebagai contoh, setelah 2 menit tidak digunakan maka layar akan redup sendiri.

2. Mematikan koneksi yang tidak diperlukan

Tidak peru menyalakan sambungan Bluetooth ataupun Wi-Fi jika memang tidak dibutuhkan. Kedua sambungan koneksi ini cukup memakan daya baterai karena selalu memancarkan sinyal.

3. Membatasi notifikasi

Anda mungkin menyadari bahwa tidak semua notifikasi (pemberitahuan) dibutuhkan. Maka dari itu, lakukan pembatasan notifikasi pada smartphone Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin membutuhkan notifikasi SMS dan email karena sangat penting, tetapi untuk Twitter dan Facebook mungkin tidak. Jadi, Anda bisa mematikan saja dan memeriksa ketika memang perlu.

4. Mengurangi penggunaan aplikasi

Aplikasi dalam smartphone adalah salah satu yang paling menarik daya baterai. Karena itu coba lihat-lihat kembali daftar aplikasi yang ada dismartphone Anda, apakah benar-benar diperlukan? Jika memang Anda jarang menggunakannya maka lebih baik hapus saja. Aplikasi bisa menghabiskan space di dalam media penyimpanan smartphone.

5. Mematikan layanan lokasi

Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan jauh, maka fitur layanan lokasi akan terus 'berjalan' untuk menangkap lokasi dimana kita berada. Tentu kalau sudah begitu berarti daya baterai pun diserap. Jadi, lebih baik matikan saja.

6. Matikan fitur getar

Untuk smartphone sepertinya tidak perlu menghidupkan suara sekaligus getar karena akan memakan daya energi yang ada pada baterai. Kecuali jika Anda memang sedang meeting atau ada acara penting, maka getar bisa diaktifkan. Tetapi, tentu getar juga bisa diatur untuk notifikasi apa saja 'kan? Pilihlah untuk yang memang benar-benar perlu.

_______________

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar baterai smartphone Anda lebih tahan lama (tidak boros). Kalau cara-cara di atas belum juga bisa menolong Anda, karena mobilitas dan penggunaan smartphone yang cukup tinggi, maka sebaiknya Anda beli Power Bank (portable charger).

Sebagai tips tambahan. Mungkin tidak ada salahnya juga untuk punya ponsel low-end (hp murah) yang notabene baterainya lebih awet. Misalnya Nokia 100 atau Samsung Keyston E1080 yang harganya cuma sekitar 150 ribu rupiah.  Hape murah ini bisa Anda jadikan sebagai cadangan untuk keperluan komunikasi standar seperti SMS dan telepon.

Mungkin Anda punya tambahan tips menghemat baterai samrtphone?

Tulis di kolom komentar yaa… :)



KOMENTAR

11 komentar:

  1. yang paling sering saya lakukan adalah mematikan koneksi internet dan membukanya bila dirasa perlu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koneksi internet memang paling nyedot baterai. Apalagi kalau sinyalnya gak stabil, makin cepat deh tuh baterai kehabisan tenaga. :)

      Hapus
  2. Membantu sekali Mas,tapi saya belum punya smartphone.Mungkin buat teman kita cara ini mampu menghemat baterai smarphonenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius nih.. belum punya smartphone? *gak percaya* :D

      Hapus
  3. yang paling parah emang koneksi ya om -_-
    gak nyampe setengah hari klo dipake browsing bisa langsung ludes. blum lagi kalo sambil dengerin musik :p
    tapi ada solusinya om :p
    di colokin bareng sama power bank :p hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat pengguna smartphone kelas berat, memang sebaiknya punya power bank. :)

      Hapus
  4. punyaku pasti tiap hari harus di charge mas, soalnya aku pake terus buat main game dan juga berinternetan.. hahahhaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti sehari gak cuma sekali nge-charge, khan? :)

      Hapus
  5. Cara ampuhnya, copot baterai jangan gunakan setahun.. hehehe

    BalasHapus