Tips Cara Aman Internetan (Online) di Warnet

Siapa yang masih suka ngenet (internetan) di warnet? Dulu waktu belum berlangganan internet, hampir tiap hari saya ke warnet. Syukur lah... sejak harga modem dan biaya berlangganan internet semakin murah, saya sudah jarang ke warnet, karena sudah bisa ngenet dari rumah. Tapi kalau koneksi internet saya lagi lemot atau pengen download file berukuran besar, biasanya saya langsung meluncur ke warnet.


Oke, sesuai judul postingan ini (cara aman internetan di warnet) saya ingin berbagi sedikit tips tentang cara aman saat online di warnet. Cara ini selalu saya pakai kalau online menggunakan komputer umum seperti di warnet, termasuk di komputer teman.

Kita tahu kalau warnet itu tiap hari digunakan oleh banyak orang, sehingga kalau tidak hati-hati, data kita bisa terekam dan tertinggal di komputer warnet sehingga bisa dicuri orang lain.

Cara ini sebenarnya bukan hal yang baru. Sebagian besar pengguna komputer dan internet saya yakin sudah tahu, tapi saya yakin juga masih banyak yang belum tahu atau sudah tahu tapi lupa menggunakan-nya. Cara aman internetan di warnet yang saya maksud adalah dengan fitur private browsing. Fitur ini sudah sempat saya singgung pada tulisan sebelumnya tentang tips mengamankan akun facebook dan twitter dari pembajakan.

Fitur Private Browsing Mozilla Firefox


Setiap browser, baik itu Mozilla Frefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dll, sudah dilegkapi dengan fitur Private Browsing. Cuma mungkin namanya saja yang beda-beda pada setiap browser. Contohnya kalau di Mozilla Firefox, namanya “Private Window” tapi kalau di Google Chrome namanya Incognito window (jendela penyamaran).

Fitur Private Browsing

Dengan menggunakan Private Browsing saat online, maka ketika kita selesai online dan menutup browser, apa yang kita buka dan ketik di browser tersebut otomatis akan terhapus. Jadi orang lain tidak akan bisa tahu situs apa saja yg telah kita buka. Termasuk username dan password juga akan ikut terhapus sehingga walaupun kita lupa mengklik tombol logout/keluar sehabis membuka facebook, twitter, atau email, akun kita akan tetap aman karena otomatis akan logout.

Nah, itu lah cara aman saya kalau lagi internetan di warnet. Walaupun tidak ada yang 100 persen aman di internet, tapi setidaknya ini adalah cara yang menurut saya paling aman digunakan saat online menggunakan komputer umum seperti komputer di warnet. Pokoknya kalau online menggunakan komputer orang lain  sebaiknya gunakan fitur private browsing.

Mungkin teman-teman punya tips lain?



KOMENTAR

17 komentar:

  1. keren nih informasinya, kalo diterapkan di kantor gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget! Biar si bos dan teman kerja gak tahu kalau habis buka situs apa aja. :D

      Hapus
  2. klo saya biasanya setiap selesai online diwarnet cookies, cache sertah history-nya tak hapus semua. Ini mencegah apabila kita lupa waktu sign in ke akun email maupun media sosial remember password.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa gak langsung pake private browsing aja? khan gak rperlu lagi repot2 hapus cookies, cache serta history.. :)

      Hapus
  3. Baru tahu manfaat private brosing. Pernah coba sih tapi gak ngerti gunanya haha.. sip thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, masak sih.. mas Ndop baru tahu fungsi private browsing..??? Saya gak percaya.. :)

      Hapus
  4. Yang paling saya takutkan ketika main internet di warnet itu jika warnet tsb memasang aplikasi pencatat data dari keyboard secara tersembunyi seperti keylogger atau actualspy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau takut dgn keylogger dan sejenisnya, setiap nulis username dan password, gunakan "On Screen Keyboard". Ada di menu Start - All Programs - Assesoris - On Screen Keyboard

      Hapus
  5. Kalau di Chrome sudah tahu ada fasilitas incognito, tp baru tahu ada juga di Firefox hehehe. Kalo selama main internet di warnet belum pernah kecurian data tapi kehilangan USB karena lupa nyabut pas keluar warnet :(

    BalasHapus
  6. saya gunakan fitur itu saat pake laptop temen malah, kalau diwarnet malah pake browsing biasa, ketika selesai tinggal di clearr cache dan histroy aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa gak sekalian pake private browsing aja, mas? Khan gak perlu lagi repot2 nge-clear cache dan history secara manual. :)

      Hapus
  7. bagus nih tipsnya, sukses selalu pak :)

    BalasHapus
  8. nambahin mas feri.. mungkin untuk mencegah keylogger, setiap mau login menggunakan On Screen Keyboard yg ada di menu Start - All Programs - Assesoris - On Screen Keyboard

    soalnya klo cm pake mode penyamaran, tp warnetnya ada keyloggernya sama aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks tips tambahannya mas Tomi. Saya baru tahu kalau pake "On Screen Keyboard" gak terbaca keylogger. :)

      Hapus
  9. nice gan ber manfaat baget saya tidak perlu lagi untuk takut online di warnet untuk sakarang.

    BalasHapus
  10. Saya gk pernah kewarnet,,pke laptop dikmr atw ruangan

    BalasHapus
  11. Bgus juga tipsnya mksih all.sukses slalu ya sob,,

    BalasHapus